Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Buang Kulit Kacang, Ini Manfaatnya

image: examiner.com
Kulit kacang tanah yang sering kita abaikan atau dibuang, ternyata sangat bermanfaat dalam membersihkan gigi dari plak / karang gigi yang membandel. Sementara kebersihan gigi memang menjadi salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sehingga dengan gigi yang bersih dan terawat, maka kesehatan tubuh terurama mulut akan tetap terjaga. Mengondisikan gigi agar bersih dari timbulnya karang gigi, memang sering kali menjadi persoalan bagi kebanyakan orang. 

Perlu diketahui, jika karang gigi ini tidak segera diatasi, maka akan timbul berbagai masalah kesehatan gigi lainnya. Salah satunya yakni bisa menimbulkan radang pada gusi kita, atau biasa disebut dengan istilah ‘’Gingivitis’’.

Dengan begitu, sebelum timbulnya masalah radang gusi ini terjadi, Maka alangkah baiknya kita bisa menanggulanginya dengan selalu membersihkan gigi. Akan tetapi jika karang gigi sudah terlanjur terjadi, maka kita bisa mengatasinya dengan cara yang cukup sederhana dan mudah. 

Seperti dilansir pada laman Healthtipsportal.com, Cukup dengan memanfaatkan kulit kacang tanah, maka karang gigi sudah bisa teratasi dengan mudah.

Berikut cara ampuh membersihkan karang gigi dengan kulit kacang tanah :

Sediakan bahan berikut ini :

1. 40 Gram kulit kacang tanah

2. Air putih satu cangkir

image: healthyfoodhouse.com
Cara mengolahnya :
Rebuslah kulit kacang yang sudah anda siapkan tadi dengan satu cangkir air putih. Diamkan sampai mendidih kurang lebih 20 menit. Setelah itu saring airnya dan biarkan sampai dingin, Baru anda bisa menggunakan air rebusan tadi untuk menghilangkan karang gigi.

Cara menerapkannya :
Rendamlah sikat gigi anda pada air rebusan kulit kacang selama beberapa menit. Selanjutnya anda bisa menggunakan sikat gigi yang telah direndam untuk membersihkan karang gigi. Sikatlah gigi anda selama kurang lebih 5 menit secara perlahan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Lakukan cara ini 3 kali sehari secara rutin selama 1 Minggu. Dengan begitu, karang gigi akan memudar secara bertahap, Hingga akhirnya karang gigi bisa dibersihkan secara menyeluruh.