10 Cara Mudah Mengobati ‘’Fordyce Spot’’ Secara Alami

image: healthboards.com
Peran penting kelenjar minyak  pada bagian bawah kulit tubuh, memang sangat berguna untuk membantu kesehatan kulit agar tetap lembab dan halus. Sehingga kulit di tubuh pun juga akan terhindar dari terjadinya kulit kering. Namun bagaimana jika kelenjar minyak atau juga kerap disapa sebagai kelenjar Sebaceous Gland ini menimbulkan masalah…? 

Seperti halnya kelenjar minyak ini bisa saja keluar dan memicu adanya tonjolan berwarna merah muda maupun putih di beberapa bagian tubuh. Seperti di bibir, wajah, punggung, pinggang, leher, dan bagian lainnya. Yang mana semuanya itu akan mengakibatkan bintik-bintik berdiameter 1-3 mm, bahkan kurang enak dipandang hingga sampai mengganggu rasa percaya diri saat berpenampilan. 

Persoalan inilah yang kerap disebut dengan istilah Fordyce Spot. Meskipun hal tersebut merupakan permasalahan kulit yang ringan, namun tidak sedikit orang  merasa resah akan kondisi semacam ini. Untuk mengatasi permasalahan kulit Fordyce Spot ini, anda juga bisa berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis kulit terdekat. 

Namun di balik itu semua, Anda juga bisa mengatasinya dengan racikan bahan alami yang bisa menjadi alternatif cukup mudah untuk diterapkan. Dengan begitu, Fordyce  Spot ini tidak lagi menimbulkan masalah maupun mengganggu penampilan kulit di tubuh anda.

Berikut 10 cara alami untuk mengobati Fordyce Spot dengan mudah dan efektif :

1. Memanfaatkan Bayam
Sayur bayam memang diperkaya dengan adanya asam folat di dalamnya. Sehingga anda bisa membuat bayam sebagai jus, dan menempelkan pada area kulit yang terdapat Fordyce Spot atau kelenjar minyak yang menonjol. Selain itu, sayuran hijau ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A, B2, E, B1, C, dan Vitamin K, yang semuanya itu membantu untuk menyehatkan kulit di tubuh anda.

2. Gunakan Bawang Putih
Bawang putih merupakan obat terpopuler yang cukup tangguh untuk menanggulangi permasalahan pada kulit. Terutama bila terjadi penumpukan lemak, yang pada akhirnya memicu munculnya bintik-bintik Fordyce Spot di kulit. Hal demikian karena kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi pada bawang putih, mampu mengatasi penumpukan kelenjar minyak di kulit. Anda bisa menumbuk bawang putih hingga halus, lalu mengusapkan pada daerah kulit yang terdapat Fordyce Spot. Atau anda juga dapat mengonsumsi bawang putih ini secara rutin untuk pengobatan dari dalam.

3. Memakai Asparagus
Asparagus merupakan jenis sayuran yang cukup enak dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak hanya itu saja, bahwa kandungan asam folat, vitamin A, C dan K di dalamnya, sangat menguntungkan sekali bagi kesehatan kulit. Terlebih lagi dalam mengobati timbulnya bintik-bintik yang disebabkan oleh kelenjar minyak yang keluar.

Cara penggunaannya : Anda bisa mengonsumsi sayuran ini secara teratur untuk mengobati munculnya Fordyce Spot di bagian kulit. Namun untuk mencapai hasil maksimal, setidaknya anda bisa menumbuknya hingga halus, kemudian oleskan pada bagian kulit tubuh yang terdapat bintik-bintik berminyak tersebut. Baik itu bintik-bintik di bagian mulut, bibir, pinggang, punggung, dan lainnya.

4. Dengan Brokoli
Brokoli juga dapat digunakan untuk mengatasi kelenjar minyak yang menonjol keluar di beberapa bagian kulit tubuh. Karena kandungan sayuran ini juga dikenal dengan sumber vitamin C, yang cukup membantu untuk menyehatkan kembali kondisi kulit. Anda pun bisa mengonsumsinya secara langsung sebagai makanan sehari-hari, atau bisa membuatnya sebagai jus untuk dibuat masker alami. Dengan begitu, anda bisa menanggulangi bintik-bintik Fordyce Spot yang kerap mengganggu penampilan.

5. Gunakanlah Cuka Sari Apel
Ketenaran cuka sari apel juga dapat membantu kulit tubuh agar terhindar dari terjadinya bintik Fordyce Spot. Anda bisa mengoleskan cairan ini pada bibir yang terdapat bintik-bintik putih akibat keluarnya kelenjar minyak. Terapkan cara tersebut secara rutin dan teratur selama satu Minggu, maka kondisi bibir yang terdapat Fordyce Spot akan cepat pulih kembali. Selain itu kemunculan bintik-bintik berminyak tersebut akan dapat dihilangkan secara alami.

6. Dengan Minyak Atsiri
Minyak Atsiri memang memiliki kegunaan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit. Termasuk mengatasi terbentuknya kelenjar minyak yang keluar, yang menjadikan beberapa bagian tubuh terlihat kurang menawan. Oleskan minyak ajaib ini di bagian kulit yang bermasalah selama 3 kali sehari. Maka munculnya bintik Fordyce tersebut bisa dengan mudah diobati secara alami.

7. Dengan Jeruk
Buah yang diperkaya dengan adanya asam folat ini, memang dapat digunakan untuk mengatasi bintik-bintik Fordyce di bagian kulit. Oleh sebab itu, Jika anda menghadapi kondisi kulit seperti keluarnya kelenjar minyak ini, anda dapat mengonsumsi jeruk secara rutin. Atau bisa juga anda mengoleskan secara perlahan sari jeruk pada bagian yang terdapat Fordyce Spot.

8. Memanfaatkan Buah Berry
Tidak hanya buah jeruk saja yang mampu menangani kondisi kulit yang dipenuhi Fordyce Spot. Namun kandungan asam folat yang terdapat pada buah berry juga cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Baik itu jenis Stroberi maupun Raspberry, yang semuanya itu bisa diolah menjadi jus atau masker alami untuk kesehatan kulit anda. Selain itu, anda bisa mengonsumsinya secara langsung untuk mengatasi permasalahan kulit dari dalam.

9. Dengan Minyak Kelapa
Bintik-bintik menonjol yang diakibatkan oleh keluarnya kelenjar minyak ini, bisa juga ditanggulangi dengan menggunakan minyak kelapa. Hal demikian karena minyak ajaib ini juga cukup dikenal sebagai pelembab alami untuk menjaga kesehatan kulit. Oleskan minyak kelapa secukupnya pada bagian kulit yang terdapat Fordyce Spot, baik itu di bibir, wajah, dan bagian tubuh lainnya.

10. Memenuhi Asupan Vitamin Pada Tubuh
Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, B, C, D, E, Dan K, akan mampu menjadikan kondisi kulit tetap bugar dan sehat. Oleh sebab itulah memenuhi asupan vitamin pada tubuh juga sangat dibutuhkan. Selain itu, memperbanyak mengonsumsi air putih juga sangat dianjurkan untuk mendukung kesehatan kulit, agar tak mudah mengalami dehidrasi.
Artikel Terkait