Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bersihkan Buah-buahan Dan Sayuran Dari Zat Pestisida

image: pixabay
Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sudah menjadi keharusan bagi kita dalam menunjang kesehatan tubuh. Hal ini karena pada buah dan sayuran terkandung banyak nutrisi alami, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk tubuh kita. Sehingga dengan mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari, maka tubuh akan terhindar dari beragam penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Namun ada satu hal penting yang harus anda perhatikan sebelum mengonsumsi buah dan sayuran. Yaitu perlunya memperhatikan akan kebersihan dari adanya pestisida pada makanan tersebut. Karena pada dasarnya saat buah dan sayuran dibudidayakan atau ditanam, biasanya diperlukan pestisida sebagai bahan untuk membasmi hama serta menjaga pertumbuhannya.

Oleh karena itulah sebelum kita mengonsumsi sayur atau buah, perlu dibersihkan dahulu dari bahan pestisida, sehingga makanan tersebut aman dan sehat untuk kita konsumsi. Dengan begitu, kita akan mendapatkan khasiat dan manfaat dari buah dan sayuran tersebut secara maksimal.

Berikut beberapa tips untuk membersihkan sayur maupun buah dari zat pestisida :

# Dengan Air Hangat
Zat pestisida yang mungkin masih menempel pada buah dan sayur, dapat anda bersihkan dengan menggunakan air yang hangat. Cukup merendam buah dan sayur dengan air hangat, lalu dibasuh sampai bersih, maka Anda bisa langsung mengonsumsinya dengan aman dan sehat.

# Dengan Air Yang Dicampur Garam
Buah atau sayur yang masih terdapat sisa-sisa pestisida dapat juga anda bersihkan dengan air yang dicampur garam. Caranya rendamlah buah atau sayur dalam air yang sudah dicampur dengan 2 sendok teh garam. Lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit, dan bilas dengan air untuk menghilangkan bekas air garam tersebut. 

# Memakai Air Yang Dicampur Dengan Cuka
Untuk membersihkan buah dan sayur dari zat pestisida, Anda bisa menggunakan campuran air dengan cuka. Caranya sediakan dua gelas air dengan menambahkan cuka setengah cangkir, lalu rendamlah buah/sayuran selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya bilas dengan air biasa, maka buah atau sayuran siap untuk Anda konsumsi.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan buah dan sayuran dari bekas zat pestisida. Sehingga buah/sayuran aman untuk anda konsumsi dalam menjaga kesehatan, serta memenuhi asupan nutrisi pada tubuh Anda.