10 Cara Mudah Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

image: featuresdental.com
Gusi Bengkak, memang cukup menjadi persoalan yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Karena tidak hanya bengkaknya saja yang menjadi persoalan, namun rasa nyeri yang ditimbulkan  pun juga amat menyakitkan. Sehingga tidak sedikit orang yang mengalami kondisi semacam ini, akan cenderung enggan mengunyah makanan yang dikonsumsi. Yang mana mereka justru lebih memilih makan bubur sebagai pengganti di saat gusi di sekitar area gigi terjadi pembengkakan.

Pada dasarnya timbulnya pembengkakan gusi memang sangat rentan sekali muncul peradangan. Sehingga mengakibatkan kondisi gusi menjadi lebih menonjol, berwarna lebih merah, bau mulut menjadi tak sedap, hingga sampai gusi terlihat kuning seperti nanah. Persoalan yang bisa menyerang kesehatan gusi dikarenakan oleh faktor kebersihan mulut yang kurang terawat, munculnya penyakit pada gusi, bakteri, sistem kekebalan tubuh menurun, dan makanan yang tidak sehat.

Banyak sekali jenis obat-obatan yang bisa diterapkan untuk mengatasi gusi bengkak semacam ini. Namun tahukah anda, Bahwa permasalahan gigi yang sering mengalami pembengkakan atau Gingvinitis ini, dapat juga disembuhkan secara alami. Yakni dengan menggunakan beberapa bahan pilihan yang mungkin sudah tersedia di rumah anda.

Berikut 10 cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak dengan mudah dan efektif.

1. Gunakan Kantong Teh Celup
Salah satu cara yang cukup manjur untuk mengatasi gusi bengkak yakni dengan menempelkan atau menerapkan kantong teh celup pada area gusi yang terluka. Hal demikian karena di dalam kantong teh terdapat antioksidan yang cukup kuat dalam menanggulangi terjadinya peradangan pada gusi. Oleh karena itu, jangan buang kantong teh celup sehabis digunakan untuk minuman, karena masih tersimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

2. Dengan Minyak atau Daun Peppermint
Efek dingin yang terdapat pada daun Peppermint ini juga dikenal mampu untuk mengatasi gusi bengkak. Atau anda bisa menggunakan minyak dari daun ini untuk dioleskan pada area gusi yang terinfeksi, dengan dibarengi sedikit pijatan lembut selama beberapa menit. Dengan begitu kondisi gusi bengkak ini dapat ditanggulangi secara efektif.

3. Memakai Minyak Kelapa
Dengan menggunakan minyak kelapa, kondisi gusi bengkak juga bisa teratasi secara alami. Untuk menggunakannya, anda bisa mengambil satu sendok teh minyak kelapa, kemudian mengaplikasikan pada area gusi yang terjadi pembengkakan. Dan ingat jangan menelannya, akan tetapi diamkan saja selama 30 menit, kemudian berkumur dengan air secukupnya. Dengan begitu rasa sakit yang muncul akan bisa mereda, serta pembengkakan pada gusi pun akan kunjung membaik.

4. Dengan Minyak Cengkeh
Kandungan yang tersimpan pada minyak cengkeh, memang cukup efektif untuk mengatasi infeksi pada gusi, maupun untuk menyembuhkan terjadinya sakit gigi. Cara menggunakannya yakni sediakan saja satu sendok teh minyak cengkeh, lalu balurkan pada area gusi yang terkena infeksi atau terjadi pembengkakan. Kemudian iringi dengan sedikit pijatan lembut agar kandungan pada minyak cengkeh terserap secara maksimal pada gusi. Obat alami ini nantinya akan mampu meringankan rasa sakit, dan mengobati peradangan pada gusi dengan mudah.

5. Berkumur Dengan Air Garam
Dengan menggunakan garam memang cukup dikenal manjur untuk mengatasi rasa nyeri di organ tubuh.  Oleh sebab itu, untuk mengobati terjadinya gusi yang mengalami pembengkakan, anda bisa berkumur dengan air garam secukupnya. Kemudian diamkan sejenak, dan rasakan efek positifnya.

6. Memanfaatkan Bawang Putih
Pada bawang putih mengandung senyawa alami yang cukup hebat untuk melenyapkan bakteri yang menjadi sebab pembengkakan gusi. Oleh karena itu, anda bisa mengambil beberapa siung bawang putih mentah, kemudian buatlah menjadi jus. Setelah itu, anda bisa menerapkannya pada area gusi yang terluka akibat infeksi. Dengan begitu, rasa sakit dari gusi bengkak ini dapat mereda, serta dapat disembuhkan dengan segera mungkin.

7. Gunakan Kulit Andong
Kulit dari tanaman andong ini juga mampu meredakan rasa sakit pada bagian gusi yang membengkak. Anda bisa mencampurkannya dengan garam pada kulit andong, lalu mengunyahnya selama beberapa menit, maka pembengkakan pada gusi akan segera membaik. 

8. Memakai Air Perasan Jeruk Nipis
Siapa yang tak mengenal khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh. Selain menjadi campuran penyedap makanan, anda bisa memanfaatkan air perasan jeruk nipis ini sebagai obat alami untuk gusi bengkak. 

Caranya : Siapkan saja beberapa tetes air perasan jeruk nipis ke dalam segelas air hangat. Kemudian gunakanlah untuk berkumur sebelum tidur secara teratur. 

9. Dengan Bawang Merah
Menggunakan bawang merah untuk mengobati pembengkakan gusi memang cukup manjur dan lebih mudah untuk diterapkan. Tumbuk halus bawang merah secukupnya saja, kemudian oleskan pada bagian gusi yang bengkak. Lalu diamkan selama beberapa menit dan berkumurlah. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur, agar proses penyembuhan bisa lebih cepat dan maksimal.

10. Mengoleskan Madu
Memang madu yang dikenal manis ini, cukup efektif dalam menanggulangi terjadinya pembengkakan pada gusi. Oleskan saja madu secukupnya pada area gusi yang terinfeksi. Kemudian diamkan sejenak, sehingga zat aktif madu dapat terserap ke dalam bagian gusi yang bengkak.
Artikel Terkait