8 Dampak Buruk Kecanduan Kipas Angin Dan AC

image: wisegeek.com
Negara kita ini adalah negara tropis, sehingga tidak heran bila hampir setiap hari hawanya selalu gerah atau panas. Terutama di dataran rendah atau di daerah dekat laut pasti sangat panas. Dengan adanya hal tersebut, untuk mengantisipasinya banyak orang yang menggunakan kipas angin ataupun AC.

Nah, Memanfaatkan kedua pendingin ruangan tersebut, memang alternatif yang mudah untuk mengatasi gerah pada tubuh saat cuaca panas. Namun tahukah Anda?, Menggunakan pendingin ruangan tersebut secara berkepanjangan dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Nah, Untuk Anda yang selalu bergantung pada pendingin ruangan seperti kipas angin, AC, ataupun sejenisnya, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dampaknya.

1. Otot Leher Kaku
Apabila Anda tidur dengan kondisi AC atau kipas angin pada ruangan menyala, pastinya Anda pernah merasakan ketika bangun tidur kepala susah bila dibuat menengok. Apabila digerakkan rasanya sakit, serta otot pada leher rasanya kaku.

Hal tersebut disebabkan karena pendingin ruangan diatur terlalu dingin, sehingga bisa membekukan kekuatan otot Anda. Alangkah baiknya sebelum tidur atur dulu suhu pendingin ruangan Anda agar tidak terlalu dingin, lebih baik lagi jika tidur tanpa menggunakan pendingin ruangan.

2. Kesemutan
Kesemutan juga merupakan salah satu akibat terlalu sering berada di ruangan ber AC. Setelah kesemutan biasanya terjadi nyeri pada bagian-bagian tertentu seperti jari telunjuk, jari tengah, atau ibu jari. 

Dan jika hal tersebut berkelanjutan dapat menyebabkan Carpal Tunnel Syndrom, atau suatu sindrom yang diakibatkan oleh syaraf yang membengkak. Pembengkakan syaraf tersebut terjadi melalui pergelangan tangan yang disebabkan karena terkena suhu dingin terlalu lama.

3. Lumpuh Pada Wajah
Tahukah Anda apa itu Bell’s Palsy?, Yakni suatu penyakit disebabkan oleh virus yang terbawa udara dari pendingin ruangan, dan dapat mengakibatkan lumpuh yang terjadi hanya pada wajah. Ada yang mengatakan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh hempasan udara dari pendingin ruangan.

Dengan hempasan udara dingin tersebut, akan menyebabkan pembengkakan pada syaraf wajah. Dan hal tersebut akan membuat Anda susah untuk berkumur, pengecap rasa berkurang, bahkan dapat membuat bicara tidak jelas.

4. Bahu Terasa Beku
Bila Anda sudah terlalu lama terkena udara dari pendingin ruangan, maka bahu Anda akan terasa susah untuk digerakkan seperti membeku. Itu adalah tanda bahwa Anda telah terkena penyakit yang disebut Frozen Shoulder. Rasa sakit tersebut pada umumnya akan terasa bila kita baru bangun tidur di pagi hari.

Ada juga gejala lain yang terlihat ketika Anda sudah bangun tidur, Anda akan kesulitan melakukan gosok gigi dan menyisir rambut Anda, karena terasa sakit bila hal tersebut dipaksakan.

5. Kulit Kering

image: mic.com
Siapa sangka, Bahwa terlalu sering terkena pendingin ruangan akan menyebabkan kulit kering. Kekeringan pada kulit tidak hanya terjadi karena sengatan matahari. Terlalu lama terkena udara dari AC juga akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda. Kulit manusia pada dasarnya mengandung air, dan  akan tetap membutuhkan kandungan air dari darah yang mengalir pada sekitar kulit.

6. Tubuh Kekurangan Air
Seperti yang sudah disinggung di atas, apabila tubuh Anda terlalu lama terkena udara dingin dari AC, maka kulit Anda akan kering dan tubuh juga akan kekurangan air. Perlu Anda ketahui, tubuh manusia sekitar 70% sangat membutuhkan air. Apabila setiap malam Anda menggunakan AC, pasti cairan dalam tubuh Anda akan cepat berkurang, dan itu akan berdampak buruk pada fungsi organ-organ pada tubuh Anda.

7. Infeksi Saluran Pernafasan
Jika Anda menggunakan AC maka tidak terlalu berbahaya, karena AC bisa menyaring udara yang kotor. Namun apabila yang Anda gunakan itu adalah kipas angin, Anda akan bisa terkena infeksi dari udara yang kotor. Karena kipas angin hanya menghembuskan udara yang ada di sekitar Anda, namun tidak dapat menyaring udara kotor.

Dan pada umumnya, udara kotor pasti terdapat bakteri-bakteri, kuman, bahkan virus. Sementara ketika kipas angin menghembuskan udara ke tubuh Anda, otomatis Anda akan menghirup udara kotor tersebut. Dan hal tersebut dapat menyebabkan penyakit seperti asma.

8. Sesak Nafas
Gangguan sesak nafas bisa terjadi karena Anda kekurangan udara dalam ruangan. Apabila Anda berpikir secara logika, Bahwa oksigen di dalam ruangan tidak akan bertambah bila menggunakan kipas angin, tetapi malah akan berkurang. Karena Anda terus menerus menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Sehingga dampak buruknya Anda akan kekurangan oksigen dan akan menjadikan sesak nafas.


Nah, setelah anda mengetahui beberapa dampak buruk dari kecanduan kipas angin maupun AC, Alangkah baiknya anda menggunakan alat tersebut secara bijak dan seperlunya saja ( tidak berlebihan )
Baca Juga : 6 Dampak Berbahaya Gunakan Kipas Angin ''Saat Tidur''
 
Artikel Terkait