Usir Bau Mulut Dengan 5 Bahan Alami Ini

image: precisionnutrition.com
Bau mulut tak sedap memang sudah menjadi masalah umum pada sebagian orang. Bau mulut pada dasarnya disebabkan karena adanya bakteri di dalam mulut, dan kebanyakan bakteri ini berkembang di sela-sela gigi, di gusi dan lidah. Sementara bakteri dalam mulut akan muncul ketika kandungan air liur sedang menurun. Karena fungsi dari air liur itu sendiri adalah sebagai pembersih mulut dari bakteri yang berkeliaran di dalam rongga mulut kita. 

Kadar air liur di mulut bisa menurun karena beberapa faktor seperti pada saat berpuasa, yang mana seharian penuh tidak mengunyah makanan, Akibatnya produksi air liur akan berkurang. Selain itu pada saat kita bangun pagi, tentunya produksi air liur juga akan berkurang. Hal tersebutlah yang mengakibatkan adanya bakteri di dalam mulut, yang menyebabkan bau mulut tak sedap. Namun ada juga faktor lain yang menyebabkan bau mulut tak sedap, seperti kebersihan gigi kurang terjaga, kurangnya asupan air dalam tubuh, infeksi sinus atau amandel, asam lambung tinggi, serta adanya penyakit serius dalam tubuh.

Lantas, Apa yang harus kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut tak sedap ini...?
Jangan khawatir, Ada cara yang alami untuk mengatasi bau mulut tersebut. Karena cara alami ini merupakan alternatif  yang mudah, serta tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, bahan bahan herbal yang kita gunakan juga mengandung nutrisi alami yang dapat membantu kesehatan mulut.

Nah, Berikut ini adalah 5 cara alami untuk menghilangkan bau mulut :

1. Menggunakan Daun Sirih
Daun sirih memang dikenal sebagai daun yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun sirih juga cukup ampuh untuk mengatasi keberadaan bau mulut. Nah, cara menerapkannya sangat mudah, Ambil 7-10 helai daun sirih, lalu rebus daun tersebut menggunakan dua gelas air. Setelah direbus diamkan dahulu air rebusan hingga dingin, kemudian disaring dan bisa langsung diminum.

2. Menggunakan Jahe
Jahe termasuk tanaman jenis rimpang, yang mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, layaknya batuk dan masuk angin. Selain itu manfaat jahe juga banyak digunakan sebagai penambah aroma pada minuman seperti susu, kopi, maupun sebagai seduhan minuman jahe. Untuk mengusir bau mulut dengan menggunakan jahe, anda bisa memeras jahe untuk diambil airnya. Lalu campurkan perasan jahe dengan air hangat untuk berkumur. Lakukan tips tersebut secara rutin, sehingga bau mulut cepat teratasi.

3. Memanfaatkan Cengkeh
Sejak zaman dahulu, cengkeh biasa digunakan sebagai bahan untuk bumbu dapur. Karena cengkeh sendiri mempunyai aroma yang khas, dan sangat cocok digunakan sebagai salah satu bahan keperluan dapur. Selain itu, cengkeh juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir bau mulut yang mengganggu kesegaran nafas. Caranya juga cukup sederhana, hanya saja kita perlu merebus segenggam cengkeh dengan 400 ml air. Setelah itu gunakan rebusan cengkeh tersebut sebagai cairan untuk berkumur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Terapkan dua kali dalam sehari yakni pagi dan malam hari.

4. Menggunakan Daun Kemangi
Secara sepintas daun kemangi memang memiliki aroma yang beda dari tanaman lainnya. Daun kemangi sangat mudah kita temui di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, Daun kemangi juga berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut. Caranya sangat mudah, kita bisa menggunakan daun kemangi sebagai lalapan, campuran urap-urap, maupun campuran masakan lainnya.

5. Dengan Kencur dan Jeruk Purut
Kencur memang sudah tak asing lagi terdengar di telinga kita. Banyak sekali penggemar minuman dari ekstrak kencur ini. Minuman dari ekstrak kencur juga dapat digunakan sebagai bahan alami yang ampuh mengusir bau mulut. Caranya cukup mudah, Parutlah kencur untuk diambil airnya, dan campur dengan perasan jeruk purut secukupnya. Lalu aduklah hingga merata, dan diminum setiap pagi hari secara rutin. Dengan begitu keberadaan bau mulut akan segera teratasi.
Artikel Terkait