5 Pertanda Anda Menderita Penyakit Batu Ginjal

image: continentalhospitals.com
Terdapatnya limbah dalam tubuh yang mengeras atau mengkristal, memang akan memicu seseorang terkena penyakit batu ginjal. Sementara adanya material yang tercampur dengan darah, kemudian organ ginjal akan berusaha memisahkan material yang menggumpal tersebut. Selanjutnya akan bisa mengendap masuk dan menginfeksi ginjal pada tubuh. Alhasil organ ginjal pada tubuh akan mengalami masalah jika tidak segera ditanggulangi secara tepat. 

Sebenarnya banyak sekali cara untuk mengobati batu ginjal ini, baik dengan menggunakan bantuan medis maupun mengonsumsi bahan alami tertentu. Namun sebelum melakukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya, Terlebih dahulu anda mengenali beberapa tanda bahwa telah terdapat limbah yang mengkristal di dalam ginjal. Sehingga dengan mengetahui masalah pada ginjal lebih awal, maka akan lebih cepat untuk melakukan tindakan jika terjadi gangguan pada ginjal.

Nah, inilah 5 pertanda bahwa tubuh sedang mengalami penyakit batu ginjal :

1. Mengalami nyeri punggung bagian bawah dan nyeri perut
Sering kali mengalami nyeri pada perut dan punggung bagian bawah, ini juga menjadi indikasi bahwa organ ginjal sedang bermasalah. Dan persoalan semacam ini memang menjadi gejala yang sering terjadi ketika seseorang menderita batu ginjal. Bahkan rasa nyeri yang ditimbulkan bisa saja datang dan pergi secara berulang-ulang. Oleh sebab itu, bila tubuh anda mengalami kondisi seperti ini, maka segera lakukan pemeriksaan secara medis.

2. Terdapatnya urin yang tercampur dengan darah
Organ ginjal bisa saja terinfeksi karena terdapatnya gumpalan yang mengkristal, dan masuk ke dalam ureter. Hal demikian akan menyebabkan kondisi urin yang dikeluarkan menjadi merah muda, karena telah tercampur dengan darah yang keluar. Yang mana keluarnya darah seperti ini, memang merupakan permasalahan serius yang tidak bisa diremehkan. Dan sudah seharusnya segera mendapatkan bantuan medis untuk mengatasinya, agar tidak sampai menjadi persoalan yang lebih parah.

3. Sering merasa mual dan muntah
Di saat tubuh telah menderita batu ginjal, maka akan dipicu oleh rasa sakit yang berlebih. Hingga pada akhirnya membuat tubuh sering mengalami muntah dan mual. Hal demikian dikarenakan oleh gumpalan yang sudah mengkristal telah menghalangi cairan urin, serta menyebabkan nyeri yang cukup hebat. 

4. Sering buang air kecil dibarengi dengan rasa sakit
Jika tubuh sering kali buang air kecil hingga rasa sakit yang muncul juga sangat hebat, Maka hal ini juga merupakan pertanda batu ginjal sedang melanda kesehatan tubuh anda. Sementara kondisi semacam ini memang berbeda dari biasanya, karena pendarahan batu ginjal sedang melewati saluran kemih. 

5. Tubuh mengalami demam tinggi dan menggigil
Ketika tubuh tiba-tiba mengalami demam tinggi dan menggigil, maka hal demikian bisa juga menjadi indikasi telah terdapat material yang mengkristal pada organ ginjal. Meskipun kondisi yang semacam ini jarang terjadi, namun terkadang demam dan menggigil ini bisa juga ada kaitannya dengan permasalahan batu ginjal.
Artikel Terkait