Waspada, 9 Jenis Penyakit Ini Akibat Dari Stres


image: huffingtonpost.ca
Stres menjadi salah satu pemicu yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya, stres akan dialami oleh setiap orang dan tidak tahu kapan stres ini akan datang. Ketika Anda terlalu sering stres, maka risiko munculnya gangguan penyakit juga lebih besar. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa terdapat beberapa jenis penyakit yang muncul akibat stres. Dengan demikian, supaya Anda terhindar dari berbagai penyakit akibat stres, maka Anda harus mampu mengontrol stres. Dan jangan berpikir terlalu berat yang membuat Anda merasa tertekan.

Ketahuilah, setiap orang pasti mempunyai masalah yang bisa membuat pikirannya menjadi terbebani. Namun, jangan menjadikan masalah sebagai hal terberat yang menjadikan gangguan kesehatan bisa muncul pada diri Anda. Yakinlah, setiap masalah itu pasti ada jalan keluarnya, jadi Anda jangan terlalu stres memikirkannya. Jika Anda mengalami stres hingga berlarut-larut, maka akan bisa mengalami beberapa penyakit berikut ini :

1. Tekanan Darah Tinggi
Ketahuilah, pikiran terlalu stres itu bisa membuat Anda terserang penyakit darah tinggi. Tekanan darah akan meningkat ketika Anda memikirkan hal yang terlalu berat. Jadi, jika Anda tidak ingin mengalami tekanan darah tinggi, maka jangan terlalu berat dalam memikirkan suatu masalah. Hadapilah masalah dengan tenang agar bisa menemukan sebuah solusi yang terbaik.

2. Sakit Kepala
image: thezombieshuffle.com
Sebenarnya, sakit kepala ini merupakan penyakit utama yang disebabkan dari masalah stres. Mungkin semua orang pernah mengalami hal ini. Ketika pikirannya terlalu berat, pasti akan mengalami sakit kepala dan masalah yang dihadapi terasa lebih berat. Saat Anda stres, maka otak akan bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga memicu rasa sakit kepala yang berlebihan. Sakit kepala sebelah biasanya akan sering muncul ketika Anda sedang mengalami stres.

3. Penyakit Jantung
Stres ternyata sangat berbahaya dan bisa saja mengancam nyawa Anda. Bagaimana tidak, stres ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Terkadang, saat stres jantung bisa berdetak lebih kencang dari kondisi normal. Detak jantung yang tidak normal inilah akan mengganggu fungsi organ jantung itu sendiri. Lebih parahnya, Ketika seseorang mengalami stres maka tubuh akan memproduksi hormon yang bisa meracuni jantung.

4. Stroke
Stroke tidak hanya disebabkan dari faktor keturunan saja. Stres juga menjadi salah satu pemicu serangan penyakit stroke. Terjadinya penyumbatan aliran darah pada otak menjadi penyebab utama dari serangan stroke. Apalagi ketika stres, Maka otak akan memompa darah menjadi terlalu cepat sehingga menyebabkan tersumbatnya aterosklerosis.

5. Penuaan di Usia Dini
Pikiran yang terlalu stres bisa membuat Anda menjadi lebih cepat tua. Penuaan dini bisa terjadi akibat kondisi seseorang yang sering mengalami stres. Saat stres seseorang tentu merasa malas tersenyum, dan cenderung lebih banyak cemberut. Kurang tersenyum inilah memudahkan pengerutan kulit dan mempengaruhi kromosom di dalam tubuh.

6. Kram
Otot kaku dan tegang bisa terjadi akibat pikiran yang stres. Kram ini menjadi penyakit yang berbahaya jika tidak segera diatasi. Ketika ketegangan otot ini berlangsung lebih lama, maka seseorang bisa mengalami nyeri pada bagian punggung ataupun leher.

7. Kanker
Mungkin tidak pernah disangka jika penyakit mematikan ini bisa disebabkan dari masalah stres. Stres ternyata menjadi kontributor utama yang menyebabkan penyakit kanker. Karena pikiran yang stres akan melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan mampu mengurangi sel-sel T yang mampu melawan masalah kanker. 

8. Insomnia
Gangguan tidur bisa terjadi karena stres. Ketika stres mungkin Anda akan merasa gelisah dan tidak tenang, dan itulah sebabnya kenapa stres bisa menyebabkan gangguan tidur. Selain itu, stres juga meningkatkan produk hormon adrenalin. Dimana Adrenalin ini adalah senyawa kimia yang diproduksi otak untuk meningkatkan kewaspadaan. Dalam kondisi seperti itulah seseorang merasa sulit untuk tidur.

9. Obesitas
Percaya atau tidak, stres ternyata bisa memicu masalah kegemukan. Bisa dibayangkan ketika sedang stres, banyak orang yang cenderung memilih untuk menghabiskan banyak makanan. Dari pola makan yang tidak terkontrol inilah seseorang bisa mengalami obesitas.

Itulah 9 penyakit yang dipicu dari stres berlebih. Jadi, jika Anda ingin memiliki umur panjang dan tetap awet muda, sebaiknya jangan berpikir terlalu berat hingga mengalami masalah stres. Ketika ada masalah hadapilah dengan tenang, serta pandailah dalam mencari solusi dalam menghadapinya. Jangan lupa, Sempatkan waktu untuk berefresing supaya pikiran lebih segar dan tidak mudah merasa stres.
Artikel Terkait