5 Tips Atasi Lidah Terbakar Karena Makanan Panas

image: stylecraze.com
Saat kondisi perut kita merasa keroncongan, tentunya kita akan bergegas menyantap makanan yang telah disajikan. Namun terkadang kita tak peduli saat makanan yang disajikan masih dalam kondisi panas. Sehingga langsung memakannya begitu saja karena rasa lapar yang tak tertahankan. Akan tetapi apa jadinya jika kita menyantap makanan yang masih panas..?. Tentu saja lidah kita akan terasa seperti terbakar, hingga menimbulkan rasa yang tak nyaman di lidah.

Jika hal tersebut sudah terjadi, Sebaiknya anda segera mengatasinya agar rasa terbakar di lidah bisa segera mereda. Ada beberapa bahan alami yang mampu mengatasi masalah lidah terbakar karena makanan panas. Sehingga sensasi terbakar pada lidah bisa segera hilang, serta lidah anda bisa terasa nyaman kembali.

Berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengatasi sensasi lidah terbakar karena makanan panas :

1. Menggunakan Madu
Anda bisa mengoleskan madu untuk mengatasi rasa terbakar di lidah. Hal ini karena madu akan memberikan sensasi dingin, serta mengurangi peradangan dan rasa sakit. Dengan begitu lidah anda bisa terasa nyaman kembali.

2. Dengan Minyak Lavender
Minyak Lavender berfungsi sebagai anti-inflamasi, serta membantu mengurangi sensasi lidah yang terbakar karena makanan panas.  Caranya cukup mengoleskan minyak Lavender pada lidah anda, maka akan memberikan rasa nyaman dan menenangkan.

3. Memakai Lidah Buaya
Memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi lidah terbakar cukuplah sederhana. Yakni oleskan saja gel lidah buaya pada lidah Anda. Dengan begitu, sensasi dingin pada lidah buaya akan memberikan efek menenangkan pada lidah Anda.

4. Dengan Baking Soda
Lidah yang kepanasan karena makanan dapat juga anda atasi dengan baking soda. Hal ini karena baking soda mampu menetralkan lidah yang kepanasan, serta mampu mengatur kondisi pH pada lidah anda. Caranya, Anda bisa mengoleskan sedikit baking soda pada lidah secara perlahan.

5. Menggunakan Air Yang Dingin
Air dingin juga bisa membantu meredakan lidah yang kepanasan akibat makanan. Selain itu air dingin juga mampu meringankan efek nyeri pada lidah anda. Caranya, anda bisa meminum air dingin sedikit demi sedikit, hingga sensasi terbakar di lidah bisa hilang.
Artikel Terkait