Wanita Hamil Sering Mengidam Beberapa Makanan Ini

image: mentalfloss.com
Kaum hawa yang sedang hamil pasti mengalami masa-masa mengidam makanan. Biasanya ngidamnya aneh-aneh juga. Tahukah Anda?, Sebenarnya ngidam makanan itu adalah cara tubuh untuk memberi tahu kita, Bahwa tubuh sedang membutuhkan asupan vitamin ataupun mineral yang sudah mulai berkurang.

Mengidam dalam arti umum yaitu memiliki rasa ingin makan sesuatu yang sangat tinggi. Namun, rasa ingin makan tersebut berbeda dengan keinginan biasanya ketika di luar masa kehamilan. Pada umumnya, ada beragam jenis makanan yang sering membuat wanita hamil mengidam. Makanan apa sajakah itu?, Silakan simak ulasan berikut :

Buah
Wanita hamil sering sekali mengidam makan buah, terutama buah yang banyak mengandung vitamin C seperti mangga muda, anggur, kedondong dan lain-lain. Dengan makan buah, maka sangat bagus untuk kesehatan janin. Jadi jangan kira wanita hamil itu hanya makan makanan cepat saji saja, namun juga ingin makan buah-buahan.

Acar
Acar memang mengandung cuka, itu berarti bila wanita hamil ingin makan acar maka tubuhnya membutuhkan cuka. Akan tetapi dianjurkan untuk menggunakan cuka dari sari apel yang telah difilter, tetapi harus diwaspadai apabila memiliki penyakit Mag. 

Es
Hal satu ini memang sedikit aneh. Banyak sekali wanita hamil yang mengidam mengunyah es, Padahal es bukanlah makanan. Entah kenapa dengan mengunyah es, wanita hamil akan merasa puas. Namun, pada umumnya wanita yang mengidam mengunyah es tersebut adalah orang yang kekurangan zat besi, atau terindikasi anemia.

Permen
Kebanyakan wanita hamil juga mengungkapkan bahwa dirinya ingin makan permen. Namun, makan permen memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positifnya yaitu, adanya perubahan hormon yang dapat mempengaruhi rasa dan aroma. Sementara sisi negatifnya adalah tanda bahwa Anda terserang penyakit diabetes gestasional.

Lemon
Karena selera yang dimiliki telah berubah, atau itu hanya untuk menghilangkan rasa pahit pada lidah. Maka dari itu, kebanyakan wanita hamil ingin memakan makanan yang asam.

Susu
Pada bulan-bulan awal kehamilan, sering kali wanita ingin mengonsumsi susu, yoghurt, ataupun keju. Susu adalah pilihan yang baik karena susu mengandung banyak sekali kalsium, protein, vitamin, serta beragam nutrisi lainnya.

Cokelat
Seperti halnya permen, Cokelat juga makanan yang biasanya diolah menjadi manis seperti permen. Pada umumnya wanita hamil ingin makan makanan yang manis. Hal tersebut mungkin dikarenakan cokelat dapat menghilangkan stres, dan bisa membuat suasana bahagia.

Kacang Hijau
Selain makanan yang manis-manis, wanita hamil juga sering ngidam makanan biji-bijian seperti kacang hijau. Karena di dalam biji-bijian terdapat banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dan juga banyak mengandung serat serta magnesium.
image: electric949.com
Es Krim
Wanita hamil pasti sangat menyukai makanan dingin yang satu ini. Namun, es krim memiliki kandungan lemak yang tinggi. Dengan begitu, apabila hendak memakan es krim lebih baik pilih es krim yang rendah lemak, yang terbuat dari buah-buahan.

Makanan Pedas
Dengan memakan makanan pedas, maka tubuh akan berkeringat dan pastinya tubuh menjadi lembab, setelah itu tubuh merasa dingin. Nah, hawa dingin itulah yang diinginkan wanita hamil setelah konsumsi makanan pedas. Biasanya wanita hamil lebih suka makan bakso yang pedas.

Daging Merah
Daging merah baik untuk wanita hamil karena memiliki banyak protein dan zat besi. Namun, apabila hendak memakan daging merah, pilihlah bagian daging yang rendah lemak dan masaklah hingga benar-benar matang.

Soda
Wanita hamil sering mengidam minum soda, namun soda sangat tidak disarankan untuk wanita hamil karena dapat membuat efek mual-mual. Maka alangkah baiknya untuk menghindari jenis minuman yang mengandung soda.

Kopi
Meskipun pada umumnya kopi dapat menghilangkan depresi dan sakit kepala, Namun minuman yang satu ini juga tidak disarankan untuk wanita hamil. 

Rujak
Untuk para wanita hamil jangan khawatir apabila mengidam makan rujak. Karena rujak rendah kalori dan memiliki rasa menyegarkan, Serta untuk mendapatkannya juga tidak susah.

Keripik Kentang
Apabila wanita hamil mengidam makan keripik kentang, itu karena kekurangan sodium, yang mana sodium juga terdapat pada garam. Sementara keripik kentang sendiri biasa dicampuri garam saat pengolahannya. Tetapi mungkin saja jika wanita hamil hanya ingin makan makanan yang renyah dan asin. Namun sebaiknya wanita hamil menghindari keripik kentang, karena keripik kentang banyak mengandung kalori dan lemak.
Artikel Terkait