Ragam Makanan Malam Hari Agar BAB Lancar Di Pagi Hari

Picture: marksvegplot.blogspot.co.id
Makan merupakan kebutuhan penting yang tidak mungkin kita tinggalkan selama nafas masih berhembus. Secara umum, Manusia memiliki batas mengonsumsi makanan hingga 3 kali dalam sehari yakni  pagi, siang, dan malam hari. Akan tetapi banyak orang yang sering kali melewatkan waktu makan pagi, karena terlalu sibuk pada aktivitas tertentu. Hal demikian dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya sakit perut, atau proses pencernaan menjadi tidak lancar. 

Nah.. Bicara soal makan, Ternyata banyak juga seseorang yang mengabaikan jam makan yang tepat, akibatnya sistem metabolisme dalam tubuh bisa terganggu. Perlu kita ketahui, Makan malam juga harus diperhatikan akan sajian menunya, sehingga kesehatan tubuh bisa tetap terjaga dengan baik. 

Sementara anda yang terbiasa makan malam, Alangkah baiknya memperhatikan beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Sehingga proses pencernaan dalam tubuh tetap terjaga, serta mampu memperlancar buang air besar di pagi harinya.

Di bawah ini adalah deretan makanan malam hari yang sehat, dan dapat membantu melancarkan BAB pada pagi hari.

1. Sayur Wortel
Wortel memang cukup terkenal akan kandungannya yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Di sisi lain, sayur wortel ini juga mengandung banyak serat yang baik dikonsumsi setiap hari. Sementara kandungan serat pada wortel sendiri juga bisa menyehatkan sistem pencernaan. 

2. Buah Tomat
Dalam kandungan buah tomat terdapat Kalium, Magnesium dan Lycopene. Manfaat utama dari kandungan buah tomat adalah sebagai sumber vitamin, dan juga mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sering makan pada saat malam hari, karena dapat membantu melancarkan pencernaan makanan.

3. Buah Alpukat
Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini?. Ternyata buah alpukat juga sangat dibutuhkan sebagai pengaman lambung. Karena pada dasarnya, buah alpukat mengandung banyak lemak sehat untuk menjaga sistem pencernaan. Dengan begitu, lemak yang terkandung dalam buah alpukat sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, serta menyehatkan kantung empedu.

4. Yoghurt
Yoghurt adalah minuman yang dibuat dari hasil olahan susu melalui proses fermentasi bakteri baik. Manfaat utama yoghurt adalah untuk memberi multi vitamin, serta meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Selain itu yoghurt juga bermanfaat untuk menjaga lambung dari ragam jenis penyakit. Maka, Sangat disarankan bagi seseorang yang suka makan pada malam hari untuk meminum minuman tersebut.

5. Buah Bit
Banyak kandungan yang terdapat di dalam buah bit. Buah bit kaya akan serat dan kalium, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi oleh orang yang terkena penyakit usus atau lambung. Buah bit juga dapat dikonsumsi setiap hari, dan baik dikonsumsi pada malam hari sebagai pelengkap sajian.

6. Ikan Salmon
Ikan laut memiliki banyak kandungan yang tidak kalah penting dengan sayuran. Kandungan utama yang terdapat pada ikan laut adalah omega 3 dan protein. Dengan begitu, anda bisa memilih ikan salmon sebagai menu santapan di malam hari. Hal itu karena ikan salmon memiliki kandungan protein yang tidak sedikit, serta sangat mudah dicerna oleh tubuh.

7. Sayur Buncis
Sayuran jenis ini memang banyak ditemui di pasar tradisional, namun banyak orang yang belum tahu akan kandungan dari buncis ini. Sayuran ini memiliki kandungan serat sangat tinggi, Sehingga buncis dapat digunakan sebagai makanan untuk menjaga kesehatan lambung, serta melancarkan sistem pencernaan makanan. 

8. Mentimun
Banyak orang yang memanfaatkan sayuran mentimun sebagai bahan alami untuk menjaga kecantikan kulit. Ada beberapa kandungan yang terdapat di dalam mentimun seperti serat, Vitamin C, Dan Kalsium. Selain itu, mentimun juga mengandung protein yang berupa Erepin. Yang mana jenis protein tersebut mampu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

9. Jahe
Jahe merupakan rempah rempah yang cukup dikenal ampuh dalam mengatasi ragam penyakit. Banyak sekali manfaat jahe untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan pencernaan. Cara mengonsumsi jahe cukup mudah, Ambil jahe secukupnya dan rebus ke dalam 2 gelas air. Lalu biarkan mendidih hingga airnya menjadi satu gelas, Setelah itu saring airnya dan langsung bisa disajikan sebagai minuman sehat. Anda juga bisa menambahkan madu pada minuman jahe tersebut, agar terasa lebih nikmat.

10. Beras Cokelat
Beras cokelat atau biasa disebut dengan ketan hitam, Sangat cocok digunakan sebagai menu makan malam. Karena beras cokelat memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Kandungan karbohidrat yang terdapat pada beras cokelat tergolong karbohidrat sehat. Sehingga beras cokelat sangat bagus dikonsumsi sebagai makanan untuk menjaga kesehatan lambung.
Artikel Terkait