Atasi Alergi Dari Dalam Dengan 8 Makanan Ini

image: foods4betterhealth.com
Respon daya imun yang berlebihan terhadap partikel asing dalam tubuh, Akan dapat menyebabkan sel-sel tubuh menghasilkan zat kimia, yang dikenal dengan sebutan Histamin. Dari keberadaan zat inilah yang nantinya akan menyebabkan alergi pada tubuh. Sehingga mau tidak mau tubuh akan rentan sekali dan sering merasa gatal-gatal, mata menjadi kemerahan, iritasi, pembengkakan, bersin, dan lain sebagainya.

Secara tak disangka partikel asing yang masuk tersebut memang dipicu oleh beberapa faktor yang cukup beragam. Baik itu karena debu, bulu binatang, makanan tertentu, dan alergi terhadap jenis obat-obatan tertentu. Yang mana semuanya itu akan membuat kondisi alergi menjadi lebih parah. Meskipun masih tergolong penyakit ringan, namun alergi juga kerap mengganggu aktivitas tubuh dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun tahukah anda, bahwa ada jenis makanan yang mampu menangkal alergi ini dari dalam tubuh. Dengan cara mengonsumsinya secara rutin, maka akan mampu menetralisir tubuh dari terdapatnya alergi yang mengganggu ekosistem tubuh anda. 

Berikut 8 makanan yang perlu anda konsumsi, Sebagai obat alami untuk melawan alergi dari dalam tubuh.

1. Ubi Jalar
Siapa yang tak mengenal ubi jalar sebagai santapan tradisional yang cukup nikmat ini. Kandungan  vitamin B6, magnesium, dan kalium di dalamnya, memang cukup manjur untuk mengurangi terjadinya peradangan yang menyerang tubuh. Sehingga munculnya sekresi Histamin yang menjadi biang keladi alergi bisa dicegah. Selain itu, alergi bisa ditumpas dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada tanaman Ubi ini.

2. Buah Berry
Banyak sekali jenis buah Berry yang telah berada di penjuru wilayah. Buah ini memang cukup dikenal dengan kandungan Quercetin di dalamnya. Yakni berguna untuk membantu tubuh dalam tahap pemblokiran Sintesis Histamin saat menyerang kesehatan tubuh. Dengan begitu munculnya gejala alergi bisa dicegah dengan mengonsumsi buah Berry secara rutin.

3. Pisang
Selain menjadi buah yang kaya akan serat alami di dalamnya, pisang juga diselimuti dengan kandungan antioksidan alami yang mampu melawan alergi. Sehingga anda bisa menggunakan buah ini untuk membantu program diet anda, serta mengobati alergi yang sering mengganggu kenyamanan di tubuh anda.

4. Semangka
Keberadaan racun penyebab alergi dapat pula ditumpas dengan mengonsumsi buah semangka. Yang mana kandungan vitamin C pada semangka, cukup dikenal manjur sebagai peningkat sistem kekebalan dalam tubuh. Sehingga mampu mempertahankan kondisi tubuh agar tetap kuat dari serangan partikel asing penyebab alergi. Selain itu, kandungan air yang terdapat di dalamnya pun juga berguna untuk menghilangkan racun yang memicu alergi. 

5. Yoghurt
Terdapatnya Probiotik atau bakteri baik pada yoghurt memang mampu memerangi kemunculan alergi. Bahkan sifat Anti-inflamasi yang terdapat di dalamnya, juga cukup berperan dalam mengobati berbagai jenis alergi secara alami. 

6. Apel
Memang banyak sekali manfaat dari buah apel ini. Yang mana kandungan senyawa Quercetin pada buah ini, juga mampu untuk mencegah munculnya gejala alergi secara efektif. Nah, dengan mengonsumsi 1 buah apel secara teratur, akan lebih mempercepat proses penyembuhan alergi dalam tubuh secara maksimal.

7. Bawang Putih
Dengan cara memanfaatkan kandungan Antibiotik alami yang terdapat pada bawang putih, Juga menjadi bahan alami yang berguna untuk mencegah alergi. Sehingga bumbu dapur ini mampu menjadi obat alami untuk alergi, dengan cara mengonsumsi sebanyak 3 siung bawang putih per hari. Selain itu kandungan pada bawang putih juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melawan timbulnya peradangan pada tubuh Anda.

8. Wortel
Wortel juga bisa disuguhkan sebagai menu masakan untuk mencegah alergi. Hal demikian karena kandungan Antioksidan yang kuat di dalamnya, mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Sekaligus mengurangi gejala dari munculnya alergi. Dengan begitu, Mengonsumsi wortel ini juga cukup manjur sebagai obat alergi secara alami dan efektif.
Artikel Terkait