Deretan Buah Ini Bantu Mengatasi Penyakit Diabetes

image: .boldsky.com
Kerusakan hormon insulin dalam tubuh, tentunya akan memicu kadar gula di dalam darah semakin meningkat drastis. Akibatnya menimbulkan penyakit diabetes melitus yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Bahkan penyakit ini telah menyerang banyak orang, dan semakin hari semakin banyak pula jumlah penderitanya. Yang mana tubuh sudah tidak mampu lagi untuk mengolah kadar gula untuk dijadikan energi, sehingga timbullah sebuah persoalan yang cukup mengkhawatirkan ini.

Kemunculan diabetes melitus bisa juga merembet pada permasalahan komplikasi yang cukup mematikan. Di mana jika tubuh telah mengolah lemak sebagai bahan bakar pengganti glukosa yang secara terus menerus, akan menghasilkan senyawa bersifat asam yang cukup berbahaya yaitu ‘’Katone’’. Oleh karena itu tidak sedikit pula perlengkapan medis dan obat diabetes yang telah tersedia untuk penyembuhan secara efektif.

Dan tahukah anda, bahwa dengan memanfaatkan buah-buahan segar yang ada di sekitar kita, memang juga bisa menjadi cara lain untuk menanggulangi diabetes melitus secara alami. Sehingga anda pun bisa mengonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai langkah pencegahan agar penyakit semacam ini tidak sampai menjalar ke berbagai gangguan tubuh lainnya.

Lantas, apa saja buah yang bisa membantu menanggulangi jenis penyakit ini..?

Berdasarkan hasil penelitian yang berada di Harvard School Of Public Health, menunjukkan bahwa tiga macam buah ini menjadikan tubuh memiliki risiko lebih rendah terhadap diabetes tipe 2, Buah tersebut yaitu :

1. Pir
Ragam manfaat buah pir ini memang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Jika menyimak dari segi kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, buah ini diperkaya oleh serat yang cukup efektif mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu mengonsumsi buah pir juga baik untuk pencernaan dan menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Untuk mempercepat proses penyembuhan diabetes, anda bisa mengonsumsi buah ini secara teratur.

2. Blue Berry
Berdasarkan hasil penelitian yang ada pada American Diabetes Association, juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi blue berry memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

3. Apel
Hasil penelitian di Harvard School Of Public Health, juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lima butir buah apel dalam kurun waktu satu Minggu, akan memiliki risiko jauh lebih rendah untuk terkena penyakit diabetes tipe 2. Apel memang menjadikan makanan sehat untuk penderita diabetes. Karena kandungan Pectin yang cukup tinggi , rendah GI, serta serat yang mampu mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu, buah Apel juga membantu menurunkan kolesterol jahat, menyehatkan fungsi usus, dan menjadi buah Anti-inflamasi yang dapat menuntaskan infeksi bagi penderita diabetes.

Selain ketiga buah tersebut, Anda pun bisa mencoba jenis buah-buahan lain yang tak kalah manjur untuk mencegah sekaligus mempercepat proses penyembuhan dari diabetes melitus.

- Ceri
Bila disimak semakin mendalam, kandungan buah Ceri juga mampu menjadi makanan enak yang menyehatkan bagi penderita diabetes. Di antaranya tinggi Antioksidan yang kerap dikenal Antosianin, dan berperan sebagai Anti-inflamasi serta Anti-penuaan. Dengan mengonsumsi buah ceri ini setiap hari secara rutin sebanyak 10 butir, akan membantu menstabilkan kadar gula dalam tubuh. 

- Persik
Kandungan yang terdapat pada buah persik di antaranya  rendah GI, serat alami, kaya vitamin C, dan tinggi antioksidan. Yang mana semuanya itu cukup menyehatkan bagi para penderita diabetes.  

- Jeruk
Untuk memperlambat penyerapan tubuh dari kadar gula yang berlebih, anda bisa memanfaatkan serat pada buah jeruk ini. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya juga cukup baik untuk menyehatkan jantung pada tubuh anda.
Artikel Terkait