9 Penyebab Rambut Anda Cepat Beruban

image: latestcontents.com
Apakah rambut Anda sudah beruban?, Uban tidak hanya muncul pada orang dewasa saja, Anak muda pun sekarang banyak yang memiliki uban. Sebenarnya, munculnya uban pada rambut merupakan proses alami. Tetapi jika rambut Anda beruban di usia muda, itu berarti rambut Anda perlu perhatian khusus, serta penanganan agar timbulnya uban pada rambut tidak menjadi lebih parah.

Meskipun Anda masih tergolong muda, tidak menutup kemungkinan rambut Anda bisa beruban. Karena uban disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya seperti gaya hidup yang kurang sehat. Pastinya Anda tidak ingin jika rambut cepat beruban, selain dapat menghilangkan rasa percaya diri, hal tersebut juga dapat membuat Anda jadi terlihat lebih tua. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab dari munculnya uban tersebut, berikut ulasannya.

1. Pengaruh Kelenjar Tiroid
Tiroid merupakan kelenjar yang ada pada leher Anda di bagian depan, dan kelenjar tersebut berbentuk seperti kupu-kupu. Dan tiroid inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya uban. Tiroid yang kurang atau terlalu aktif bisa merangsang produksi melanin pada rambut, serta menghasilkan uban prematur. Jadi jika rambut Anda muncul uban di usia muda, segera periksakan kadar tiroid Anda.

2. Kekurangan Vitamin B12
Vitamin B12 ini sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Jika seseorang kekurangan vitamin B12, akan berisiko muncul uban pada rambutnya. Vitamin B12 berfungsi sebagai pemberi nutrisi pada rambut, maka dari itu selalu sertakan makanan yang mengandung vitamin B12 ke dalam menu makanan Anda setiap hari. Anda dapat menemukan vitamin B12 pada makanan seperti ikan haring, kepiting, ikan tuna, ikan sarden, kerang, salmon, daging sapi, daging kambing, dan lain-lain.

3. Merokok
Apa Anda seorang perokok?, Jika iya, segeralah berhenti melakukan hal yang tidak bermanfaat tersebut. Karena merokok dapat menyebabkan munculnya uban. Rokok yang Anda hisap tersebut menghasilkan radikal bebas dalam tubuh Anda. Di sisi lain merokok juga tidak memiliki manfaat apa pun, dan bahan-bahan yang ada pada rokok secara perlahan akan merusak organ tubuh Anda. Jadi segeralah berhenti merokok, Anda dapat menggantinya dengan mengunyah permen karet jika berkenan.

4. Kekurangan Vitamin C dan E
Selain vitamin B12 tadi, uban juga dapat muncul apabila Anda kekurangan vitamin C dan E. Seseorang yang kekurangan vitamin tersebut rambutnya akan berubah warna menjadi abu-abu. Kekurangan kedua vitamin tersebut dapat mengurangi jumlah sel-sel yang dapat menghasilkan melanin, dan akhirnya menyebabkan rambut beruban.

5. Diet Yang Salah
Untuk kaum wanita yang sering melakukan diet, sebaiknya berhati-hati dan jangan sampai salah dalam melakukan diet. Karena dengan diet yang salah dapat menyebabkan munculnya uban. Ketika Anda melakukan diet yang tidak seimbang, tubuh tidak mendapatkan suplai mineral serta vitamin yang pas, sehingga fungsi tubuh Anda akan berjalan tidak normal. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk rambut beruban.

6. Penggunaan Catok Rambut dan Hair Dryer Berlebihan
Tampil cantik memang impian setiap orang. Mempercantik tubuh dan mengubah tampilan sudah hal wajar terutama bagi wanita, tetapi jangan berlebihan. Untuk perawatan rambut seperti catok dan hair dryer jika digunakan secara berlebih, maka dapat mengakibatkan rambut beruban. Karena batang rambut akan menjadi lemas, dan panas yang dihasilkan dari alat tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin.

7. Kulit Kepala Yang Kotor
Uban muncul juga disebabkan oleh kulit kepala yang kotor. Selain itu, kulit kepala yang kotor juga dapat menyebabkan gatal dan ketombe. Jadi, rawatlah rambut Anda dengan berkeramas secara teratur agar tetap bersih.

8. Stres
Stres sudah terbukti dapat membuat rambut cepat beruban. Selain itu, stres juga dapat membuat rambut rontok yang nantinya akan membuat kepala botak. Hal tersebut bisa terjadi karena perasaan yang sedih, gelisah, dan cemas membuat berkurangnya jumlah sel-sel melanin. Sebaiknya, selesaikan masalah Anda secepat mungkin dan beristirahatlah dengan waktu yang cukup.

9. Makanan Cepat Saji
Untuk Anda yang gemar mengonsumsi Junk Food atau makanan cepat saji, sebaiknya segera Anda kurangi mengonsumsi makanan tersebut. Karena jika terlalu sering dapat mengakibatkan rambut cepat beruban. Makanan Junk Food dapat mempercepat penuaan rambut serta mengurangi produksi melanin.

Itulah beberapa penyebab rambut Anda cepat beruban, maka dari itu segeralah hindari beberapa hal di atas demi kesehatan rambut Anda.
Artikel Terkait