15 Manfaat Dan Khasiat Buah Pepaya yang Wajib Anda Tahu

Picture: curejoy.com
Pepaya adalah tanaman buah yang mempunyai banyak fungsi untuk kesehatan tubuh manusia. Pepaya termasuk tanaman herbal yang berasal dari Amerika. Tanaman pepaya telah banyak dibudidayakan di berbagai negara, Baik di daerah tropis ataupun yang lainnya. Buah pepaya merupakan buah yang mempunyai mutu dan banyak ragam vitamin di dalamnya.

Salah satu negara yang membudidayakan buah pepaya adalah Indonesia. Sementara, Tanaman pepaya banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan telah menjadi tanaman yang banyak digemari di masyarakat. Salah satu daerah yang membudidayakan buah pepaya adalah daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan lainnya. Selain itu pepaya juga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :

1. Pepaya Jantan
Pohon pepaya jantan memiliki bentuk bunga bertangkai panjang dan bercabang. Ciri-ciri bunga pepaya jantan adalah buah yang tidak berkepala, serta benang sari tersusun dengan rapi.

2. Pepaya Betina
Buah pepaya ini mempunyai bunga yang majemuk dan terdapat berbagai bunga di setiap tangkai kecil. Selain itu tangkai bunganya berukuran pendek. Ada berbagai macam bunga yang terdapat pada buah pepaya betina ini, yakni ada bunga yang kecil dan ada yang besar. Bunga yang berjenis besar akan berkembang menjadi buah pepaya.

3. Pepaya Sempurna
Buah pepaya sempurna adalah salah satu buah yang banyak dibudidayakan di wilayah Indonesia. Karena buah ini memiliki susunan bunga yang sangat sempurna. Jadi kita bisa menanam pohon ini sendirian, Yang mana tanpa harus melakukan perkawinan silang.

Buah ini sangat mudah didapatkan mulai dari swalayan hingga pasar tradisional. Pohon buah pepaya sangat mudah ditanam, sehingga kebanyakan orang menanam buah ini di perkebunan mereka sendiri. Selain itu buah pepaya juga mempunyai banyak kandungan gizi dan vitamin yang bisa membuat tubuh kita menjadi sehat. 

Berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada buah pepaya :

-Vitamin A, C, K, B Kompleks

-Niacin

-Riboflavin

-Zat besi

-Fosfor

-Kalori

-Kalium

-Karbohidrat

-Protein

Hampir 50 % kebutuhan keseharian tubuh kita terdapat pada buah pepaya. Maka dari itu, banyak orang yang bilang kalau buah pepaya ini memiliki peran yang cukup kompleks dalam menjaga kesehatan tubuh. 

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah pepaya yang sangat baik dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh :

1. Sangat baik untuk pencernaan
Buah pepaya ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga buah pepaya juga mempunyai fungsi untuk melancarkan proses pencernaan makanan. Lebih dari itu, Buah pepaya juga efektif untuk mengatasi gangguan sembelit.

2. Menyehatkan kulit
Buah pepaya memiliki kandungan penting yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Karena dalam buah pepaya ini mengandung banyak Vitamin A, C, dan E. Maka dari itu, Rajin mengonsumsi buah pepaya sangat cocok untuk mencegah terjadinya penyakit kulit.

3. Mencegah kerusakan pada mata
Kerusakan pada mata sering terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat, dan sering menggunakan mata untuk melihat cahaya terang dengan jarak pandang sangat dekat. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kita harus banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin A. Selain sayuran wortel, Pada buah pepaya ini juga terdapat banyak vitamin A yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pada mata.
Picture: hubpages.com
4. Menangkal radikal bebas
Banyak gangguan kulit yang disebabkan dari risiko radikal bebas oleh sinar matahari. Selain itu kulit juga bisa berubah warna menjadi kusam, Terlihat pucat, atau bahkan keriput. Untuk itu, kita yang tidak ingin mempunyai gangguan pada kulit, Maka bisa memanfaatkan khasiat dari buah pepaya ini. Selain untuk dikonsumsi langsung, menjadikan masker dari buah pepaya juga dapat mengatasi radikal bebas pada kulit anda.

5. Mengobati gigitan ular berbisa
Gigitan ular berbisa adalah masalah serius yang kerap terjadi di sekeliling kita. Meskipun itu hanya musibah yang kecil tapi mempunyai risiko yang sangat tinggi, bahkan bisa membuat nyawa kita terancam. Sementara kejadian ini banyak ditemui di ladang, perkebunan, semak-semak, bahkan bisa di sembarang tempat. Nah, kita bisa menggunakan khasiat dari akar pepaya ini untuk mengobati gigitan binatang melata tersebut. 

Caranya cukup mudah, ambil 5 ruas jari akar pepaya, setelah itu cuci akar pepaya sampai bersih dan tumbuk hingga berubah menjadi lembut. Lalu oleskan ke kulit yang terkena serangan binatang melata tadi, setelah itu balut dengan kain perban. Ingat, Anda harus mengganti ulang ramuan ini 2 hari sekali.

6. Mengobati kulit yang melepuh
Kulit melepuh, Adalah salah satu risiko terkena sengatan knalpot motor atau bisa juga terkena api dan benda panas lainnya. Kebanyakan seseorang mengobati kulit yang melepuh ini dengan menggunakan salep khusus untuk sakit kulit. Tapi ada juga cara alami untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan daging buah pepaya yang sudah ditumbuk halus, lalu dioleskan pada kulit yang melepuh. Dengan begitu, kulit yang melepuh akan segera teratasi dengan efektif.

7. Mengobati demam
Demam adalah penyakit yang sering menyerang kesehatan kita pada saat perubahan musim, terutama pada anak kecil. Sering kali penderita demam tersebut melakukan kompres untuk meminimalkan rasa panas pada kepala. Namun selain itu, kita bisa memanfaatkan khasiat dari  buah pepaya ini untuk menurunkan demam pada anak.

8. Mengobati sakit gigi
Sakit gigi sering kali terjadi saat gigi kita terserang bakteri yang jahat, sehingga gigi terasa ngilu. Penyebab datangnya penyakit gigi adalah pola makan yang kurang sehat, kebersihan gigi tidak terjaga, dan seringnya memakan makanan yang manis manis. 

Nah, cara mengatasi sakit gigi dengan tanaman pepaya yakni : Teteskan getah pohon pepaya pada kapas, lalu tempelkanlah kapas tersebut pada gigi yang terasa sakit. Usahakan getah pepaya tadi jangan sampai mengenai gigi lain yang sehat. Dengan begitu gigi yang ngilu atau sakit akan segera mereda.

9. Mempercepat penyembuhan luka
Pada buah pepaya terdapat senyawa enzim papain, yang tak lain zat ini kebanyakan digunakan sebagai bahan utama salep untuk kesehatan kulit. Selain itu zat enzim papain ini juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan pada luka. Maka dari itu, banyak seseorang yang memanfaatkan buah pepaya untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit secara alami. Caranya cukup mudah, kita bisa menumbuk daging buah pepaya hingga halus, Lalu oleskan pada luka kulit yang kita alami.

10. Menguatkan sistem imun
Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh, sangat penting untuk menjaga kesehatan pada tubuh anak anak maupun orang dewasa. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh secara alami, kita bisa menggunakan buah pepaya sebagai camilan sehari hari. Sehingga dengan memakan buah pepaya secara rutin, maka imunitas tubuh akan tetap terjaga dengan baik, serta menjadikan tubuh kita tak mudah terserang penyakit.
Picture: stylecraze.com
11. Menyehatkan tulang
Kesehatan tulang tentunya sangat penting untuk tubuh kita. Salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan mengonsumsi buah pepaya ini. Karena dalam buah pepaya terdapat senyawa kalsium yang fungsinya untuk memperkuat tulang kita. Sehingga tulang pun tak akan mudah mengalami kerapuhan.

12. Mencegah asma
Mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang cukup, akan membantu meredakan risiko penyakit asma. Karena dalam buah pepaya terdapat beta-karoten, yakni senyawa alami yang berkhasiat untuk mencegah risiko penyakit asma.

13. Melarutkan sel kulit wajah yang mati
Banyak risiko yang terjadi saat sel kulit wajah kita mati, salah satunya jerawat. Cara alami untuk melarutkan sel kulit yang mati atau mengurangi terjadinya jerawat adalah masker dari buah pepaya. Cara membuatnya cukup sederhana, kita cukup menumbuk daging pepaya hingga halus, lalu gunakan daging buah pepaya tersebut untuk masker di wajah.

14. Baik untuk Kesehatan payudara
Pepaya muda sangat efektif untuk mengencangkan otot dan menjaga kesehatan payudara. Hal ini karena dalam buah pepaya mengandung hormon medium serta banyak vitamin A, yang mana bisa membantu untuk mengencangkan otot pada payudara, dan menjaganya agar tetap dalam kondisi sehat.

15. Meredakan rasa sakit
Kandungan senyawa dalam pepaya yang berupa Enzim Anti-inflamasi, sangat baik untuk meringankan rasa sakit di tubuh. Layaknya untuk penderita Edema, Osteoporosis, penderita Arthritis, serta penyakit lainnya. Sementara kandungan Enzim pada buah pepaya tersebut juga mampu menghindarkan tubuh dari serangan kanker, yang mana cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Untuk itulah buah pepaya ini mampu dijadikan obat alami tradisional, Yakni mengatasi dan mencegah ragam masalah yang menyerang tubuh kita. Dengan begitu, sangat disarankan bagi kita untuk mengonsumsi buah pepaya secara rutin dalam menjaga kebugaran tubuh.
Artikel Terkait