Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami, Mudah Diterapkan

image: newhealthadvisor.com
Kulit berkomedo memang menjadi permasalahan umum yang menimpa banyak kalangan. Secara tak disangka permukaan kulit terdapat benjolan kecil yang kurang nyaman dipandang. Kondisi yang semacam ini memang dikarenakan oleh pori-pori kulit mengalami penyumbatan, dan terbagi menjadi dua jenis yang perlu diperhatikan. Pertama, Adanya sebagian pori kulit terbuka, pada akhirnya menyebabkan komedo berwarna gelap atau dikenal dengan istilah komedo kepala hitam. 

Sedangkan pori-pori kulit yang tersumbat secara keseluruhan menjadi aspek kedua dari munculnya komedo itu sendiri. Akhirnya bisa mengakibatkan benjolan di kulit yang disebut komedo berkepala putih. Sebenarnya banyak treatment untuk menghilangkan permasalahan kulit yang satu ini, bahkan mampu menghilangkan komedo secara tuntas dan efektif. 

Di antaranya dengan terapi laser dan cahaya sebagai penghilang komedo, berkunjung ke dokter spesialis dermatolog, konsultasi permasalahan kulit, serta mengonsumsi obat resep untuk menangani sel kulit bermasalah. Akan tetapi semua cara tersebut juga harus disertai dengan biaya tidak sedikit pula.

Namun anda janganlah khawatir, Bahwa selain menggunakan treatment khusus, ada beberapa cara bisa anda terapkan untuk menghilangkan komedo secara alami. Nah.. Sebelum menerapkannya, Tentu anda perlu memperhatikan penyebab-penyebab komedo bisa menyerang kulit pada tubuh anda.

# Penyebab Komedo Menyerang Kulit :
Komedo muncul tidak hanya pada wajah saja, akan tetapi di bagian bahu, lengan, dada, punggung, dan bagian kulit tubuh lainnya. Biasanya munculnya komedo secara umum bisa disebabkan oleh kelenjar Sebaceous (kelenjar penghasil minyak pada tubuh) yang memproduksi minyak secara berlebihan. Hingga pada akhirnya menjadikan minyak di kulit menumpuk dan pori-pori kulit menjadi tersumbat, serta adanya sebagian atau seluruh permukaan kulit tertutup oleh sel-sel kulit mati. Alhasil, membentuk kantung-kantung kecil yang dinamakan komedo. 

Berikut Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Ampuh :

# Menggunakan Buah-buahan Untuk Komedo Membandel :

1. Lemon
image: organicfacts.net
Lemon memang diperkaya dengan ragam kandungan yang baik bagi kulit di tubuh. Berdasarkan apa yang telah tercantum pada Database Nutrisi USDA National, menunjukkan bahwa di dalam buah lemon mentah tanpa kulit mengandung zat thiamin, riboflavin, vitamin B6, kalsium, vitamin C, zat besi, fosfor, magnesium, mangan, serta asam pontenat. Dan semuanya itu tentu dapat menunjang kesehatan kulit pada tubuh anda bukan..?. Termasuk permasalahan kulit berkomedo. Sehingga anda bisa mengolah lemon ini dengan berbagai macam cara sebagai berikut :

A. Kombinasi Lemon + Putih Telur
Untuk membuat masker lemon sebagai penghilang komedo, Sediakan saja putih telur dalam satu wadah kecil. Kemudian berikan tetesan air lemon secukupnya, lalu mengaduknya hingga merata. Setelah masker tersebut selesai dibuat, selanjutnya oleskan masker lemon pada wajah dan jangan lupa terapkan juga pada bagian hidung hingga rata. Diamkan hingga mengering, dan tariklah masker secara perlahan jika sudah selesai digunakan. Lalu bilaslah seluruh bagian wajah anda dengan air dingin hingga bersih.

B. Mencampur Lemon + Air Mawar
Sediakan terlebih dahulu wadah kecil, kemudian tuangkan beberapa tetes air mawar dan perasan air lemon ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, aduk terlebih dahulu hingga merata. Selanjutnya ambillah kapas dan celupkan ke dalam wadah yang berisi ramuan yang sudah dipadukan tadi. Kemudian angkat kapas dan terapkan pada area kulit yang berkomedo, baik itu di area wajah  maupun di hidung anda secara perlahan. Diamkan selama lima menit atau hingga mengering, kemudian basuhlah wajah anda dengan air dingin hingga bersih. Lakukan cara tersebut secara teratur agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

C. Manfaatkan Lemon Sebagai Scrub
Dengan menggunakan lemon sebagai scrub di area kulit yang berkomedo, hal demikian juga bisa anda terapkan. Namun untuk menggunakan cara tersebut, basuhlah terlebih dahulu wajah dengan air hangat. Kemudian belah lemon menjadi dua, selanjutnya gosokkan irisan lemon tersebut di area kulit yang terdapat komedo secara lembut dan perlahan. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih. Untuk mendapat hasil yang memuaskan, terapkanlah secara teratur sehari dua kali. 

D. Lemon Yang Dipadukan Madu
Menghilangkan komedo dengan Lemon dipadukan Madu ini memang cukup membantu, Bahkan kedua bahan alami ini mampu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah anda. Caranya, Belah lemon menjadi dua bagian, selanjutnya meneteskan madu pada area permukaan lemon yang sudah diiris. Kemudian anda langsung bisa menggosokkannya pada kulit wajah secara perlahan. Selanjutnya diamkan selama beberapa menit, dan basuh wajah anda dengan air sampai bersih. 

2. Pepaya
image: curejoy.com
Kandungan enzim Papain pada buah pepaya, memang cukup dikenal manjur untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga memang cukup tepat ketika buah ini digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami. Selain itu, pepaya juga mampu mengatasi kulit berjerawat yang kerap sekali ditimpa oleh sebagian besar kalangan.  Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo dengan buah segar ini…?

A. Membuat Pepaya Untuk Masker
Langkah pertama anda bisa melembutkan buah pepaya dengan cara diblender hingga lembut. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit air agar proses pelembutan pepaya bisa lebih cepat. Setelah masker pepaya ini sudah jadi atau lembut, anda bisa langsung menerapkannya pada kulit wajah atau hidung yang berkomedo. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilaslah muka dengan air dingin hingga bersih. Anda pun bisa menerapkan cara tersebut di pagi hari secara rutin dan teratur, hingga komedo sudah benar-benar bersih.

B. Menambahkan Masker Pepaya, Madu dan Susu
Agar bisa mencapai hasil lebih maksimal untuk menghilangkan kulit berkomedo ini, anda juga bisa mencampurkan madu dan susu sebagai bahan pelengkap pembuatan masker pepaya tersebut. Dengan begitu, komedo membandel bisa dihilangkan dengan lebih mudah dan efektif.

Caranya : Tuangkan dua sendok teh madu dan susu di saat buah pepaya dihaluskan. Kemudian terapkan pada wajah yang berkomedo, dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih kembali, Lakukan secara rutin dan teratur.

3. Tomat
image: stylecraze.com
Jika dikupas semakin mendalam, Bahwa kandungan yang terdapat pada buah tomat ini cukup luar biasa. Di antaranya mengandung asam alami yang berguna untuk mengecilkan pori-pori kulit, dan Antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit di tubuh. Sehingga tidak salah jika tomat memang bisa menghilangkan kulit berkomedo. Selain itu permasalahan jerawat dan kulit berminyak pun juga dapat ditanggulangi secara efektif dan alami. Oleh karena itu, Ada cara untuk menghilangkan komedo membandel dengan buah tomat ini.

Masker Tomat
Terlebih dahulu sediakan satu buah tomat organik, kemudian cucilah tomat tersebut dengan air hingga bersih. Selanjutnya anda bisa memblender tomat tersebut dan usahakanlah tidak terlalu halus, atau bisa sedikit kasar. Kemudian tuangkan tomat yang sudah dihaluskan tadi ke dalam satu wadah kecil. Setelah proses pembuatan masker tomat selesai, barulah anda bisa menerapkannya pada kulit wajah secara perlahan dan merata.

Ingatlah, di saat mengoleskan masker tomat ke wajah, sebaiknya jangan sampai terkena mata dan mulut. Diamkan dalam kurun waktu 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Jika kulit yang anda miliki termasuk tipe kulit kering, gunakanlah pelembab untuk mengimbanginya. Terapkan secara teratur hingga komedo dapat dibersihkan secara tuntas.

4. Alpukat
image: boldsky.com
Terpaut pada kandungan nutrisi dan lemak sehat yang terdapat pada buah alpukat, Memang cukup manjur untuk menangani permasalahan kulit. Di antaranya kandungan vitamin E, Betakaroten yang berperan sebagai Antioksidan, magnesium, kalium dan kadar HDL, yang semuanya itu membantu untuk menghilangkan komedo secara alami. Untuk mengolah buah enak ini, ada beberapa metode yang bisa anda pilih sebagai berikut :

A. Alpukat Sebagai Scrub Atau Masker
Anda juga bisa menggunakan buah Alpukat sebagai scrub alami untuk menghilangkan komedo. Tumbuk atau haluskan saja daging buah alpukat secukupnya. Dan ingat dalam menumbuk buah ini jangan sampai terlalu halus, usahakan sedikit agak kasar atau masih memiliki butiran-butiran kecil. Kemudian tuangkan ke dalam mangkuk, barulah anda bisa menerapkan pada kulit yang terdapat komedo, Baik itu komedo di bagian hidung maupun wajah secara perlahan dengan gerakan memutar. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hangat jika sudah selesai.

B. Kombinasi Alpukat + Madu
Proses pembuatan dengan kombinasi kedua bahan ini juga sangat mudah diterapkan. Siapkan satu buah alpukat dan ambil daging buahnya, kemudian haluskan dan tuangkan ke dalam mangkuk, serta tambahkan madu murni secukupnya saja. Jika masker sudah siap, bersihkan wajah anda dengan air hangat terlebih dahulu, barulah anda bisa menerapkan masker alpukat tersebut pada wajah secara perlahan sampai merata. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan wajah dengan air hingga bersih jika sudah selesai. Terapkanlah cara ini secara rutin dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

C. Mengombinasikan Alpukat, Telur + Susu
Dengan memadukan buah alpukat dengan telur dan susu, Akan membantu kinerja buah yang satu ini bisa berfungsi secara maksimal dalam menghilangkan kulit berkomedo. Dan cara pembuatannya pun juga cukup gampang. Sediakan Alpukat yang sudah di haluskan, kemudian tuangkan ke dalam telur yang sudah dikocok hingga berbusa dalam satu mangkuk. Lalu tambahkanlah susu secukupnya saja, barulah anda bisa menerapkan masker kombinasi tersebut pada bagian kulit yang berkomedo. Terapkan cara tersebut secara teratur hingga komedo dapat dibersihkan dengan cepat dan mudah.

5. Bengkuang
image: bintang.com
Siapa yang tak mengenal manfaat buah bengkuang yang berdaging putih ini..?. Tentu banyak sekali produk kosmetik yang tak mau lepas untuk menjadikan buah ini sebagai bahan dasar perawatan kulit. Oleh karena itu, Anda pun bisa menggunakan bahan tersebut secara manual untuk menghilangkan komedo dengan alami. 

Yang mana kandungan vitamin C sebagai Antioksidan dan sari pati buah ini, Cukup berguna untuk menuntaskan berbagai permasalahan kulit pada tubuh. Layaknya menjadikan kulit semakin cerah, bebas jerawat, dan terhindar dari penuaan dini. Nah.. Cara untuk pembuatan bahan pembersih komedo dengan buah ini sebagai berikut :

A. Bengkuang + Jeruk Nipis Sebagai Masker
Sediakan satu buah bengkuang yang sudah dikupas kulitnya, kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Lalu blender hingga halus, serta tambahkan tetesan air jeruk nipis di dalamnya. Jika semua bahan sudah dihaluskan, anda bisa menuangkan ke dalam satu mangkuk. Barulah anda bisa membuat sebagai masker, dan memoleskan di bagian kulit berkomedo secara merata. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air jika sudah selesai. Lakukan cara tersebut secara perlahan dan teratur.

B. Menambahkan Bengkuang Bersama Tepung Beras
Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam mengangkat komedo pada kulit tubuh anda, Tambahkan juga satu sampai dua sendok tepung beras ke dalam masker bengkuang tersebut, dan tambah sedikit air untuk mengatur tingkat kekentalan. Poleskan campuran masker tersebut pada bagian kulit yang berkomedo, dengan diiringi pijatan secara perlahan selama 10 menit. Setelah itu diamkan sebentar dan bersihkan dengan air biasa.

6. Stroberi 
image: healthmango.com
Terdapatnya kandungan Alpha Hydroxy Acids atau AHA pada buah stroberi, akan memberikan khasiat untuk menangkal sel kulit mati, dan mengatur produksi minyak di kulit wajah anda. Bahkan di dalam buah ini juga diperkaya dengan Salisilat, yang mampu berperan sebagai penghilang komedo, dan bersihkan pori-pori terhadap noda membelit. Sementara cara mengolah buah ini juga tidak sulit, berikut tutorialnya :

A. Membuat Stroberi Untuk Masker
Caranya : Siapkan saja dua buah stroberi dan tumbuk dengan kondisi sedikit kasar atau tidak terlalu halus. Kemudian tuangkan dalam mangkuk, Lalu menerapkannya ke bagian wajah yang berkomedo. Diamkan selama beberapa menit untuk meraih hasil yang maksimal.

B. Campurkan Stroberi, Madu + Air Lemon
Untuk membuat kombinasi masker alami penghilang komedo, Anda bisa langsung menghaluskan secara bersamaan dua buah stroberi, madu, dan air lemon. Kemudian taruhlah dalam satu wadah dan terapkan di wajah secara merata dan perlahan. Ingat, jangan lupa untuk memberikan sedikit pijatan lembut ketika mengoleskan masker kombinasi tersebut. Diamkan sejenak dan bilas wajah anda dengan air hangat secukupnya.

C. Kombinasi Stroberi, Air Mawar + Minyak Zaitun
Dengan memanfaatkan stroberi dan dipadukan dengan kedua bahan ini, memang dapat menghilangkan komedo lebih mudah dan cepat. Caranya sediakan dua buah stroberi, kemudian tambahkan air mawar dan minyak zaitun untuk dihaluskan atau diblender. Selanjutnya tuangkan ke dalam mangkuk dan terapkan pada kulit yang berkomedo. 

7. Belimbing Wuluh
image: flickr.com
Kerap kali jenis belimbing yang satu ini dijadikan sebagai bumbu penyedap pada masakan. Namun kandungan asam di dalamnya menjadikan buah yang satu ini cukup manjur untuk perawatan kulit wajah. Salah satunya pada permasalahan komedo, yang bisa ditanggulangi dengan memanfaatkan buah segar ini.

Cara menggunakannya : Sediakan terlebih dahulu sekitar 5 buah belimbing wuluh yang sudah matang, Kemudian tumbuklah atau blender hingga halus. Setelah itu tuangkan dalam satu wadah. Untuk menerapkan belimbing wuluh pada wajah, Anda bisa cuci muka kemudian barulah anda oleskan pada wajah sebagai masker secara perlahan dan merata. Berilah pijatan lembut di saat membalurkannya, Diamkan selama 12 menit dan bilas wajah dengan air hangat.

Dan ingat, Anda sebaiknya menggunakan pelembab setelah pemakaian masker belimbing wuluh tersebut. Hal demikian bertujuan agar kondisi kulit tidak sampai mengering. Sehingga kondisi kulit tetap segar, bersih, dan komedo pun juga dapat dihilangkan secara efektif.

# Menggunakan Daun-daunan :

1. Lidah Buaya
Tanaman ini kerap disapa khas dengan sebutan Aloe Vera. Di mana pada daun lidah buaya memang memiliki jenis dedaunan tebal yang cukup menggema khasiatnya. Kandungan yang terdapat pada daun ini sangat diperkaya dengan sifat Anti-bakteri, yang berguna untuk menangkal infeksi pada kulit. 

Sehingga tidak salah jika anda menggunakannya untuk menghilangkan komedo pada permukaan kulit tubuh. Selain itu, Lidah buaya juga terdapat kandungan vitamin E dan A, yang mampu mengatasi sel kulit mati, dan sekaligus menjadikan kondisi kulit lebih cerah. Lidah buaya juga mengeluarkan begitu banyak lendir yang berbau khas, yang tak disangka mampu berkhasiat sebagai penghilang komedo. Berikut cara menerapkannya :

A. Jadikan Lidah Buaya Sebagai Masker Alami
Anda bisa langsung menggunakan daun lidah buaya ini pada daging atau lendirnya sebagai masker di kulit wajah. Namun terlebih dahulu anda harus mencuci muka sebelum menggunakannya. Oleskan secara merata pada area kulit yang terdapat komedo, dan terapkan cara ini sebanyak dua kali sehari secara teratur. 

B. Masker Lidah Buaya Dikombinasikan Mentimun + Oat
Terlebih dahulu anda menghaluskan mentimun yang sudah diiris, dan campurkan juga gel lidah buaya secukupnya. Blender kedua bahan hingga menjadi pasta, kemudian tambahkan Oat Meal, serta campur adonan dengan sebaik mungkin. Setelah itu tuangkan ke dalam mangkuk, dan terapkan Scrub yang dibuat tadi pada kulit wajah hingga merata. Selingi dengan gerakan melingkar dan pijatan lembut. Diamkan 10 menit, Lalu bilas dengan air sampai bersih.

C. Gel Lidah Buaya + Pasta Gigi
Ambil gel lidah buaya untuk dituangkan dalam mangkuk kecil. Selanjutnya anda bisa mencampurkan gel tersebut dengan pasta gigi sampai rata. Setelah itu terapkan masker campuran tersebut pada kulit wajah yang berkomedo secara perlahan. Diamkan selama beberapa menit, hingga mengeluarkan efek sedikit hangat di kulit. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan air hangat. 

2. Daun Jambu Biji
image: thealthbenefitsof.com
Bagaimanapun bentuknya, Daun jambu biji ini memang cukup dikenal dengan kandungan Antioksidan, Anti bakteri, Anti-inflamasi, serta Analgesik di dalamnya. Yang mana akan berguna sekali untuk membuat kulit tubuh bisa terbebas dari permasalahan, terlebih lagi munculnya komedo. 

Cara Menggunakan Daun Jambu Biji Sebagai Masker
Siapkan saja beberapa lembar daun jambu biji, kemudian haluskan dengan menambahkan sedikit air, Agar kekentalannya bisa terukur. Jika daun hijau ini sudah dihaluskan sampai bertekstur lembut, anda bisa menuangkan dalam wadah dan oleskan sebagai masker di wajah. Terapkan bagian kulit yang terdapat komedo, dengan teknik memutar dan sedikit pijatan lembut. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air. Agar bisa mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menerapkannya secara rutin dan teratur, sampai komedo dapat dibersihkan secara menyeluruh.

3. Daun Pandan
Pada daun hijau yang memanjang ini juga memiliki kandungan yang tidak kalah dari jenis dedaunan lainnya. Daun pandan diperkaya dengan Antioksidan yang cukup kuat, beserta senyawa alami lainnya, yang berguna untuk menyehatkan kulit di tubuh anda. Salah satunya dijadikan ramuan alami dalam membasmi komedo.

A. Membuat Daun Pandan Untuk Masker
Sediakan air perasan daun pandan secukupnya, kemudian kombinasikan buah pisang, satu sendok teh madu, seperempat sendok teh minyak zaitun, dan sertakan air perasan jeruk nipis secukupnya. Olah adonan tersebut hingga tercampur rata, setelah itu barulah anda menjadikan masker alami untuk memutihkan kulit, menghilangkan bercak hitam serta komedo di wajah anda. Cara tersebut memang cukup ampuh untuk menghilangkan komedo dengan cepat dan lebih efektif. Lakukan secara rutin dan teratur selama 3 kali sehari dalam seminggu.

B. Scrub Daun pandan
Untuk permasalahan komedo di bagian hidung, Anda bisa menggunakan air daun pandan, jeruk nipis dan madu, kemudian campurkan semua bahan dalam satu mangkuk. Aduk-aduk hingga merata, kemudian oleskan scrub di bagian kulit hidung secara perlahan, serta beri pijatan lembut. Diamkan selama beberapa saat, kemudian basuhlah dengan air dan rasakan khasiatnya.

4. Daun Kemangi
Siapa yang belum mengenal jenis daun kemangi yang telah menyebar di Nusantara ini. Dengan menggunakan daun ini, akan mampu menghilangkan sumbatan pada pori-pori kulit di wajah anda. Selain itu, sifat Anti bakteri yang dikandung daun kemangi juga mampu menjaga kesehatan kulit pada tubuh. Dengan begitu, kemangi bisa dimanfaatkan untuk mengatasi komedo secara alami. Cara memanfaatkannya :

A. Menempelkan Langsung Daun Kemangi Di Kulit
Ambil beberapa helai daun kemangi secukupnya, kemudian basahi bagian sisi daun dengan air bersih. Selanjutnya tempelkan pada bagian kulit yang berkomedo. Tunggu selama kurang lebih 6 - 10 menit hingga daun tersebut terlepas sendiri. 

B. Mengolah Kemangi Sebagai Air Rebusan
Untuk meraih hasil yang maksimal, Anda bisa mengolah daun kemangi menjadi air rebusan. Siapkan saja kemangi secukupnya dan cucilah terlebih dahulu. Kemudian rebus dengan air sampai mendidih, dan diamkan selama beberapa menit hingga ramuan daun kemangi berbaur dan siap digunakan. Setelah itu tuangkan dan ambil kapas untuk dicelupkan pada rebusan daun kemangi. Lalu oleskan pada bagian kulit yang berkomedo, dan tunggu hingga mengering. Barulah anda bisa membilasnya dengan air sampai bersih.

C. Daun Kemangi Sebagai Masker
Sediakan daun kemangi segar secukupnya, kemudian anda bisa menumbuk atau memblendernya. Setelah daun ini dihaluskan, anda bisa mengoleskan masker daun kemangi pada bagian kulit wajah hingga merata. Diamkan selama beberapa menit agar kandungan daun kemangi mampu diserap oleh pori-pori kulit. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan air hangat sampai bersih. Terapkan cara tersebut selama beberapa hari, sampai komedo di kulit wajah bisa dihilangkan secara efektif.

5. Daun Sirih
image: beautyhealthtips.in
Kandungan Minyak Atsiri yang terdapat pada daun sirih memang cukup berkhasiat untuk kulit tubuh anda. Termasuk permasalahan kulit berkomedo, yang akan mampu dibersihkan dengan bahan alami yang satu ini. Lantas bagaimana caranya ….?

Mengolah Daun Sirih Menjadi Air Rebusan
Siapkan saja beberapa lembar daun sirih, kemudian cuci dengan air hingga bersih. Rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air, biarkan hingga tersisa 2 gelas. Tutup rapat ketika anda merebusnya. Setelah proses perebusan usai, Anda bisa menuangkannya dalam satu wadah atau baskom. Kemudian gunakanlah air rebusan daun sirih untuk membilas kulit wajah yang berkomedo, Terapkan selama 3 kali sehari secara rutin. 

# Menghilangkan Komedo, Tips Alami Lainnya :  

1. Putih Telur
Penggunaan putih telur tidak hanya tenar untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh saja. Namun juga cukup populer untuk mengatasi komedo secara efektif dan alami. Nah.. caranya sebagai berikut :

A. Putih Telur Sebagai Masker wajah
Sediakan putih telur dalam satu mangkuk kecil. Kemudian balurkan secara perlahan pada seluruh area wajah dengan merata, dan jangan lupa untuk mengoleskannya pada bagian yang terdapat komedo. Diamkanlah selama 15 menit agar mampu mengering. Setelah itu bilas wajah dengan air biasa. Lakukan cara tersebut secara rutin hingga kondisi kulit di tubuh terasa lebih kencang, serta keberadaan komedo juga dapat dihilangkan secara maksimal.

B. Kombinasi Putih Telur + Madu
Untuk mengombinasikan putih telur dengan madu, maka anda dapat mencampurkannya menjadi satu ke dalam mangkuk. Kemudian aduklah hingga merata, dan pastikan bahwa ramuan sudah benar-benar tercampur. Setelah itu oleskan adonan yang sudah dibuat pada bagian kulit yang berkomedo. Diamkan selama beberapa menit sampai mengering, Barulah anda bisa membilasnya dengar air setelah selesai menerapkannya. 

C. Campuran Putih Telur + Gel Lidah Buaya
Campurkan gel lidah buaya ke dalam putih telur yang sudah anda sajikan dalam satu wadah. Dan jangan lupa untuk mengaduk kedua bahan sampai benar-benar merata. Setelah itu, Anda bisa menerapkan adonan yang dibuat pada bagian kulit yang terdapat komedo. Tunggulah selama 10 menit, Kemudian bersihkan dengan air hangat agar komedo dapat dihilangkan secara maksimal.

2. Minyak Pohon Teh
Perlu anda tahu, Bahwa keberadaan sifat Antiseptik yang terkandung pada minyak yang terbuat dari pohon teh, memang bisa digunakan sebagai penghilang komedo di hidung secara alami. Selain itu, minyak ajaib ini juga dikenal manjur untuk menghindarkan kulit tubuh dari noda atau bercak.

Cara penggunaannya : Anda bisa mengoleskan minyak pohon teh ini pada area wajah, terlebih lagi di bagian hidung yang kerap diserang komedo. Dan ingat untuk memberikan sedikit pijatan lembut, agar komedo lebih mudah dihilangkan. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur.

3. Memanfaatkan Uap Air Panas
Penggunaan uap air mendidih juga mampu membuat pori-pori kulit di wajah terbuka, sehingga  munculnya komedo ini bisa lebih mudah untuk dihilangkan. Selain itu, cara ini juga mampu mencegah kulit agar terhindar dari berbagai macam noda. Namun agar mampu mendapat hasil yang maksimal, setidaknya anda bisa mengondisikan bagian kepala tertutup dengan kain atau handuk. Hal itu bertujuan agar uap air panas tersebut mampu terserap secara maksimal pada bagian kulit wajah yang berkomedo.

4. Pakai Baking Soda
image: domesticblisssquared.com
Memang pada baking soda ini terdapat senyawa yang memiliki efek memutihkan kulit. Namun untuk menggunakan baking soda sebagai pembersih komedo, anda bisa lebih memperhatikan langkah-langkahnya.

Pertama,  Tuangkan baking soda dan air secukupnya dalam satu mangkuk kecil. Kemudian aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan pasta baking soda pada area kulit yang berkomedo, Diamkan selama beberapa menit hingga mengering, dan bilas dengan air secukupnya.

5. Kayu Manis Sebagai Scrub
Kayu manis memang cukup berkhasiat dalam hal perawatan kulit. Terlebih lagi untuk menghilangkan komedo di bagian pori-pori kulit. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan satu sendok teh kayu manis dengan satu sendok teh madu murni. Kemudian aduk hingga kedua bahan tercampur rata. Setelah itu terapkan pada kulit di wajah maupun di hidung. Selanjutnya diamkan selama 10 menit, agar ramuan tadi dapat diserap oleh pori-pori kulit secara maksimal. Barulah anda dapat membilasnya dengan air hangat.

6. Memanfaatkan Kulit Jeruk
Tahukah anda bahwa kulit jeruk memang banyak kandungan vitamin C di dalamnya. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkannya untuk menyehatkan kulit di tubuh. Layaknya permasalahan komedo.

Cara pembuatannya : Sediakan beberapa kulit jeruk secukupnya dan bersihkan dengan air. Setelah itu anda bisa melumat atau menumbuknya sampai halus. Tambahkan sedikit air untuk mengatur kadar kekentalannya. Tuangkan dalam mangkuk, barulah anda bisa mengoleskannya pada bagian kulit wajah atau hidung yang terdapat komedo. Lalu diamkan selama beberapa menit hingga mengering, dan bilas dengan air yang bersih.

7. Garam Dapur
Terdapatnya kandungan Natrium pada garam memang mampu untuk menjadikan pori-pori kulit terbuka, dan menekan noda di kulit untuk keluar. Oleh karena itulah, bahan dapur ini juga mampu membantu untuk menyingkirkan komedo secara alami. 

Dengan memanfaatkan air garam sebagai perawatan untuk kulit wajah, memang bisa anda terapkan. Balurlah kulit yang berkomedo secara rutin dan teratur, hingga komedo dapat dibersihkan secara keseluruhan. Dan ingat, bahwa dalam membalurkan air garam ini di bagian kulit, Hendaknya menyelingi dengan pijatan lembut dan perlahan.

8. Ampas Kopi atau Bubuk Kopi
image: dailymakeover.com
Pada ampas kopi ini memang menyimpan khasiat dalam perawatan kulit. Salah satunya untuk menghilangkan komedo di hidung atau wajah. Untuk menggunakannya, Anda bisa menguapi kulit wajah dengan uap air panas dahulu, Dan barulah membalurkan ampas kopi basah pada area kulit yang terdapat komedo. Kemudian mendiamkannya selama beberapa menit, hingga semua minyak dan noda di kulit mampu terangkat secara maksimal. Nah.... Dengan menerapkan treatment tersebut, maka komedo mampu dihilangkan secara sempurna.
Artikel Terkait