12 Manfaat Dan Khasiat Buah Naga yang Mengejutkan

Picture: stylecraze.com
Buah naga adalah salah satu buah-buahan yang berjenis kaktus, yang berasal dari Negara Meksiko, dan buah ini juga dikenal sebagai buah ajaib atau buah pembawa berkah. Karena di setiap ritual adat di negara Cina, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga warna biru yang berada di atas meja. Selain sebagai adat di Cina, buah ini juga bisa dibuat sebagai makanan atau camilan pelepas dahaga, karena buah naga ini mengandung kadar air yang sangat tinggi. Rasa buah ini juga manis karena mengandung kadar gula hingga 15-18 briks. Buah naga juga banyak disajikan dengan cara dibuat jus, manisan, selai, dan segala jenis sajian sesuai dengan selera kita.

Secara umum, para pakar dan ilmuwan biologi mengakui bahwa buah ini mengandung banyak potasium, sodium, ferrum, protein, serat, dan kalsium. Maka tak heran jika semua ilmuwan berpendapat bahwa buah ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kita, Layaknya dengan buah-buahan yang lain. 

Banyak penelitian yang menyatakan, bahwa buah naga merah ini mempunyai khasiat yang bagus untuk melancarkan peredaran darah, dan mempunyai efek menetralkan toksin dalam darah manusia. Buah naga ini juga kaya akan banyak vitamin yang baik untuk kebutuhan tubuh kita sehari hari, di antaranya beberapa vitamin yang terkandung dalam buah naga ialah :

1. Vitamin B1
Vitamin B1 sangat banyak dibutuhkan dalam tubuh kita, terutama untuk orang yang sering kerja keras atau kerja fisik. Kandungan Vitamin B1 yang terdapat di buah naga ini sangat banyak. Dan jika kita mengonsumsi buah ini setiap hari, maka vitamin B1 yang ada di buah naga akan mengubah karbohidrat menjadi energi yang siap digunakan untuk beraktivitas.

2. Vitamin B2
Vitamin B2 ini atau disebut dengan Riboflavin, mempunyai fungsi yang sangat baik untuk kesehatan, karena vitamin B2 ini bisa membantu pembentukan sel darah merah.

3. Vitamin B3
Vitamin B3 ini mempunyai fungsi khusus di tubuh kita, yaitu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, jika sewaktu waktu kadar kolesterol kita melonjak tinggi. Selain itu vitamin B3 ini juga mampu meningkatkan kecerdasan otak manusia, maka cobalah kita rutin setiap hari mengonsumsi buah naga ini.

4. Vitamin B12
Dalam tubuh kita vitamin B12 ini mempunyai banyak fungsi, salah satunya menjaga sistem saraf tetap sehat. Selain itu juga membantu pembentukan sel darah merah, dan melancarkan proses pembentukan DNA. Karena itulah buah naga sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang menderita darah rendah.

5. Vitamin C
Buah naga juga mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehari hari, Bahkan 10 kali lipat melebihi jumlah yang biasanya. Maka lebih baiknya kita mengonsumsinya setiap hari untuk bisa menjaga stamina dan kesehatan di tubuh kita.

Selain mengandung banyak vitamin, buah naga ini juga mempunyai banyak khasiat. Buah naga ini dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit, mulai dari penyakit gula darah hingga menurunkan kolesterol yang lebih baik dari buah lainnya. Sementara para pakar pertanian juga meyakini bahwa buah naga sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit.
Picture: buyfruit.com.au
Berikut ini manfaat serta khasiat dari buah naga bagi kesehatan tubuh :

1. Menurunkan kadar kolesterol
Kolesterol adalah lipid yang terdapat di dalam sel tubuh, dan kolesterol ini diproduksi oleh hati untuk metabolisme tubuh, seperti untuk pembentukan sel darah pada tubuh. Namun jika produksi kolesterol terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Karena akan memperbanyak penumpukan lemak, dan akan terjadi penyumbatan yang terdapat pada pembuluh darah. Sementara akibat dari penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah ini, maka jantung dan otak akan mengalami kekurangan pasokan darah. Dan pada akhirnya akan menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Salah satu cara penurunan kolesterol yang sangat efektif adalah dengan mengonsumsi buah naga setiap hari, karena kandungan buahnya yang begitu berperan untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Menurunkan kadar gula darah
Kebanyakan terjadinya kadar gula darah ini ketika tubuh kekurangan insulin, dan banyak aktivitas yang memicu kadar gula darah menjadi tinggi. Di antaranya gaya hidup kurang sehat, pola makan berlebihan, dan kurang berolahraga. Kadar gula darah yang terlalu tinggi mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan tubuh kita. Ada banyak hal yang harus kita waspadai untuk menjaga agar kadar gula darah di tubuh kita tetap stabil. Salah satunya dengan cara berolahraga, atau dengan mengerjakan pekerjaan rumah seperti mengepel, menyapu, dan lainnya. Selain itu kita juga harus rajin mengonsumsi buah naga untuk menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

3. Mencegah terjadinya kanker di usus
Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan bersifat merusak. Kanker usus bermula dari pertumbuhan sel yang ada pada dinding usus di bagian dalam. Dan setelah itu akan menyebar ke seluruh bagian usus, maka lama kelamaan sel tersebut berkembang dan bisa menggerogoti organ tubuh kita yang lain. Ada banyak faktor penyebab timbulnya penyakit kanker usus ini, di antaranya Merokok, Minum minuman beralkohol, kekurangan serat, dan kurang berolahraga. Salah satu cara alami untuk mencegah terjadinya kanker pada usus, yaitu dengan rutin kita harus mengonsumsi daging buah naga setiap harinya. 

4. Menguatkan tulang
Semua orang pasti ingin mempunyai tulang yang kuat. Selain berolahraga, banyak juga minuman berkalsium yang membuat tulang kita menjadi kuat. Ataupun dengan cara alami lainnya, yaitu dengan mengonsumsi buah naga setiap hari. Hal tersebut juga tak kalah penting, karena di dalam buah naga terdapat vitamin B1 dan kalsium, yang fungsinya ini sangat baik untuk memperkuat tulang secara alami. Ada banyak keuntungan jika kita mempunyai tulang kuat, di antaranya membuat kita menjadi kuat meskipun sudah masuk umur 80 tahun.

5. Meningkatkan kinerja otak
Dengan cara Anda mengonsumsi jus atau dari buah naga nya secara langsung, maka juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu buah naga ini juga memiliki kandungan senyawa vitamin B3, yang mampu meningkatkan kecerdasan otak manusia.

6. Meningkatkan kesehatan mata
Buah naga juga memiliki banyak kandungan senyawa beta-karoten. Kandungan beta-karoten pada buah ini juga tak kalah dengan wortel, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi oleh orang yang kesehatan matanya berkurang, dan juga bisa memulihkan kesehatan mata anda. 

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C pada buah naga ini sangat banyak. Sehingga kita yang sering mengonsumsi buah ini, akan bisa mendapatkan kekebalan tubuh yang maksimal, dan tidak mudah untuk terserang penyakit.
Picture: whiteonricecouple.com
8. Membersihkan Wajah
Buah naga juga bisa membuat kita tampak lebih segar, sehat, dan kulit menjadi bersih. Selain bisa dimakan, buah naga ini juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Sehingga wajah kita bisa terlihat lebih bersih dan berseri.

9. Menyehatkan janin bagi ibu hamil
Buah naga juga bisa untuk kesehatan janin bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Selama ibu yang sedang mengandung buah hati, alangkah lebih baiknya mengonsumsi buah naga secara rutin. Karena selain bisa membuat janin lebih sehat, buah naga ini juga bisa membantu memperbaiki pertumbuhan gizi pada anak kelak di saat dilahirkan.

10. Meringankan batuk dan asma
Nutrisi alami berupa Vitamin C pada buah naga, sangat berperan aktif dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dengan tubuh yang kebal, akan lebih aktif dalam melawan virus, bakteri, dan sejenisnya. Dengan begitu buah naga bisa meringankan batuk, serta gangguan pernapasan layaknya asma.

11. Mencegah penuaan dini
Perlu anda tahu, bahwa buah naga juga membantu anda dalam mencegah penuaan dini. Hal demikian karena buah naga diperkaya akan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Sehingga dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, maka akan bisa membantu untuk mencegah penuaan dini. Dengan begitu anda bisa tampil lebih muda.


12. Membantu menurunkan berat badan
Kandungan serat alami serta rendah kalori pada buah naga, sangat cocok bagi anda yang menjalankan program diet. Yang mana dengan serat alami pada buah naga, maka pencernaan akan menjadi lebih lancar, sehingga berat badan pun akan bisa lebih terkontrol. Oleh karena itu, buah naga sangat baik untuk menemani kiat penurunan berat badan yang anda jalankan.
Artikel Terkait