5 Tips Cegah Penyakit Saat Musim Hujan

image: .mizdee.com
Saat musim hujan tiba, banyak sekali bakteri atau penyakit yang berkeliaran di sekeliling kita, akibat air limbah dari sampah yang terguyur air hujan. Karena air limbah inilah bakteri akan berkembang biak sampai menjalar di sekitar lingkungan yang kita tempati. Perlu anda ketahui, ada beberapa jenis bakteri yang dapat menimbulkan gejala penyakit pada diri kita seperti diare, demam berdarah, penyakit kulit, flu dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). 

Tentu saja saat musim hujan kita harus selalu waspada, karena selain orang dewasa anak-anak juga sangat mudah terserang penyakit pada musim hujan. Terutama pada anak-anak yang suka bermain main di luar rumah setelah hujan reda, layaknya bermain di genangan air. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit di saat musim hujan.

Nah... Berikut Ulasannya :

1. Mengonsumsi Vitamin C Yang Cukup
Kenapa harus mengonsumsi vitamin C...?. Banyak orang yang mengetahui vitamin C adalah satu satunya senyawa yang mempunyai unsur antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, vitamin C pada buah-buahan pun juga dapat menjaga kesehatan tubuh, dan mempunyai manfaat sama persis dengan vitamin C. Manfaat vitamin C untuk kebutuhan harian tubuh adalah untuk menambah sistem imun, atau kekebalan pada tubuh kita.

Efeknya jika sistem kekebalan tubuh kita meningkat, maka bakteri atau virus yang berada dalam tubuh kita akan bisa dicegah. Dengan begitu, mengonsumsi vitamin C dalam bentuk kapsul atau juga bisa memakan buah-buahan, akan dapat memenuhi asupan vitamin dalam tubuh kita.

2. Siapkan Payung dan Jas hujan Sebelum Hujan
Payung dan jas hujan adalah kebutuhan utama saat turunnya hujan. Kedua alat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga agar diri kita tidak basah terkena air hujan. Sehingga badan tetap terasa kering, dan terbebas dari gangguan virus influenza. 

3. Mandilah Dengan Air Hangat Setelah Kehujanan
Setelah tubuh terkena air hujan, biasanya banyak keluhan yang dialami oleh kebanyakan orang. Banyak yang mengatakan bahwa air hujan dapat menyebabkan sakit kepala ringan, bahkan itu lebih rawan jika kita terkena air hujan dalam waktu lama . Studi mengatakan, bahwa sakit kepala akan sering terjadi jika di dalam tubuh kita mengalami perubahan suhu yang drastis. Karena hal itulah kita harus mandi menggunakan air hangat setelah terkena air hujan.

4. Perhatikan Mengenai Tempat Berteduh
Memilih tempat berteduh yang sehat ternyata juga tak kalah penting. Pilihlah tempat untuk berteduh yang paling nyaman untuk anda, serta kondisi tempatnya juga harus kita perhatikan. Yang utama adalah tidak becek, karena tempat yang becek akan menjadi salah satu penyebab penyakit kulit yang diakibatkan oleh bakteri.

5. Jaga Kebersihan Lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan merupakan aspek utama dalam menjaga kesehatan. Karena jika lingkungan kita terjaga dengan bersih, kita bisa terbebas dari serangan bakteri atau kuman. Banyak hal yang harus kita lakukan agar bisa menjaga kebersihan lingkungan. Seperti membersihkan sampah di selokan, sehingga air selokan berjalan dengan lancar, dan tidak menimbulkan genangan. 

Ada juga yang paling penting adalah mengubur kaleng bekas, dan jangan membuang sampah sembarangan seperti di sungai. Banyak sekali manfaat jika lingkungan kita menjadi bersih, yakni kita akan terbebas dari serangan nyamuk yang berbahaya, dan pastinya akan terbebas dari penyakit demam berdarah.
Artikel Terkait