9 Makanan Tinggi Lemak Sehat Untuk Menggemukkan Tubuh

image: warmvanillasugar.com
Pada umumnya, wanita sangat takut gemuk dan ingin selalu terlihat langsing. Namun ada juga orang yang kurus dan sudah makan banyak, tapi tetap saja tidak bisa menggemukkan badannya. Orang yang bertubuh kurus juga kelihatan tidak bagus kan?. Lebih baik memiliki tubuh ideal, tidak kurus juga tidak gemuk.

Bagi Anda yang menginginkan tubuh gemuk atau hanya ingin menambah berat badan, tidak perlu repot-repot makan banyak yang hanya akan membuat sakit perut saja. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak tetapi tetap sehat. Berikut ini ada beberapa makanan yang mengandung lemak tinggi, tetapi tidak berbahaya dan tidak mudah mendatangkan penyakit.

1. Alpukat
Buah alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Karena lemak yang dimiliki alpukat ini adalah lemak tidak jenuh yang dapat menyehatkan. Untuk Anda yang ingin menambah berat badan, Maka konsumsilah buah alpukat ini setiap hari. Hanya dengan mengonsumsi setengah buah saja terdapat 15 gram lemak. 

2. Selai Kacang
Selain buah alpukat, selai kacang juga dapat menambah berat badan Anda. Lemak dalam selai kacang ini tak jenuh ganda, yang berguna untuk menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Selain itu, bila Anda mengonsumsi 2 sendok selai kacang setiap hari secara rutin dapat menyehatkan jantung Anda. Selai kacang ini sangat cocok dikonsumsi dengan roti, oleskan selai kacang di atas roti untuk sarapan setiap hari.

3. Telur
Dengan mengonsumsi telur berat badan Anda akan bertambah. Setiap satu butir telur terdapat 4,5 gram lemak. Dalam telur terdapat lemak dengan jenis lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh. Namun lebih disarankan untuk mengkonsumsi telur rebus, karena bila digoreng telur akan tercampur dengan minyak yang memiliki lemak berlebih bagi tubuh.

4. Buah Zaitun
image: food.ndtv.com
Buah zaitun sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan berat badan, karena memiliki kandungan lemak yang sehat. Bila di daerah Anda tidak ada buah zaitun, Anda dapat mengkonsumsi minyak zaitun sebagai pengganti.

Lemak tak jenuh yang ada dalam buah atau minyak zaitun dapat menyehatkan jantung. Selain itu memiliki kandungan nutrisi lain yang juga baik untuk tubuh Anda.

5. Ikan
Anda dapat mengonsumsi ikan yang berlemak baik seperti ikan salmon, haring, sarden, trout danau, makarel, atau tuna albacore. Di dalam ikan-ikan tersebut terdapat asam lemak omega-3, yang merupakan jenis lemak baik dan dapat membantu kesehatan tubuh terutama jantung.

Selain itu, omega-3 juga dapat membantu meningkatkan ketajaman otak Anda, terutama ketika Anda sudah tua. Konsumsilah 2 porsi ikan berlemak setiap Minggunya, dengan 3 ons setiap porsinya.

6. Biji-bijian
Anda juga dapat mengonsumsi biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji buah labu atau wijen. Di dalam biji-bijian tersebut memiliki lemak baik yang mampu mengurangi kolesterol. Pada umumnya, lemak yang diperoleh dari tumbuh-tumbuhan lebih sehat dikonsumsi dibanding lemak dari hewan. Lemak yang ada pada daging atau susu olahan sebagian besar kurang baik jika dikonsumsi dengan jumlah banyak.

7. Sayur-sayuran
Anda dapat mengonsumsi sayuran yang memiliki daun gelap seperti kale, bayam, atau kubis. Karena sayur tersebut dapat memberi Anda pasokan omega-3. Perlu anda tahu, Tubuh manusia tidak dapat memproduksi sendiri lemak yang terkandung dalam sayuran, jadi Anda harus mendapatkannya melalui makanan.

8. Makanan Yang Diperkaya Omega-3
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Omega-3 sangat bagus untuk tubuh. Ada berbagai jenis makanan yang memiliki omega-3, dan Anda dapat dengan mudah mengonsumsinya. Seperti yang ada pada telur, susu, atau sereal. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu pada label kemasan makanan tersebut. Dengan Anda mengonsumsi makanan yang diperkaya omega-3, Maka tubuh Anda akan tetap sehat.

9. Keju
Kebanyakan orang telah menganggap bahwa keju ini memiliki lemak jahat. Tetapi malah sebaliknya, keju memiliki gizi yang banyak dan menyehatkan, karena juga memiliki banyak kalsium, Vitamin b12, protein, dan juga fosfor. Keju juga memiliki lemak yang sehat untuk jantung, kaya antioksidan, dan dapat membantu menghindarkan dari penyakit lainnya. Keju terbuat dari susu, yang pastinya baik untuk tubuh.

Nah, itulah beberapa makanan berlemak yang sehat dan cocok untuk menggemukkan badan Anda.
Artikel Terkait