Cegah Uban Di Usia Muda Dengan 6 Makanan Ini

image: healthyfig.com
Perlu anda tahu, bahwa rambut memang menjadi mahkota penting bagi setiap orang. Karena baik atau tidaknya penampilan seseorang, bisa juga dinilai dari kerapian rambutnya. Namun bagaimana bila uban di rambut sudah muncul di usia muda..?, Pasti hal demikian cukup meresahkan, dan kepercayaan diri pun menjadi berkurang. Sementara terjadinya uban sejak dini memang tidak sedikit orang yang mengalaminya.

Uban ini bisa terjadi karena beberapa faktor, yakni kebiasaan sering gonta-ganti sampo, faktor genetik, tingkat stres yang tak terkendali, yang semuanya itu memang harus diantisipasi. Selain itu kurangnya asupan gizi juga menjadi faktor umum akan bertumbuhnya uban di usia muda.

Oleh karena itu, Ada makanan pilihan untuk mencegah terjadinya rambut beruban. Yang mana beberapa makanan ini memang perlu anda konsumsi untuk menjaga pigmen rambut, serta memenuhi asupan gizi pada tubuh. Sehingga terjadinya uban bisa dicegah secara efektif dan alami.

Berikut 6 makanan yang patut diandalkan untuk mencegah rambut beruban di usia muda.

1. Sayur Bayam
Tahukah anda, bahwa sayuran segar ini memang cukup berkhasiat untuk menangkal rambut agar tidak cepat beruban. Karena kandungan yang terdapat pada bayam mampu menghasilkan pigmen, sehingga menjadikan rambut anda tetap sehat secara alami. Oleh karena itu, gemar mengonsumsi sayur bayam, memang cukup menyehatkan kondisi rambut Anda.

2. Telur
Telur memang cukup populer dijadikan sebagai selingan untuk lauk-pauk. Telur diperkaya akan vitamin B12, yang akan membantu produksi pigmen rambut. Selain itu juga membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan rambut anda tidak sehat. 

3. Sayur Buncis
Untuk menyuburkan rambut agar tidak gampang beruban, mengonsumsi buncis memang salah satu cara yang efektif dan alami. Di mana kandungan mineral dan protein yang terdapat pada buncis, cukup membantu untuk kesehatan rambut Anda.

4. Jamur  Tiram
Selain sayur buncis yang dibutuhkan untuk nutrisi rambut, Jamur tiram juga diperkaya dengan kandungan mineral berupa zat seng, yang dapat menyeimbangkan hormon di tubuh. Karena hormon yang kurang seimbang, juga merupakan salah satu sebab terjadinya rambut mudah beruban secara prematur. Jadi, untuk mencegah tumbuhnya uban sejak di usia muda, mengonsumsi jamur tiram merupakan cara alami yang bisa anda terapkan.

5. Buah Beri
Buah Beri juga termasuk makanan sehat untuk memenuhi nutrisi rambut Anda. Tentunya pada buah yang satu ini diperkaya akan beragam Vitamin, yang akan mampu meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga nutrisi lebih mudah tersalurkan pada rambut, Alhasil rambut anda tetap terjaga dengan baik.

6. Hati
Bagian hati dari daging sapi atau jenis daging lainnya, merupakan makanan yang diperkaya zat besi untuk menunjang kesehatan pada rambut Anda. Sehingga rambut anda tetap terjaga akan nutrisinya,  serta terhindar dari munculnya uban secara prematur.

Baca Juga : 9 Penyebab Tak Terduga Rambut Cepat Ubanan 

Artikel Terkait