Beberapa Penyebab Bau Kaki Dan Cara Mengatasinya

image: wcvb.com
Kebanyakan orang mengalami masalah pada kakinya yang memiliki bau kurang sedap. Baik itu seorang pelajar, mahasiswa, atau pegawai pasti mengalaminya. Pastinya Anda tidak nyaman dengan hal tersebut. Pertama, Anda akan terganggu dengan bau kurang sedap dari kaki sendiri. Yang kedua, pasti orang di sekitar Anda juga terganggu dan rasa percaya diri Anda pun akan berkurang.

Namun Anda tidak perlu mengkhawatirkan akan hal tersebut, karena ada banyak cara sederhana yang dapat menghilangkan bau pada kaki Anda. Seperti yang akan dibahas kali ini, salah satu caranya yaitu menggunakan teh hitam.

Teh yang sering Anda konsumsi tersebut ternyata dapat membuat bau pada kaki Anda hilang. Sebelum mengetahui tentang cara menanganinya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui dulu faktor penyebab kaki yang bau.

# Penyebab Utama
Perlu Anda ketahui, pada kaki Anda terdapat banyak sekali bakteri. Untuk masalah bau kaki ada dua macam kelompok bakteri, yaitu bromhidrosis dan hiperdrosis. Untuk kelompok bakteri bromhidrosis adalah bakteri yang khusus memproduksi bau, sedangkan untuk kelompok bakteri hiperdrosis adalah sekelompok bakteri yang memproduksi keringat berlebih.

Pada kaki Anda terdapat kelenjar keringat sebanyak lebih dari 250.000, dan dapat memproduksi 570 ml keringat per hari. Apabila bakteri keringat telah tercampur, akan menghasilkan zat yang memiliki bau tidak sedap, biasa disebut Isovaleric acid.

# Penyebab Lain
 
1. Kuku Kaki Kotor
Tidak hanya kuku tangan yang perlu dirawat, meskipun kuku kaki tidak banyak orang yang melihat, tetapi harus tetap dibersihkan agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Layaknya merawat kuku tangan, potonglah juga kuku kaki secara teratur, bersihkan bila ada pasir masuk ke dalam kuku.

2. Kaos Kaki
Yang kedua masalah kaos kaki, seperti kaos yang Anda pakai di badan seringlah mengganti kaos kaki juga, paling tidak dua hari sekali. Jangan hanya karena dipakai dikaki Anda tidak memperhatikannya, hal sepele tersebut dapat membuat penampilan anda terganggu. 

3. Kebersihan Sepatu
Penyebab lain adalah sepatu Anda sendiri. Pada umumnya orang pasti malas untuk mencuci sepatu mereka, Layaknya hanya dilap dan disemir. Karena memang mencuci sepatu tidak semudah mencuci baju, karena mencuci sepatu bisa lebih ribet.

Kaki Anda juga dapat mengeluarkan keringat seperti bagian tubuh yang lain. Bila sepatu Anda kotor pasti banyak menyimpan bakteri di dalamnya, dan bila keringat Anda sudah bercampur dengan bakteri pasti akan menimbulkan bau kurang sedap. Ditambah lagi kaki Anda memakai kaos kaki, kulit kaki Anda tidak mendapat udara dan akhirnya cepat berkeringat.

Dalam hal ini disarankan agar Anda memiliki sepatu cadangan, bila sepatu satu sedang dicuci, Anda dapat menggunakan sepatu lainnya. Bila sepatu Anda kehujanan segeralah mencuci sepatu tersebut, karena hanya dengan kehujanan saja sepatu Anda sudah bau.

4. Jarang Mencuci Kaki
Sudah jelas, dengan Anda jarang mencuci kaki maka pasti kaki Anda akan cepat bau. Usahakan rutin mencuci kaki terutama setelah melepas sepatu. Lebih baik lagi ketika Anda mandi, gosoklah kulit kaki Anda menggunakan batu kali yang memiliki permukaan halus.
image: steptohealth.com
# Cara Menghilangkan Bau Kaki Yang Membandel
Seperti yang telah disinggung di atas, salah satu cara mengatasinya yakni menggunakan teh hitam. Cara menerapkannya : 

Langkah pertama rebuslah air kira-kira sebanyak satu baskom, kemudian masukkan teh hitam secukupnya ke dalam air yang sudah diresbus tersebut. Kenapa teh tidak direbus bersama air?, Karena dengan cara air direbus dahulu tidak bersama teh, maka akan dapat menghasilkan teh yang kental.

Langkah selanjutnya setelah teh dimasukkan dalam air, aduk teh tersebut hingga air berubah warna coklat dan lebih kental.

Apabila sudah, tambahkan satu sendok teh garam lalu aduk kembali hingga garam larut. Selanjutnya diamkan sebentar agar air tidak terlalu panas untuk merendam kaki.

Langkah terakhir Anda tinggal merendam kaki Anda selagi air masih hangat selama 10-15 menit. Anda juga dapat menggosok kaki agar kotoran dan keringat pada kaki Anda hilang.

Lakukan langkah-langkah di atas setiap hari hingga bau kaki Anda hilang, terutama setelah beraktifitas atau sebelum tidur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Artikel Terkait