7 Kiat Tingkatkan Daya Ingat Dan Kinerja Otak

image: healthaim.com
Otak merupakan salah satu organ dari bagian kepala yang paling penting, karena otak memiliki fungsi untuk pengendalian yang menentukan kesehatan kita. Jika kita memiliki otak yang sehat atau otak normal, maka perilaku yang muncul pada diri kita akan selalu normal. Tapi sebaliknya, jika kita memiliki otak yang kurang normal atau di bawah normal, maka perilaku yang muncul juga akan menjadi kurang wajar. 

Seiring dengan bertambahnya usia pada diri kita, Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga daya ingat otak agar tetap optimal. Karena semakin usia kita bertambah, Banyak sekali pengaruhnya terhadap kinerja organ tubuh kita, salah satunya daya ingat yang melemah. 

Nah, sementara dalam menjaga daya ingat otak agar selalu bekerja dengan maksimal, maka kita bisa menerapkan beberapa hal dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kinerja dan daya ingat otak akan bisa terjaga, meskipun usia semakin bertambah.

Berikut beberapa kiat dalam menjaga otak, Agar memiliki daya ingat atau kinerja yang maksimal :

1. Memakai Pakaian Formal atau Rapi
Apa hubungannya otak sama pakaian, Mungkin agak aneh bukan?. Nah.. Saat kita memakai pakaian yang bersih dan formal, pasti kita akan terlihat lebih percaya diri. Di sisi lain, seseorang yang terlihat lebih percaya diri akan memiliki pola pikir yang lebih konseptual dan serius. Begitupun kebalikannya, jika seseorang memakai pakaian yang kurang rapi, pasti akan mengalami situasi yang tidak jauh dari berdiam diri dan kurang percaya diri.

2. Jalan - Jalan
Banyak sekali manfaat jalan kaki yang kerap diabaikan, terutama untuk kesehatan tubuh. Karena di saat kita berjalan, Akan terjadi suatu tekanan pada telapak kaki yang banyak menghubungkan syaraf-syaraf di bagian tubuh kita. Selain itu, manfaat dari jalan kaki juga bisa mencegah datangnya pikun di saat kita sudah tua nanti. Banyak sekali yang dapat kita rasakan saat kita sedang jalan kaki, yang mana  juga akan menjadikan memori kita bekerja secara optimal, dan terbebas dari ketegangan berpikir.

3. Tidak Selalu Bergantung Pengetahuan Pada Internet
Ketergantungan pengetahuan pada internet sudah banyak dilakukan oleh semua orang, Bahkan anak-anak juga sering melakukan rutinitas ini. Hal tersebut juga akan mengakibatkan kinerja otak kita semakin menurun, dan menjadi malas-malasan untuk berpikir. Pada akhirnya otak kita akan menjadi lemah, karena tidak sering terlatih untuk berpikir. Oleh karena itu jangan terlalu sering menggantungkan pengetahuan pada internet, namun manfaatkan dunia internet seperlunya saja.

4. Belajar Bahasa Lain
Mempelajari bahasa asing atau memulai rutinitas yang baru dalam kehidupan, akan bisa membantu daya ingat otak kita. Karena di sinilah otak Hippocampus dan Cerebral Cortex akan bekerja maksimal, serta aktif dalam aktivitas kita. Fungsi bagian kedua otak ini adalah untuk mengingat informasi yang di dapat, serta melakukan kreativitas baru yang kita lakukan.

5. Istirahat Yang Cukup
Istirahat merupakan salah satu cara penting agar kita bisa menjaga kondisi otak dari pikiran jenuh dan penat. Di saat kita tidur, maka sama halnya kita mengistirahatkan otak serta merelaksasikannya. Oleh sebab itu banyak orang yang bilang setelah bangun tidur malam, Otak kita akan terasa segar dan rileks kembali. Hal tersebut dikarenakan otak akan membuang sebagian hal yang tidak penting dalam pikiran kita.

6. Relaksasi Otak
Banyak sekali manfaat dari relaksasi otak ini. Selain untuk menjaga otak dari kejenuhan, relaksasi juga bermanfaat untuk menjaga otak agar tetap cerdas dalam berpikir. Dalam relaksasi otak, kita bisa mendengarkan musik yang kita sukai, atau bisa memandang keindahan alam. Untuk itu melakukan relaksasi sangat penting untuk menjaga kecerdasan otak, serta mengurangi risiko pikun di usia senja.

7. Senam Otak
Senam otak juga merupakan rutinitas yang perlu kita perhatikan, Namun sebagian orang jarang menerapkan hal ini. Padahal ada banyak manfaat dari senam otak ini, Antara lain adalah meningkatkan daya ingat, berpikir menjadi lebih cepat, serta membantu mengurangi kepikunan di usia lanjut.
Artikel Terkait