7 Hal Penting Saat Memilih Asuransi Kesehatan

image: support.bajajallianz.com
Dalam memilih asuransi kesehatan memang perlu diperhatikan secara cermat. Karena saking banyaknya perusahaan asuransi serta jenis layanan asuransi kesehatan yang telah disediakan ini, terkadang membuat seseorang kurang begitu memahami secara rinci dan detail akan setiap program atau kinerja dari asuransi kesehatan itu sendiri. 

Memang pada dasarnya jasa asuransi kesehatan sangatlah penting demi menunjang akan kestabilan finansial dalam sebuah keluarga. Mengingat akan biaya pengobatan di zaman masa kini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, maka jasa asuransi kesehatan inilah yang menjadi solusi tepat untuk menangani kondisi yang semacam ini. 

Namun untuk memilih jasa asuransi kesehatan secara tepat, juga sangat membutuhkan hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Agar nantinya tidak sampai menjadikan diri merasa kecewa atas semua layanan dan aturan yang terdapat pada setiap perusahaan penyedia asuransi.


Apalagi bagi setiap pegawai, pengusaha, serta berbagai kalangan yang memiliki profesi lainnya tidak sedikit yang menggunakan jasa asuransi ini. Yang mana hal demikian bertujuan sebagai jaminan keamanan finansial mereka di kala mengalami sakit, atau mungkin kecelakaan yang tak bisa diduga. 

Dan inilah 7 hal yang perlu diperhatikan ketika memilih asuransi kesehatan. Sehingga dengan memperhatikan beberapa langkah berikut, pemilihan jasa asuransi kesehatan pun bisa sesuai dengan apa yang diinginkan nantinya.

1. Mengetahui Secara Gamblang Mengenai Asuransi Kesehatan
Sebelum melangkah untuk menentukan asuransi kesehatan yang anda inginkan, tentunya mengetahui tentang ragam jenis asuransi kesehatan itu sendiri sangatlah diperlukan. Dan ingat, bahwa dalam skala besar jenis asuransi kesehatan itu sendiri terpilah menjadi dua jenis proteksi yang perlu diketahui.

A. Hospital Cash Plan
Dimana jenis asuransi yang satu ini menggunakan sistem klaim yang memberikan pergantian pada jumlah, atau nominal tertentu sesuai dengan perjanjian dalam kontrak yang sudah tertulis. Semisal ketika nasabah sedang dirawat di rumah sakit karena kecelakaan atau sebab lainnya, maka pihak asuransi terkait akan memberikan tunjangan dana keamanan sebesar Rp 700.000  per hari kepada nasabah. 

Dan sistem klaim semacam ini juga kerap sekali dikenal dengan sebuatan reimbursement. Yakni pihak nasabah membayar terlebih dahulu biaya yang telah dikeluarkan selama berobat, dan nantinya akan diganti oleh pihak asuransi setelah mengisi formulir pengajuan reimbursement. Sementara dari pihak asuransi kesehatan terkait juga tidak memperdulikan mengenai berapa besar biaya yang telah dikeluarkan oleh pihak nasabah, selama rawat inap di rumah sakit setiap harinya. Dan mereka ( pihak asuransi ) hanya memberikan dana yang sesuai dengan apa yang telah tertulis sebelumnya.

B. Hospital Benefit
Biasanya produk asuransi Hospital Benefit menggunakan sistem klaim non-reimbursemen atau cashless. Ini artinya bahwa pihak asuransi akan memberikan biaya secara terperinci, atau jumlah seluruh biaya yang telah dikeluarkan oleh pihak nasabah selama melakukan pengobatan, atau rawat inap di rumah sakit. Dan cara pembayaran semua biaya pengobatan selama nasabah dirawat di rumah sakit, biasanya dilakukan dengan menggesekkan kartu asuransi kesehatan.

2. Sesuaikan Dengan Anggaran Yang Anda Miliki
Menyesuaikan kemampuan anda dalam memilih asuransi kesehatan memang cukup penting. Dimana biaya yang akan dikeluarkan di saat memilih setiap asuransi kesehatan yang ada, juga cukup beragam dan bervariasi. Sehingga tentukanlah atau sesuaikanlah dengan kemampuan biaya anda, agar tidak sampai terjadi pembengkakan dana di kemudian hari. Perlu anda tahu jika dilihat dari segi biaya yang akan dikeluarkan, jenis asuransi kesehatan pun juga terpilah menjadi dua bagian :

A. Asuransi Kesehatan Murni
Jenis asuransi kesehatan murni merupakan layanan yang menyediakan jaminan kesehatan bagi setiap nasabah. Sehingga bagi nasabah yang memilih jenis asuransi yang satu ini, akan dikenakan biaya setiap bulan sebagai premi perlindungan atas kesehatan nasabah. Dan kelebihan menggunakan asuransi kesehatan murni ini di antaranya : Biaya bisa cenderung lebih murah, dan juga memiliki kesempatan untuk program berjangka yang bersifat tahunan. Sementara bagi nasabah pun juga bisa menghentikan layanan asuransi tersebut di saat masa berlakunya habis.

B. Asuransi Kesehatan Plus Investasi
Secara garis besar jenis asuransi yang satu ini cukup fleksibel. Dimana selain anda mendapatkan jaminan kesehatan, anda pun juga memiliki kesempatan untuk menabung dan memperoleh keuntungan dari program asuransi kesehatan dan investasi tersebut. Akan tetapi jika dilihat dari segi biaya yang akan dikeluarkan pun juga tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda bisa menyesuaikan kemampuan dalam mengikuti program asuransi yang telah tersedia.
image: cashoverflow.in
3. Membeli Produk Asuransi Yang Jelas
Agar lebih aman dalam memilih produk asuransi kesehatan, memang sudah sepatutnya jika anda memilih layanan asuransi yang sudah terpercaya. Semisal memilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar secara jelas di OJK, memiliki tenaga pasar yang berlisensi, serta mempunyai sertifikasi jelas di AAUI dan AAJI. Dengan begitu jaminan yang telah diberikan pun akan bisa lebih memuaskan dan terpercaya.

4. Pelajari Manfaat Apa Yang Akan Anda Dapatkan
Bagaimanapun anda sebagai calon nasabah asuransi, setidaknya anda bisa memilih serta mengetahui segala manfaat dari asuransi kesehatan itu sendiri. Ketika anda ditawari jasa asuransi oleh pihak tenaga pasar, maka mintalah copy polis mengenai produk yang ditawarkan. Dengan begitu anda bisa mempelajarinya mengenai keuntungan apa saja yang akan anda dapatkan, sebelum Anda membeli produk asuransi yang telah ditawarkan.

Selain itu, jasa asuransi kesehatan pun juga memberikan manfaat lain, yakni anda bisa lebih mengatur keuangan, karena setidaknya anda setiap bulan menyisihkan uang untuk biaya premi kepada pihak asuransi tersebut, yang mana berguna untuk jaminan kesehatan anda.

5. Teliti Kembali Tentang Kemudahan Klaim Yang Diberikan
Memang sangat penting untuk mengetahui sistem klaim yang digunakan ketika membeli suatu produk asuransi. Dimana tidak sedikit dari para nasabah merasa kurang mengetahui tentang sistem klaim yang diterapkan oleh setiap perusahaan asuransi. Oleh karena itu agar nantinya anda lebih puas dalam menentukan jenis asuransi kesehatan, Maka teliti kembali akan sistem klaim tersebut sebelum membeli produk asuransi.

6. Bersikap Terbuka Pada Tenaga Pemasar Saat Hendak Membeli Produk
Jika dari pihak tenaga pemasar membutuhkan informasi, setidaknya anda bisa lebih bersikap terbuka. Hal demikian bertujuan agar tidak terjadi penolakan di saat anda hendak mengajukan klaim pada pihak asuransi tersebut. Dengan begitu data informasi yang diperoleh dari kedua belah pihak, Baik itu dari pihak pemasar maupun nasabah bisa lebih jelas dan detail.

7. Mencermati Kembali Jika Ketentuan Polis Sudah Selesai
Sebagai nasabah, Anda pun juga berhak untuk membaca ulang mengenai ketentuan polis di saat polis tersebut dalam proses pembelian dan berhasil dicetak. Dengan begitu anda bisa mengetahui isi dari seluruh polis tersebut, apakah sudah sesuai dengan jenis produk asuransi yang anda beli. Selain itu Anda bisa memastikan kesesuaian kesepakatan yang tertera di dalamnya, serta mengetahui beberapa ketentuan lain yang telah disepakati sebelumnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar