Cara Cepat Atasi Hidung Tersumbat Dalam 2 Menit

image: notasalud.net
Lumrahnya mengalami hidung tersumbat ini, kerap sekali diiringi dengan adanya flu yang tidak kunjung sembuh. Bagaimana pun bentuknya jika organ hidung ini tersumbat, pasti akan menjadikan kondisi tubuh tidak nyaman bukan…?. Apalagi jika kondisi hidung tersumbat ini sampai menjalar pada penyakit flu, sakit kepala, kondisi badan terasa sakit, dan lain sebagainya. Tentu hal demikian akan memperparah kondisi kesehatan tubuh anda jika tidak segera ditanggulangi secara tepat.

Pada dasarnya, banyak sekali jenis obat-obatan yang telah marak di pasaran sebagai pereda hidung tersumbat ini. Namun di balik itu semua, ternyata ada cara yang cukup menarik untuk menangani persoalan hidung tersumbat dengan mudah dan cepat. Yakni dengan menekan bagian tubuh tertentu, yang hanya membutuhkan waktu dua menit. Sehingga tidak ada salahnya jika anda berkeinginan untuk mencoba cara tersebut. 

Hidung tersumbat memang menjadi permasalahan lazim yang kerap menimpa kondisi seseorang. Oleh sebab itu, inilah cara yang cukup unik untuk menyembuhkan hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Berikut ulasannya :

A. Menekan atau memijat pada lubang hidung
Sebagai langkah pertama anda bisa menggunakan jari telunjuk untuk menekan pada setiap sisi lubang hidung secara perlahan. Terapkanlah tekanan yang sama pada setiap sisi lubang bagian luar hidung hingga merata. 

B. Memberi pijatan pada bagian tulang pipi anda
Untuk langkah selanjutnya yakni memberi pijatan pada setiap tulang pipi secara perlahan. Berikanlah sebuah pijatan pada bagian tulang pipi ini hingga sudut bagian dalam sebelah mata secara pelan-pelan. Dan sebaiknya pijatan ini dilakukan hingga merata pada seluruh bagian tulang pipi anda. 

C. Memijat Telinga
Setelah seluruh pijatan di atas anda lakukan, maka langkah terakhir yakni memberikan pijatan halus pada bagian telinga. Pijatlah bagian telinga ini selama kurang lebih 30 detik. Lakukan pijatan tersebut hingga merata dengan menggunakan ujung jari anda. Alhasil, hidung yang tersumbat akan segera terbuka.

Dan jika cara di atas sudah anda terapkan, namun belum juga mengatasi hidung tersumbat yang anda alami, maka lakukanlah secara berulang hingga anda merasakan hasilnya. Selamat mencoba.
image: homeremediesforlife.com
Selain cara di atas, Untuk mengatasi hidung yang tersumbat ini juga masih banyak ragam cara sederhana yang bisa anda terapkan. Yakni dengan menggunakan bahan alami atau teknik lain yang juga tidak kalah ampuh dari cara di atas. Sehingga kondisi hidung yang tersumbat bisa segera ditanggulangi secara tepat dan alami. Berikut cara lain yang bisa anda terapkan :

1. Menggunakan bawang putih
Potonglah beberapa bawang putih yang mungkin sudah tersedia di dapur rumah anda. Letakkan bawang putih tersebut dekat dengan bagian lubang hidung, hingga bau yang ditimbulkan bawang putih tersebut mampu menyerap secara perlahan ke dalam rongga hidung anda. Dan hasilnya, hidung yang tersumbat akan segera terbuka dengan waktu yang cukup singkat. Dan cara ini juga bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari bukan..? 

2. Berkumur dengan menggunakan air asin
Dengan menggunakan bantuan air garam atau air asin yang tersedia, mampu menangani permasalahan hidung tersumbat yang tidak kunjung mereda. Nah, begini cara menerapkannya :
Sediakan bahan : 1 sendok teh garam dan air hangat satu cangkir saja

# Campurkanlah secangkir air hangat yang sudah tersedia tadi dengan 1 sendok teh garam

# Jangan lupa aduklah kedua bahan tadi hingga merata dalam satu wadah, dan berkumurlah dengan air garam tersebut

# Sembari berkumur, iringi dengan menekan lubang hidung menggunakan jari hingga kondisi lubang hidung tertutup sementara

# Masih dalam keadaan berkumur, hembuskanlah udara melalui hidung dan lakukanlah proses ini secara berulang-ulang, hingga kondisi hidung yang tersumbat mampu terbuka kembali seperti sediakala

3. Dengan mandi uap air panas
Caranya : Siapkanlah air panas terlebih dahulu untuk dibuat mandi dalam kondisi kamar mandi tertutup. Kemudian tunggulah hingga air mengeluarkan uap panas, sampai air tersebut menjadi hangat. Selanjutnya segeralah mandi dengan air yang sudah hangat tersebut, dan iringi dengan bernapas berulang kali, Hingga kondisi lubang hidung yang tersumbat bisa terbuka kembali. Hal demikian karena dengan menggunakan uap air panas yang berada di sekeliling kamar mandi tersebut, juga merupakan cara sederhana yang cukup manjur dalam mengatasi permasalahan hidung tersumbat.
Artikel Terkait