9 Cara Ketahui Kesehatan Anda Dengan Bau Dan Kondisi Urin

Picture: healthyhomestead.com
Mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara berkala memang sangat diperlukan. Hal demikian bertujuan agar kita bisa tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh kita. Tahukah Anda?, Bahwa bau dan kondisi air urin juga bisa menunjukkan seberapa sehat kondisi tubuh Anda. Ya, Hanya dilihat dari keadaan urin maka seseorang dapat diketahui  kemungkinan terkena penyakit atau tidak.

Nah, sekarang coba lihat air urin Anda, bila berwarna kuning dan tidak berbau menyengat berarti Anda normal. Selain itu yang dapat membuktikan bahwa Anda tidak sakit ialah frekuensi pengeluaran air pipis Anda, Namun hal ini jika tidak ada penyebab sebelumnya. Bila terdapat perbedaan dari kewajaran tersebut berarti terdapat masalah dalam tubuh Anda.

Akan tetapi ada juga beberapa keadaan fisik urin yang perlu diperhatikan untuk mengetahui kesehatan Anda. Berikut beberapa cara untuk mengetahui kesehatan tubuh anda dengan mengetahui kondisi urin.

1. Bau Urin Seperti Bau Terbakar
Bila hal ini terjadi pada Anda, berarti itu adalah tanda bahwa adanya infeksi saluran kemih. Infeksi tersebut terjadi karena adanya bibit penyakit yang dapat menimbulkan penyakit menular seksual.

2. Bau Urin Manis
Bila air urin Anda memiliki bau manis, hal tersebut berarti terdapat kandungan gula dalam darah yang tinggi. Dan bila hal ini terjadi, Anda berisiko mengalami diabetes bila tidak segera diatasi. Tidak hanya itu saja, air urin ini juga dapat dikerubungi semut. Dengan bau seperti itu tidak berarti telah dipengaruhi oleh makanan manis, lebih baik konsultasikan dahulu ke dokter.

3. Urin Membentuk Seperti Busa
Urin normal biasanya tidak berbusa. Jika urin membentuk busa, berarti di dalam tubuh Anda terkena infeksi karena ekskresi bakteri dan leukosit. Segeralah minum banyak air putih atau air kelapa muda yang dapat menetralkan dan menghilangkan racun dalam tubuh. Bila keadaan urin tetap berlanjut sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

4. Urin Terlihat Sedikit Merah
Jika air urin Anda berwarna seperti itu, karena telah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung pigmen merah seperti pada blueberry dan bit. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena secara perlahan warna air pipis Anda akan kembali normal. Tetapi bila hal tersebut terjadi karena hal yang tidak jelas, Anda harus berkonsultasi pada dokter, kemungkinan ada penyakit atau tubuh Anda terkena infeksi.

5. Urin Berbau Busuk
Urin berbau busuk ini mirip dengan bau busuk pada ikan. Hal tersebut adalah tanda bahwa Anda terkena infeksi, karena pada umumnya urin tidak memiliki bau yang sangat menyengat.

6. Adanya Darah Dalam Urin
Hal tersebut berarti menandakan bahwa Anda sedang terkena penyakit yang biasa disebut hematuria. Pada umumnya bila ini terjadi, maka penderita akan merasakan nyeri. Hal ini terjadi karena adanya infeksi, kanker, atau batu pada saluran kencing.

7. Berwarna Cokelat Gelap
Jika urin Anda berwarna cokelat gelap, berarti itu adalah tanda bahwa Anda terkena penyakit seperti hati atau gagal ginjal. Tetapi juga ada kemungkinan karena Anda mengonsumsi antibiotik atau relaksasi otot.

8. Urin Berwarna Hijau
Hal tersebut terjadi karena Anda mengonsumsi makanan yang ada pewarna makanannya atau karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Selain itu ada juga kemungkinan bahwa Anda terkena infeksi pada kandung kemih Anda. Konsumsilah air mineral lebih banyak untuk mengetahui apakah urin Anda tetap hijau atau mulai normal kembali.

9. Bau Urin Seperti Amonia
Anda tidak perlu khawatir bila hal ini terjadi pada Anda, karena hal tersebut tidak menunjukkan bahwa Anda sedang sakit. Hal tersebut terjadi karena Anda mengalami dehidrasi. Maka minumlah banyak air putih agar urin Anda kembali normal.

Selain dilihat dari warna dan bentuk urin, Anda juga dapat mengetahui kondisi tubuh Anda dengan cara kebiasaan Anda membuang air kecil. Pada umumnya jika Anda banyak mengonsumsi air mineral, maka secara normal pasti Anda sering buang air kecil. Tetapi bila hal tersebut terjadi tanpa Anda mengonsumsi air yang banyak, berarti Anda sedang mengalami ISK.

Jika Anda buang air setiap 2 jam, berarti sudah termasuk sering buang air kecil. Ada juga yang mengatakan bahwa hal tersebut menandakan Anda terkena penyakit diabetes, Adanya pembengkakan, atau terjadi infeksi uretra. Selain itu juga ada kemungkinan adanya vaginitis (pembengkakan atau debit vag*na dan vulva). Bila itu terjadi sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Jika ada tanda-tanda seperti di atas sebaiknya jangan dibiarkan, segera periksakan tubuh anda secara medis, agar tidak terjadi gangguan penyakit pada tubuh yang lebih parah.

Baca Juga :  6 Fakta Menarik Tentang Urin Yang Harus Diketahui  
Artikel Terkait