12 Makanan Ini Bantu Mengatasi Kulit Keriput

image: nutritioncheckup.com
Memiliki kulit kencang dan sehat memang menjadi dambaan bagi setiap insan. Namun tahukah anda, Bahwa banyak sekali aspek yang membuat kulit di tubuh cepat sekali mengalami keriput dan penuaan dini. Di antara penyebab kulit di tubuh sering bermasalah yakni karena terlalu sering terpapar sinar matahari, dehidrasi, seringnya begadang, dan kurang istirahat. Yang mana semuanya itu tentu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Akibatnya kulit menjadi keriput, mudah terserang berbagai macam penyakit kulit, hingga mampu merusak penampilan Anda.

Namun perlu Anda tahu, Bahwa ada ragam makanan yang bisa anda jadikan bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit pada tubuh. Karena kulit di tubuh anda juga perlu asupan nutrisi agar terhindar dari beberapa permasalahan yang tak terduga, layaknya kulit keriput ini. Sehingga selain menerapkan gaya hidup sehat, tubuh akan selalu membutuhkan makanan tertentu untuk memperbarui sel-sel kulit mati, serta mengencangkannya kembali.

Berikut 12 makanan yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi kulit keriput :

1. Buah Pepaya
Untuk mengurangi penuaan dini dan mencegah kulit keriput, mengonsumsi buah pepaya memang salah satu cara yang efektif dan alami. Karena pepaya sendiri memang bagus untuk menyehatkan kulit Anda. Selain menjadi bahan alami anti-aging, buah yang satu ini cukup dikenal untuk mengatasi wajah berkerut dan jerawat di wajah.

2. Mentimun
Dalam mencegah kulit di wajah dari masalah keriput, kerap sekali mentimun dijadikan masker alami untuk membuat kulit awet muda. Hal demikian karena pada mentimun itu sendiri memang memiliki efek menyegarkan bagi kulit di tubuh anda. Maka gunakanlah masker mentimun ini secara rutin dan teratur, agar kulit wajah tetap kencang dan tidak mudah keriput.

3. Bawang Putih
Untuk mengembalikan sel-sel kulit mati atau rusak, anda bisa memanfaatkan bawang putih yang cukup dikenal kandungan antiseptik di dalamnya. Kandungan yang terdapat pada bawang putih ini juga mampu membantu sirkulasi darah menjadi lancar. Selain itu sangat cocok sekali untuk dikonsumsi dalam menunjang kesehatan pada tubuh.

4. Jeruk
Jeruk memang memiliki kandungan vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan kuat untuk memperbaiki sel kulit mati, meningkatkan daya imunitas tubuh, serta membersihkan kulit dari berbagai macam kotoran atau bakteri. Oleh karena itu, jika anda menginginkan kulit terhindar dari masalah keriput, anda bisa mengonsumsi buah yang satu ini, atau dimanfaatkan sebagai masker alami pencegah kulit keriput.

5. Buah Kiwi
Buah kiwi juga menyimpan antioksidan yang kuat untuk mencegah kulit dari munculnya keriput. Setidaknya anda bisa mengonsumsinya secara teratur, atau menjadikannya jus segar dalam menanggulangi permasalahan pada kulit.

6. Ikan Salmon
Tidak hanya pada jenis buah saja yang mampu membuat kulit tetap sehat. Namun ikan salmon juga mengandung banyak lemak Omega 3, yang berguna untuk mencegah munculnya kerutan pada wajah. Selain itu membentengi tubuh dari berbagai macam peradangan yang menyerang kulit . Oleh sebab itu, mengonsumsi ikan salmon selama 3 kali dalam seminggu, akan mampu memberikan efek positif pada kulit tubuh anda.
image: mugmag.co.uk
7. Tomat
Likopen pada tomat akan memberikan dampak positif pada kulit, dan menghindarkan tubuh dari ragam penyakit. Sehingga anda bisa membuat tomat sebagai jus, atau mengonsumsinya secara langsung untuk menjadikan kulit lebih sehat, serta terhindar dari masalah keriput.

8. Blueberry
Kandungan Polifenol yang terdapat pada Blueberry memang cukup baik untuk menyehatkan kulit. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin agar kulit tak mudah berkerut, serta membuat kulit tubuh terhindar dari peradangan dan permasalahan kulit lainnya.

9. Wortel dan Paprika Merah
Kedua sayuran ini memang memiliki kandungan antioksidan tinggi, vitamin A, serta bioflavonoid. Yang mana mampu menyembuhkan kulit terluka, serta menjaga kulit agar tetap lembab. Selain itu sayuran ini juga mampu melindungi dari timbulnya kulit keriput atau berkerut.

10. Jambu biji
Jambu biji memang diperkaya dengan vitamin C, yang merupakan antioksidan untuk membantu kulit agar tetap sehat dan kencang. Dengan mengonsumsi jambu biji secara teratur, akan mampu mencegah dari munculnya kerusakan kulit yang disebabkan oleh proses oksidasi. 

11. Stoberi
Buah stroberi juga diperkaya dengan vitamin C dan Silika, yang cukup membantu untuk menyehatkan kulit pada tubuh. Jika asupan Silika dalam tubuh terpenuhi, maka akan membuat kulit pada tubuh tetap elastis, serta terhindar dari masalah kulit yang berkerut.

12. Kacang Hijau
Selain stroberi, makanan yang diperkaya akan Silika ini juga terdapat pada kacang hijau. Sehingga anda juga dapat mengonsumsi jenis kacang-kacangan ini untuk menyehatkan kulit pada tubuh. Dan alangkah baiknya anda bisa mengonsumsinya secara teratur sebagai makanan pelengkap menu harian Anda.
Artikel Terkait