7 Cara Sederhana Mencegah Kanker Usus Besar

image: riveroakswellnesscenter.com
Kanker rektum atau bisa juga dibilang kanker usus besar, memang tergolong jenis penyakit yang cukup mematikan. Di mana penyakit ini akan menyerang bagian akhir dari sistem pencernaan pada tubuh. Karena itulah pertumbuhan sel kanker di bagian usus besar memang perlu dilakukan tindakan secara tepat dan efektif. Dan perlu anda tahu, bahwa munculnya penyakit ini biasanya diawali oleh tumbuhnya beberapa gumpalan sel yang berukuran kecil di bagian polip adenoma. Kemudian menjalar secara tak terduga ke bagian tubuh lainnya dari waktu ke waktu.

Langkah pencegahan akan perkembangan dari jenis sel kanker yang satu ini memang hal penting yang bisa anda terapkan. Dengan begitu, penyakit yang cukup mematikan ini bisa segera ditanggulangi dengan baik.

Ragam gejala yang bisa menjadi indikasi akan adanya sel kanker usus besar di antaranya kondisi tubuh sering terasa lelah, kehilangan nafsu makan, terdapat pendaharan pada saat BAB, terjadi pendarahan di bagian anus, sering nyeri kram di bagian perut, konstipasi, dan berbagai gejala lainnya.

Berikut cara sederhana yang bisa anda terapkan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar.

1. Mengurangi Tingkat Obesitas Pada tubuh
Tingkat obesitas pada tubuh yang tidak terkendali, memang bisa menjadi pemicu bagi kebanyakan orang untuk terkena berbagai jenis penyakit. Terlebih lagi di bagian usus besar, Yang salah satunya menjadi sarang pertumbuhan sel kanker. Dan tentunya hal demikian menjadi permasalahan serius bukan..?

Karena itulah memang perlu diterapkan langkah efektif untuk menurunkan tingkat obesitas itu sendiri. Nah, langkah awal untuk menurunkan tingkat obesitas pada tubuh ini di antaranya :  Memperhatikan pola makan yang dikonsumsi setiap hari untuk menghindari penumpukan lemak pada tubuh, membatasi makanan yang tinggi kalori dan lainnya.

2. Manfaatkanlah Bawang Putih
Untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh, menggunakan bawang putih sebagai bahan alami merupakan obat anti-kanker yang cukup efektif. Karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya sangatlah tinggi. Sehingga sempatkanlah untuk menjadikan bawang putih sebagai campuran sedap pada menu masakan yang anda sajikan setiap hari.  

Dan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka potonglah bawang putih menjadi ukuran kecil-kecil. Kemudian simpan selama 15 menit, lalu taburkanlah pada menu makanan yang siap untuk dihidangkan. Dengan cara tersebut akan mampu mencegah kanker usus besar yang menggerogoti kesehatan tubuh anda.

3. Menyeduh Teh Hijau Secara Teratur
Mengonsumsi teh hijau organik sebanyak 3 cangkir sehari secara teratur, akan mampu membantu tubuh terhindar dari penyakit kanker usus besar. Sementara berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, bahwa menyeduh teh hijau akan bisa menghindarkan tubuh dari risiko terkena kanker usus besar. 

Oleh karena itu, agar tubuh bisa memiliki ketahanan yang kuat untuk melawan sel-sel kanker yang cukup membahayakan ini,  maka anda bisa menyuplai sistem ketahanan tubuh dengan memanfaatkan senyawa alami yang terdapat pada teh hijau.

4. Tingkatkan Asupan Kalsium Dan Vitamin D
Vitamin D merupakan molekul steroid yang mampu meningkatkan absorbsi kalsium pada saluran pencernaan. Sehingga dengan cara meningkatkan asupan vitamin D ini, akan mampu mencegah munculnya sel kanker, terutama pada bagian usus besar.
Beberapa jenis makanan yang diperkaya dengan kandungan vitamin D di antaranya : sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, yang semuanya itu akan membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda.  

Semisal : Bagi perempuan yang berusia 19 hingga 50 tahun dan kaum lelaki yang berusia 19 hingga 70 tahun, Akan membutuhkan 1000 mg kalsium setiap harinya. Sedangkan wanita yang berusia di atas 50 tahun akan membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari. Dan bagi semua kalangan wanita maupun pria akan membutuhkan banyak asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

5. Hindari Minum Minuman Alkohol
Minuman beralkohol akan mampu meningkatkan risiko tubuh terkena kanker usus besar. Oleh karena itu, alkohol juga menjadi salah satu pemicu akan timbulnya sel-sel kanker tumbuh berkembang di dalam tubuh,  khususnya di bagian usus besar. Agar seluruh organ tubuh bisa terjaga dengan baik dan sehat, sebaiknya anda bisa menghindari akan ragam jenis minuman beralkohol ini.

6. Berolahraga Secara Rutin
Agar tubuh bisa terhindar dari ganasnya penyakit kanker usus besar, maka langkah mudah yang bisa anda terapkan yakni berolahraga secara rutin setiap hari. Melakukan latihan secara rutin selama 45 menit sehari dalam waktu satu bulan atau lebih, maka hal tersebut diyakini mampu mengurangi risiko tubuh akan terserang penyakit kanker usus besar. Oleh karena itu, melakukan peregangan dan latihan setiap hari memang mampu mendukung kesehatan tubuh. Bahkan manfaat lainnya yang anda dapatkan dari olahraga juga banyak sekali.

7. Gemar Mengonsumsi Buah Dan Sayuran
Untuk menanggulangi terjadinya kanker usus besar, alangkah baiknya jika mengisi tubuh anda dengan ragam jenis sayuran dan buah-buahan. Semisal mengonsumsi sayuran yang diperkaya dengan kandungan serat di dalamnya yakni : Bayam, Jamur, dan Wortel. Atau menyelingi dengan mengonsumsi buah-buahan layaknya Jeruk, Jambu, Raspberry hitam, yang diklaim mampu mencegah timbulnya penyakit kanker usus dalam tubuh. 

Oleh karena itu, sayuran dan buah-buahan selain menjadi asupan penting, Juga mampu menghindarkan tubuh dari berbagai jenis penyakit yang ada.
Artikel Terkait