7 Cara Mudah Menghaluskan Telapak Tangan Yang Kasar

image: pose-emporium.deviantart.com
Tentunya anda tahu, kondisi telapak tangan yang kasar bisa menjadikan rasa percaya diri berkurang bukan..?. Terlebih lagi bila kondisi telapak tangan kasar ini digunakan untuk bersalaman ketika bertemu kerabat, sanak keluarga, teman sebaya, maupun orang lain. Hal demikian akan memunculkan rasa minder yang berlebih pada diri anda. Sehingga mau tidak mau anda harus mengalihkan perhatian, guna untuk menutupi telapak tangan anda yang kasar agar tidak sampai diketahui oleh banyak orang.

Namun janganlah khawatir, karena untuk menangani telapak tangan yang kasar ini, bisa anda atasi dengan menggunakan bahan-bahan alami tertentu. Bahkan untuk mencari bahannya pun bisa dengan mudah anda dapatkan, atau mungkin sudah tersedia di rumah idaman anda. Namun sebelum menggunakan bahan alami tersebut, anda bisa mengetahui ragam sebab yang menjadikan telapak tangan terlihat kasar.

Di antara penyebab yang menjadikan telapak tangan anda kasar yakni, karena faktor sensitif yang menyebabkan telapak tangan alergi pada bahan kimia, terlalu sering memegang benda keras, dan kekurangan asupan air yang menyebabkan dehidrasi. Yang mana semuanya itu akan mengakibatkan penumpukan sel-sel kulit mati pada telapak tangan. Sehingga hal tersebut menjadikan kondisi kulit cenderung lebih tebal dan kasar.

Nah, inilah beberapa bahan yang menjadi cara alami untuk mengatasi telapak tangan yang terasa kasar :

1. Menggunakan Minyak Kelapa
Minyak yang berbahan dasar kelapa ini memang memiliki manfaat yang luar biasa. Selain menjadikan kulit pada telapak tangan lebih halus, minyak kelapa juga bisa membantu mengatasi telapak tangan yang menebal. Caranya ambil minyak kelapa dan gosokkan pada telapak tangan yang kasar tersebut. Pijat lembut selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air. Biarkan saja sisa minyak yang masih menempel pada telapak tangan, agar nutrisi mampu terserap pori-pori kulit di telapak tangan anda.

2. Haluskan Telapak Tangan Dengan Jeruk Nipis
Senyawa alami pada jeruk nipis juga dikenal mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada telapak tangan. Sehingga untuk menghaluskan kembali telapak tangan yang kasar ini, anda bisa mengambil air perasan jeruk nipis, dan gosokkan di area telapak tangan. Lalu pijat lembut dan diamkan sejenak, Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukanlah cara tersebut secara rutin dan teratur.

3. Menggunakan Kentang
Untuk menghaluskan telapak tangan kasar secara alami, anda bisa menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya. Cara menerapkannya, haluskan kentang terlebih dahulu kemudian mengoleskannya pada telapak tangan secara keseluruhan. Diamkan kurang lebih 20 menit, kemudian anda bisa membersihkannya. Dengan begitu akan membuat kulit di telapak tangan menjadi lebih halus dan lembut. Terapkan cara tersebut secara teratur agar bisa mendapat hasil yang maksimal.

4. Memakai Daun Pepaya
Jangan remehkan daun pepaya, karena jenis daun ini memang bisa anda gunakan sebagai penghalus telapak tangan yang kasar. Karena kandungan nutrisi di dalamnya akan memberikan efek lembut pada telapak tangan, dan mengangkat sel kulit mati yang cukup mengganggu kesehatan kulit. Untuk menggunakannya, haluskan daun pepaya terlebih dahulu dan oleskan pada area telapak tangan sampai merata. Selanjutnya diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air sampai bersih.

image: imgmob.net
5. Gunakan Ampas Kopi
Biasanya ampas kopi memang kerap sekali dibuang begitu saja. Namun di balik itu semua, ampas kopi bisa digunakan untuk menjadikan telapak tangan lebih lembut dan segar. Nah, untuk menghaluskan telapak tangan dengan ampas kopi, Anda bisa menggosokkan ampas kopi basah pada area telapak tangan anda. Kemudian diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air. 

6. Memakai Air Garam Hangat
Merendam tangan dengan air garam yang hangat, memang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan melembutkan telapak tangan anda. Untuk menggunakan cara ini, iringilah dengan pijatan lembut pada telapak tangan selama 5 menit. Lakukanlah cara tersebut secara berulang dan rasakan khasiatnya.

7. Dengan Madu, Lemon, dan Baking Soda
Dengan menggunakan kombinasi Lemon, Baking soda, dan Madu, Akan mampu menghaluskan telapak tangan dan mencerahkannya. Campurkan masing-masing satu sendok ketiga  bahan tersebut, kemudian gosokkan pada telapak tangan anda, dan iringi pijatan lembut selama 10 menit. Terapkan cara ini beberapa kali agar mendapatkan hasil maksimal.
Artikel Terkait