18 Manfaat Dan Khasiat Buah Alpukat yang Luar Biasa

Picture: steptohealth.co.uk
Buah alpukat adalah salah satu buah yang sering dikonsumsi di berbagai wilayah di negara kita. Banyak seseorang yang mengenal akan kekayaan kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi dan bagus untuk kesehatan kita. Sehingga pada kebanyakan orang suka dengan buah tersebut. Buah alpukat memiliki bentuk lonjong agak bulat, Memiliki daging yang tebal, dan biji buah alpukat menyerupai bentuk buah sawo.

Buah tersebut memiliki warna yang menarik, kulitnya berwarna hijau matang, sehingga terlihat segar dan mempunyai daging yang empuk. Rasa buah alpukat sangat enak dan lezat. Buah ini sangat mudah didapatkan, karena buah alpukat juga banyak di jual di Pasaran, Swalayan, bahkan hingga ke pasar tradisional di seluruh Indonesia.

Tanaman alpukat bisa tumbuh di dua wilayah, yakni di dataran tinggi dan dataran rendah. Oleh karena itu banyak warga negara Indonesia yang suka membudidayakan buah alpukat ini. Buah tersebut memiliki harga terjangkau, dan tentunya mempunyai banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Karena dalam buah alpukat terdapat banyak kandungan senyawa alami yang sangat kompleks.

Nah, Di bawah ini adalah beragam kandungan yang dimiliki oleh buah Alpukat:

1. Lemak Nabati
Lemak nabati adalah lemak yang baik untuk kebutuhan tubuh kita. Karena lemak ini mempunyai peran yang sangat penting untuk penghancur kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu lemak nabati juga
berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh kita.

2. Vitamin A
Kandungan vitamin A pada buah alpukat mempunyai peran sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk perawatan kulit. Maka dari itu buah alpukat ini sangat efektif untuk mencegah kulit kita agar tidak terlihat kerut dan tua.

3. Asam Oleat
Asam oleat adalah salah satu senyawa yang mengandung antioksidan tingkat tinggi. Fungsi antioksidan di dalam tubuh sangatlah penting, karena antioksidan ini adalah senyawa yang mampu untuk menambah kekebalan pada tubuh kita.

4. Potasium
Fungsi potasium dalam tubuh kita adalah untuk mencegah pengendapan cairan dalam tubuh, sehingga dapat membantu untuk menurunkan risiko terjadinya darah tinggi.

5. Zat Besi
Kandungan zat besi dalam alpukat tidak sedikit. Karena itu seseorang kebanyakan mengonsumsi buah ini untuk membantu menambah pasokan darah merah, dan terbebas dari penyakit anemia.

6. Protein
Pada buah alpukat terdapat sekitar 4 gram protein dalam setiap buahnya, kandungan protein dalam buah ini sangat penting untuk kesehatan sel sel dalam tubuh.


Selain itu juga ada banyak manfaat yang didapat dari mengonsumsi buah Alpukat. Yakni salah satunya untuk kesehatan tubuh manusia, dan banyak juga yang menggunakan buah ini sebagai bahan alami untuk kecantikan.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dan khasiat yang dihasilkan oleh buah alpukat :
1. Mengurangi risiko terjadinya diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Seseorang yang terserang penyakit diabetes yang sudah memasuki tingkat atas, risiko terburuk yang akan dialami penderita adalah kehilangan sebagian organ yang terserang diabetes tersebut. Salah satu cara untuk mengurangi risiko diabetes secara alami adalah dengan banyak mengonsumsi buah alpukat secara langsung, atau bisa juga disajikan dalam bentuk jus buah.

2. Menyembuhkan radang sendi
Penyakit radang sendi dan encok sangat sering terjadi pada seseorang yang bekerja keras. Karena terlalu sering mengangkat beban berat tanpa alat apapun, akan mempermudah terjadinya radang sendi atau biasa disebut encok. Khasiat dari buah alpukat ini sangat berguna untuk penyembuhan sakit encok tersebut. Dengan sering sering mengonsumsi buah alpukat akan menyembuhkan sakit encok tersebut.
Picture: beautyandtips.com
3. Mencegah darah tinggi
Darah tinggi adalah penyakit yang tergolong berbahaya. Karena tekanan darah tinggi adalah salah satu gejala awal dari penyakit stroke. Untuk mencegah terjadinya stroke, kita harus menjaga kondisi kesehatan badan kita agar tetap stabil. Sementara cara alami untuk mencegah terjadinya penyakit darah tinggi kita harus rajin mengonsumsi buah alpukat setiap hari.

4. Meningkatkan sistem imun
Meningkatkan kekebalan tubuh sangat penting untuk kita, Terutama pada anak-anak yang sering terserang penyakit. Cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, Salah satunya dengan mengonsumsi buah alpukat.

5. Mencegah kanker
Kanker adalah salah satu penyakit yang berasal dari sel kanker jahat, yang terdapat di dalam tubuh setiap orang. Penyakit kanker ini tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Nah, Upaya untuk mencegah penyakit kanker ini adalah dengan mengonsumsi daging buah alpukat setiap hari. Karena dalam buah alpukat terdapat antioksidan tingkat tinggi yang mampu membunuh sel sel kanker jahat.

6. Membantu menyehatkan mata
Mata adalah salah satu organ penglihatan paling penting dalam tubuh manusia. Karena dengan adanya mata kita bisa melakukan apa yang kita mau, tentunya hal yang bermanfaat. Untuk itu kita harus bisa menjaga pola makan agar terhindar dari penyakit mata. Kita juga dapat menggunakan khasiat dari buah alpukat untuk menjaga kesehatan mata, agar tetap kebal terhadap serangan penyakit.

7. Penangkal radikal bebas
Radikal bebas disebabkan oleh polusi kendaraan dan juga sinar matahari. Dampak radikal bebas ini sangat buruk untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu kita harus sering sering mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi layaknya Alpukat, sehingga bisa menangkal efek terjadinya risiko radikal bebas.

8. Mencegah cacat pada kelahiran anak
Buah alpukat merupakan buah yang dikenal mengandung senyawa asam folat. Asam folat mempunyai fungsi penting untuk ibu yang sedang mengandung. Karena dengan banyaknya senyawa asam folat ini bisa membantu mencegah terjadinya cacat lahir seperti Spinabifida.

9. Mengurangi risiko stroke
Penyakit stroke ini adalah tersumbatnya pembuluh saluran darah yang menuju ke jaringan otak, sehingga pasokan darah ke otak berkurang dan menyebabkan kematian pada jaringan otak. Salah satu cara alami untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara mengonsumsi buah alpukat secara rutin. Karena dalam buah alpukat ini terdapat kandungan asam folat yang bisa mengurangi terjadinya penyakit stroke.

10. Baik untuk pertumbuhan rambut
Selain untuk dimakan secara langsung, daging buah alpukat juga dapat digunakan untuk kondisioner, Yaitu membantu menyuburkan pertumbuhan pada akar rambut. Caranya cukup mudah, Ambil satu buah alpukat dan ambil dagingnya, setelah itu langsung bisa dioleskan ke rambut kita secukupnya. Diamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hingga bersih. Gunakan setiap hari dan rasakan perbedaannya setelah 2 Minggu.

11. Untuk diet
Salah satu khasiat buah alpukat yang paling populer adalah untuk program diet seseorang. Memakan buah alpukat yang cukup, bisa membuat kita lebih dari kenyang dan mengurangi nafsu makan berlebihan. Maka dari itu banyak orang yang menggunakan buah alpukat ini untuk program diet yang sehat. Ada salah satu tips untuk program diet menggunakan alpukat. Yaitu kita harus rutin memakan alpukat setiap hari sebelum makan. Namun ingat, Lebih baik dikonsumsi secara langsung tanpa menambahkan campuran apapun.
Picture: sott.net
12. Untuk kesehatan kulit
Kesehatan kulit sangat penting untuk setiap orang. Karena dengan kulit yang sehat kita bisa terlihat lebih awet muda dan tidak mudah keriput. Tips untuk membuat kulit kita menjadi sehat dengan buah alpukat, Ambil 1 buah alpukat dan haluskan, setelah itu campur dengan air hangat secukupnya dan aduk sampai mengental. Selanjutnya langsung bisa dibuat luluran di seluruh tubuh kita, termasuk tangan, muka, kaki dan bagian kulit tubuh lainnya.

13. Menjaga kesehatan jantung
Memang, Penyakit jantung sangat berdampak buruk bagi kesehatan semua orang. Penyakit jantung adalah salah satu gejala yang berbahaya, bahkan dalam kondisi yang parah bisa mengancam nyawa seseorang.  Oleh karena itu kita harus rajin untuk menjaga kesehatan jantung kita. Dengan sering sering mengonsumsi buah alpukat, maka kita secara tidak langsung bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

14. Mencegah penyakit anemia
Anemia bisa disebut dengan penyakit kurang darah. Banyak penyebab terjadinya penyakit anemia ini, terutama adalah pola makan kurang sehat dan gaya hidup yang kurang baik. Salah satu cara alami untuk mencegah terjadinya penyakit anemia adalah dengan mengonsumsi buah alpukat. Karena dalam buah alpukat terdapat banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, yakni salah satunya membantu pertumbuhan sel darah merah.

15. Menurunkan kadar kolesterol
Kadar kolesterol yang tinggi memang cukup berbahaya, dikarenakan akan bisa menghambat saluran pembuluh darah dalam tubuh kita. Maka dalam membantu menurunkan risiko terjadinya hal tersebut, kita harus rajin mengonsumsi buah alpukat setiap hari.

16. Sangat baik untuk pertumbuhan bayi
Memberikan Vitamin atau Gizi yang bagus untuk kesehatan tubuh, bisa kita lakukan sejak dini terutama pada bayi. Karena dengan merawat kesehatan tubuh sejak dini, maka bisa membantu menyehatkan dan membantu pertumbuhan sel tubuh yang baik dan sehat.

17. Menjaga kesehatan rambut Anda
Kandungan nutrisi alami yakni Vitamin E pada buah alpukat, sangat berperan aktif dalam membantu menjaga kesehatan rambut Anda. Dengan begitu nutrisi yang diperlukan rambut Anda akan tetap terpenuhi.

18. Mengatasi kulit yang kering
Dalam mengatasi kulit kering, Anda bisa memanfaatkan masker yang terbuat dari buah alpukat. Caranya lembutkan daging buah alpukat, lalu oleskanlah pada kulit anda. Kemudian diamkan sekitar 2 jam, selanjutnya anda bisa membilas dengan air hingga bersih. Dengan melakukan tips ini secara rutin, maka akan membantu menjaga kelembaban kulit Anda.
Artikel Terkait