Cara Mudah Menyimpan Sayuran Agar Tak Mudah Membusuk

image: asiantraders.co.in
Kebutuhan manusia akan sayur-sayuran ini memang tidak bisa dipisahkan. Karena ragam kandungan yang terdapat di dalamnya, memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan ada kalanya sayuran bisa menjadi bahan alami untuk menghindarkan tubuh dari ragam penyakit yang ada. Biasanya bagi para ibu rumah tangga yang membeli sayuran, terkadang juga merasa resah, karena sayuran yang telah dibeli tidak bisa bertahan lama alias mudah membusuk. 

Sehingga dengan terpaksa sayuran tersebut harus segera dimasak saat itu juga, dan jika sayuran tersebut disimpan terlalu lama akan menjadi layu atau sudah tidak segar lagi. Alhasil, Sayuran tersebut anda buang secara percuma.

Namun anda janganlah khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menyimpan sayuran tersebut agar tetap bertahan lama. Sehingga kondisinya akan tetap segar ketika dimasak menjadi hidangan untuk keluarga anda.

Berikut cara untuk menyimpan beberapa sayuran agar tetap bertahan lama :

1. Sayur Paprika
Terlebih dahulu anda pilih sayur Paprika yang masih segar, dengan pertanda memiliki warna lebih cerah. Dan untuk menyimpan sayuran ini agar bertahan lama, maka rendamlah terlebih dahulu Paprika ke dalam air selama beberapa menit. Kemudian bungkus dengan plastik dan simpan di kulkas. Dengan begitu, sayur Paprika akan mampu bertahan hingga tiga sampai empat hari. Mudah bukan..?

2. Sayur Kubis
Sayur kubis ini memang sering kali diminati, terutama untuk lalapan sehat bagi tubuh. Nah, Pertama kali pilihlah kubis berwarna cerah dan jangan sampai memilih kubis yang cacat atau kekuning-kuningan. 

Cara untuk menyimpannya : Masukkan kubis yang anda beli ke rak kulkas, Dan ingat jangan dipotong dan tak usah pula anda membungkusnya. Untuk tingkat ketahanan kubis itu sendiri biasanya bisa bertahan 4 hingga 6 Minggu.

3. Sayur Brokoli
Sama halnya dengan kubis, jika anda ingin brokoli segar maka janganlah memilih brokoli berwarna kekuning-kuningan. Cara menyimpannya : Terlebih dahulu bungkuslah brokoli dengan plastik, kemudian simpan di kulkas atau lemari dapur rumah anda. Dan brokoli akan mampu bertahan alami hingga satu Minggu.
image: hypercityindia.com
4. Kembang Kol
Begitu besar manfaat kembang kol bagi kesehatan tubuh. Sehingga sayuran ini tidak kalah segarnya jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Pilihlah kembang kol segar dan janganlah yang memiliki bercak-bercak hitam. Hindari membeli kembang kol yang berdaun layu.

Cara menyimpannya : Simpanlah di bagian tangan kulkas anda. Hal demikian akan bisa mengawetkan kembang kol tersebut hingga 4 hari. 

5. Sayur Basil atau Selasih
Untuk membeli Basil, pilihlah basil segar dan jangan memilih yang berdaun lembek. Dan cara menyimpannya : Bungkuslah basil dengan menggunakan plastik, Maka akan bertahan lama hingga satu Minggu. Dengan begitu, anda bisa memasaknya dalam kondisi masih segar.

6. Sayur Wortel
Janganlah membeli wortel yang empuk bila dipijat, karena hal itu pertanda bahwa kondisi wortel akan rusak. Pilihlah wortel yang segar dan padat. Cara menyimpannya : Gunakan rak tertutup dan bungkus plastik untuk menyimpan wortel ke dalam kulkas. Dengan begitu wortel akan mampu bertahan lebih lama.

7. Cabai
Cabai segar biasanya terlihat lebih padat, dan bagian luar terlihat kering. Janganlah pilih cabai yang sudah lembek dan lembab. Untuk menyimpannya : Taruhlah cabai ke dalam plastik dan letakkan di bagian rak kulkas paling bawah. Maka cabai akan bisa lebih tahan lama hingga 1 mingguan.

8. Asparagus
Kondisi asparagus yang segar biasanya terlihat kencang pada batangnya. Dan untuk menyimpannya : Masukkanlah ke dalam kulkas dan bagian bawah asparagus di rendam air, serta bagian tunasnya tertutup rapat dengan plastik. Dengan begitu sayuran ini akan mampu bertahan lama hingga 4 hari. Sehingga anda pun bisa memasaknya dalam kondisi masih segar pula.

9. Seledri
Pilihlah seledri yang masih segar dan tidak layu. Cara menyimpan : Rendam terlebih dahulu dengan air pada bagian bawahnya seledri selama beberapa menit. Kemudian bungkuslah bagian daun seledri dengan plastik, lalu masukkan ke dalam kulkas. Maka seledri akan mampu bertahan hingga satu Minggu, dan anda pun bisa menggunakannya sesuai yang anda inginkan.
Artikel Terkait