Hebat, 5 Buah Ini Bantu Mengatasi Demam Berdarah

image: curejoy.com
Dalam rangka menjaga kesehatan tubuh, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan seperti gaya hidup dan lingkungan yang sehat. Ada banyak manfaat jika kita menjaga kebersihan lingkungan, terutama kita akan terhindar dari segala jenis penyakit, salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit DBD adalah salah satu penyakit yang sering terjadi di saat musim hujan. 

Timbulnya penyakit DBD bisa ditandai dengan adanya demam tinggi, hingga suhunya mencapai  41 derajat Celcius, dan mengalami rasa nyeri yang sangat luar biasa. Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Oleh karena itu, penyakit DBD ini tidak akan bisa menular seperti halnya penyakit lain, karena penyakit DBD hanya bisa menular melalui gigitan nyamuk.

Ada banyak cara yang dapat kita terapkan, sehingga kita akan terbebas dari gejala penyakit DBD. Layaknya mengubur kaleng-kaleng bekas, adalah salah satu cara untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk berbahaya. Nyamuk juga akan berkembang biak di genangan air yang tenang. Maka dari itu, kita juga harus rajin menguras kamar mandi atau bak air yang sudah lama tidak dipakai, serta membersihkan genangan air lainnya.

Selain melakukan penanganan secara medis, Seseorang juga dianjurkan mengonsumsi buah-buahan untuk mempercepat proses penyembuhan DBD. Di bawah ini ada ragam jenis buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi, Dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita demam berdarah.

1. Buah Jeruk
Buah jeruk sangat dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan sangat penting dibutuhkan oleh seseorang yang menderita penyakit DBD. Cara mengonsumsinya juga sangat mudah, siapkan dua buah jeruk, kupas kulitnya dan diblender hingga halus. Lalu tambahkan dengan satu sendok teh madu murni, kemudian bisa langsung diminum dua kali sehari.

2. Kelapa Muda
Kebanyakan penderita demam berdarah akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Kita bisa memanfaatkan kelapa muda untuk diambil airnya. Karena manfaat dari air kelapa muda ini cukup baik untuk menambah sistem kesehatan tubuh. Air kelapa juga mampu membantu memperbanyak pasokan cairan di dalam tubuh yang hilang karena dehidrasi. Sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat.

3. Buah Kiwi
Manfaat dari buah kiwi bisa dikonsumsi untuk penderita Demam Berdarah Dengue. Karena buah kiwi termasuk buah yang mengandung banyak cairan, dan juga terkenal akan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang terdapat di dalam buah kiwi bisa membantu menetralisir racun, yang disebabkan oleh virus penyakit demam berdarah.

4. Buah Stroberi
Sangat disarankan untuk penderita demam berdarah mengonsumsi buah Stroberi secara rutin. Buah Stroberi mengandung banyak senyawa alami, yang bisa membantu menambahkan multi vitamin pada tubuh yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue. Buah Stroberi dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Caranya cukup mudah, ambil 5 buah Stroberi yang segar lalu cuci buah tersebut dengan bersih. Setelah itu bisa langsung dijus dengan menambahkan susu dan air secukupnya.

5. Buah Pepaya
Kandungan buah pepaya memang sangat bagus digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan wajah. Namun di sisi lain, buah pepaya sangat penting untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit demam berdarah. Karena pada dasarnya, kandungan air dan vitamin C  yang terdapat pada buah pepaya sangat tinggi. Maka dari itu, buah ini juga disarankan untuk orang yang mengalami sakit DBD. Buah pepaya bisa dikonsumsi secara langsung dan juga bisa dibikin jus buah.
Artikel Terkait