11 Manfaat Dan Khasiat Buah Merah yang Menakjubkan


Picture: thealthbenefitsof.com
Siapa yang belum tahu akan tanaman buah merah ini, namanya saja terdengar asing di sekeliling kita. Meskipun terdengar asing, buah merah ini banyak dicari seseorang untuk dibuat pengobatan secara herbal. Buah merah kebanyakan terdapat di kawasan Papua, serta buah ini tumbuh sejak zaman dahulu. Buah merah berbentuk lonjong dan panjangnya mencapai 55 sentimeter, serta mempunyai diameter 10-15 sentimeter. Buah tersebut mempunyai rasa asam serta agak sepat, dan teksturnya agak berminyak jika dimakan secara langsung.


Buah merah merupakan buah yang mempunyai kandungan senyawa yang tinggi, sehingga buah ini sekarang banyak difungsikan untuk pengobatan penyakit secara tradisional. Sementara, Penanaman buah ini sangat mempengaruhi kandungan senyawa yang ada di dalam buah merah tersebut. Buah merah jika ditanam di dataran rendah akan menghasilkan antioksidan yang rendah juga. Begitu pula sebaliknya, Jika buah ini ditanam di dataran tinggi maka akan semakin tinggi pula kandungan antioksidannya. Maka dari itu sekarang harga tanaman / buah merah ini bergejolak sangat tinggi, karena khasiatnya yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

# Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Merah :

Terdapat banyak kandungan senyawa yang berperan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Terutama pada buah merah yang terdapat pada dataran tinggi. Karena buah merah yang terdapat di dataran tinggi, kandungan senyawanya lebih banyak lagi. 

Berikut adalah kandungan senyawa alami pada buah merah :

-    Karotena atau Provitamin ( 12.000 ppm  )
Karotena adalah sekumpulan senyawa yang besar dan terdapat di dalam golongan senyawa karotenoid. Secara biokimia, karotena tergolong senyawa terpenoid, yang mempunyai proses secara biokimia dari satuan isoprena. Karotena dipecah di dalam tubuh dari usus kecil setelah itu senyawa karotena akan dioksigenase menjadi senyawa retinol. Retinol adalah sebuah bentuk dari vitamin A. Sehingga Karotena bisa disebut dengan julukan Provitamin. 

-    Betakaroten ( 700 ppm )
Beta-karoten merupakan senyawa organik atau termasuk juga senyawa kimiawi yang diklasifikasikan sebagai bentuk hidrokarbon. Senyawa beta-karoten adalah senyawa yang tergolong dalam anggota karotena. Secara umum beta-karoten adalah senyawa yang berperan untuk antioksidan dalam tubuh manusia, yang dapat digunakan sebagai pelindung tubuh dari ragam macam penyakit, atau untuk mengunci sistem imun pada tubuh manusia, sehingga kebal dari serangan penyakit.

-    Tokoferol atau Vitamin E ( 11.000 ppm )
Tokoferol lebih dikenal sebagai vitamin E. Sekian banyak orang yang mengenali manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh. Selain itu sangat penting dalam berperan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dapat kita jumpai di berbagai tanaman seperti buah-buahan dan sayuran. Vitamin E dalam tubuh mempunyai peranan yang sangat penting. Di antaranya untuk menjaga kesehatan kulit, Untuk menambah kekebalan tubuh, Sebagai antioksidan, Dan berfungsi untuk zat pelindung bagi tubuh. 

Selain itu buah merah juga memiliki kandungan senyawa lain yang juga penting, dan juga bermanfaat untuk tubuh kita. Bahkan bisa memenuhi kebutuhan harian dalam tubuh kita, contohnya seperti Asam oleat, Asam linoleat, Dekanoat, Omega 9, serta Omega 3. Dan semua itu juga termasuk senyawa aktif yang didapat dari buah merah dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka, Tak heran jika buah merah ini sangat berkhasiat bagi tubuh manusia, dan juga sangat dicari-cari orang banyak.

Berikut Manfaat dan khasiat Buah Merah untuk menjaga kesehatan tubuh :

1. Menangkal penyebaran sel kanker
Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, bahkan juga karena seseorang yang menderita penyakit ini akan mengancam keselamatan hidupnya. Penyakit kanker berasal dari pola makan yang kurang baik, dan juga bisa terjadi disebabkan oleh efek minuman alkohol dan perokok aktif. Pada buah merah memiliki kandungan senyawa aktif yang berfungsi ampuh untuk menangkal terjadinya kanker dalam tubuh. Atau bahkan juga dapat membunuh sel kanker di dalam tubuh kita. Selain itu buah merah juga dapat membantu pembentukan kembali sel sel di dalam tubuh yang sudah mati.
Picture: infoagribisnis.com
2. Meningkatkan stamina bagi lelaki
Salah satu hasil eksperimen / penelitian dari Universitas Cendrawasih, Telah mengamati sebagian besar penduduk Wamena terutama yang kaum laki laki. Karena di daerah Wamena sana buah merah ini sangat populer untuk camilan, bahkan untuk makanan sehari hari. Salah satu peneliti dari Universitas Cendrawasih mengatakan, Sebagian besar penduduk Wamena yang mengonsumsi buah merah setiap hari adalah para kaum lelaki. Karena akan bermanfaat untuk meningkatkan stamina pada pria tersebut 80 %, sehingga orang dari wilayah Wamena mempunyai badan yang segar, berotot, dan kekar. Hal ini membuktikan bahwa buah merah ini mempunyai khasiat dan keunggulan untuk meningkatkan stamina pada laki-laki.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan dalam tubuh yang cukup berdampak buruk. Hal demikian karena penyakit darah tinggi, akan menyebabkan gejala stroke dan serangan jantung. Selain itu banyak seseorang memakai  cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi obat-obatan alternatif, yang didapatkan dari pihak tertentu. Namun kelihatannya banyak orang yang belum mengetahui akan manfaat buah merah ini. 

Padahal buah merah memiliki kandungan senyawa yang sangat penting, dan juga dapat menurunkan gejala tekanan darah tinggi secara efektif. Karena buah merah juga memiliki kekuatan yang hebat untuk membersihkan flek yang terdapat di dalam pembuluh darah, atau pada saluran arteri dalam tubuh.

4. Membantu menurunkan kadar kolesterol
Salah satu pemicu meningkatnya kadar kolesterol adalah memakan makanan yang mengandung kadar minyak yang berlebihan. Hal tersebut tidaklah hal yang sepele, banyak orang yang menganggap masalah ini adalah masalah yang biasa. Namun anggapan itu salah besar, karena seseorang yang terkena kolesterol dapat mengakibatkan serangan jantung, atau membuat jantung menjadi bengkak. Nah, Khasiat dari buah merah ini juga mampu  membantu mengurangi kadar kolesterol, sehingga seseorang yang terkena kolesterol tinggi, sangat bagus solusinya jika mengonsumsi buah merah secara rutin.

5. Mengobati asam urat
Asam urat tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Asam urat adalah penyakit yang terjadi di sendi atau di pergelangan kaki seseorang. Terjadinya asam urat adalah ketika kita terlalu over bergerak dan juga faktor pergerakan kaki itu sendiri, salah satu contohnya saat kaki kita tergelintir, atau juga asam urat bisa kambuh saat terkena udara yang sangat dingin. 

Solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya asam urat adalah dengan mengonsumsi buah merah. Karena buah merah pada umumnya akan membuat peredaran darah menjadi lancar, dan memulihkan kondisi asam urat yang terjadi pada sendi atau pergelangan kaki. 

6. Mengobati diabetes melitus
Penyakit diabetes melitus tergolong penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Sementara terjadinya penyakit diabetes jenis ini, tentunya disebabkan oleh kadar gula yang terlalu tinggi. Buah merah ini mempunyai khasiat yang cocok untuk penderita gejala sakit diabetes. Karena kandungan dalam buah merah yang mampu membantu mengontrol gula darah yang tinggi. Sehingga kondisi gula darah akan tetap pada titik normal.

7. Mencegah penyakit mata
Menurunnya kesehatan mata dapat terlihat dari saat kita memandang seseorang dari jarak jauh, yakni yang kita lihat tidak begitu jelas seperti biasanya. Pada buah merah ini memiliki kandungan senyawa yang aktif untuk tetap menjaga kesehatan mata kita, bahkan dapat membuat mata menjadi lebih jelas untuk melihat jarak dekat maupun jauh. 
Picture: papuamart.com
8. Bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak
Siapa yang tidak ingin mempunyai otak yang cerdas dan sehat. Seseorang yang mempunyai anak pasti mempunyai cita cita ingin membuat anaknya pintar dan lebih tajam dalam berpikir. Buah merah sangat bagus dikonsumsi oleh anak anak usia dini. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, Khasiat buah merah juga dapat dimanfaatkan dalam membantu proses pada pertumbuhan sel otak yang sehat. Sehingga anak anak yang mengonsumsi buah merah ini, akan menjadikan otak pada anak menjadi lebih cerdas. 

9. Mencegah terjadinya osteoporosis
Buah merah ini mengandung puluhan ribu kalsium yang terkandung di dalam sari buah merah. Maka kita tak heran jika buah merah memiliki fungsi untuk menyehatkan tulang dan gigi. Selain itu buah merah juga dapat mencegah terjadinya penyakit Osteoporosis pada tulang kita, serta membuat tulang menjadi sehat dan terbebas dari gangguan tulang. 

10. Mengobati penyakit lupus
Selain penyakit kanker, Penyakit lupus pada umumnya juga dikenal sebagai penyakit yang berbahaya, bahkan penyakit ini bisa merenggut nyawa seseorang. Sasaran utama penyakit lupus adalah menuju ke sistem imun pada tubuh seseorang, sehingga proteksi dalam tubuh akan berkurang. Hingga akhirnya mengakibatkan berbagai jenis bakteri atau virus akan dengan mudah menyerang kesehatan tubuh kita. 

Ciri orang yang menderita penyakit lupus adalah saat bernafas orang tersebut akan merasakan sesak di dada, dan disertai sulit untuk bernafas. Hal ini sangatlah berbahaya, Sementara salah satu cara alami dan efektif untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengonsumsi buah merah secara rutin. Karena dalam buah merah terdapat kandungan senyawa alami, yang mampu memenuhi sistem imun kita yang telah hilang akibat penyakit lupus tersebut.

11. Nutrisi penting untuk tubuh kita
Ragam kandungan senyawa alami dalam buah merah sangatlah kompleks. Oleh karena itulah buah merah mampu membantu mencukupi asupan nutrisi penting pada tubuh Anda. Dengan begitu, berbagai jenis penyakit akan mampu diatasi dan dicegah secara alami dan efektif.
Artikel Terkait