16 Manfaat Dan Khasiat Buah Pir yang Luar Biasa

Picture: luckysun.info
Buah pir adalah buah yang sudah lama dikenal di berbagai wilayah di Indonesia. Buah ini sudah lama dibudidayakan di Indonesia, bahkan juga sudah lama berkembang di seluruh dunia. Buah tersebut berasa dari negara Eropa, sementara buah ini juga sudah lama dikonsumsi oleh manusia, mulai dari zaman prasejarah. Hingga sekarang pun juga masih banyak penggemar buah pir, karena buah ini memiliki kandungan yang amat baik untuk kesehatan kita.

Buah pir memiliki bentuk seperti buah jambu dan rasa asam-asam manis sehingga terasa segar jika di konsumsi. Buah yang segar ini merupakan salah satu buah yang dijadikan sebagai makanan favorit di seluruh dunia, bahkan juga di Indonesia. Selain itu sangat populer di kalangan masyarakat, karena selain banyak orang suka dengan buah ini, ternyata juga ada khasiat tersendiri saat mengonsumsi buah ini. Buah enak ini mengandung banyak mineral sehingga juga bisa dikonsumsi saat haus dan lapar.

Banyak ragam kandungan yang terdapat pada buah pir. Kandungan pada buah pir sangat baik untuk asupan nutrisi dan menunjang kesehatan. Faktanya, Buah ini telah diakui oleh seluruh penduduk di berbagai belahan dunia, karena memiliki kandungan yang ampuh untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Dikarenakan di dalam buah pir terdapat kandungan Vitamin K, vitamin C, Fenolik, Folat, Vitamin B9, Serat Tembaga, Magnesium, Serta Vitamin B (Kompleks), serta senyawa alami lainnya.

Berikut manfaat dan khasiat buah Pir untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Melembabkan kulit
Di dalam buah pir mengandung banyak senyawa Humektan yang alami. Kandungan Humektan ini sangat berperan untuk mengontrol kandungan air yang terdapat pada pori pori kulit, sehingga manfaat kandungan ini juga baik untuk menjaga kesehatan atau kelembaban kulit. Selain itu ekstrak dari buah pir juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar kosmetik, yang digunakan untuk melembabkan kulit.

2. Mengatasi jerawat
Banyak penyebab timbulnya gejala jerawat yang terdapat di wajah kita. Jerawat merupakan penumpukan flek hitam yang disebabkan oleh debu-debu yang menempel pada kulit kita. Selain itu pemicu timbulnya jerawat juga sering muncul ketika kita jarang menjaga kesehatan muka kita. Akibat jerawat ini menjadikan seseorang mempunyai rasa kurang percaya diri, sehingga dapat mengganggu penampilan kita. 

Cara alami untuk membasmi jerawat yang ada pada wajah kita adalah dengan mengonsumsi buah pir ini secara rutin. Karena pada dasarnya buah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara internal.

3. Mengatasi kulit berminyak
Apakah kulit anda berminyak?, Ini solusinya. Saat kulit kita berminyak pasti akan terlihat seperti kusam, dan yang pasti seseorang yang mengamati wajah kita akan berpikir kalau kita jarang merawat kulit wajah. Mengatasi kulit berminyak memang dibutuhkan perawatan yang ekstra dan teliti. Selain itu manfaat dari buah pir ini juga bisa digunakan untuk pencegahan kulit yang berminyak. Tidak perlu repot dengan cara yang lain, Karena caranya sangat mudah. Kita cukup lembutkan buah pir menggunakan blender sampai menjadi halus, lalu kita cukup mencampur sedikit madu dan gunakan ramuan tersebut untuk masker wajah.

4. Baik untuk ibu hamil
Ibu hamil sangat berharap akan kesehatan bayinya di dalam kandungan. Salah satu senyawa yang baik dan cocok untuk dikonsumsi ibu hamil adalah Asam Folat. Karena senyawa ini mengandung beberapa unsur yang bisa mencegah kecacatan pada bayi, dan juga bisa menjaga kesehatan bayi. Pada buah pir terdapat kandungan Asam Folat yang banyak. Oleh karena itu dianjurkan pada ibu hamil, Yang mana selama masa hamil bisa mengonsumsi buah pir secara rutin dan teratur.

5. Pencegah osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit tulang, Dengan cara penyerangannya membuat tulang kita rapuh atau keropos. Penyakit osteoporosis tergolong penyakit yang berbahaya, karena seseorang yang tulangnya rapuh atau keropos pasti lebih rawan patah, dan tidak kuat terhadap benturan ringan. Cara untuk menghindari masalah ini secara alami, Yakni dengan mengonsumsi buah pir setiap hari secara rutin.
Picture: pinterest.com (Hilary Lester)
6. Membantu menyapih anak
Kandungan Hypoallergenic yang terdapat pada buah pir ini, sangat bagus untuk dijadikan bubur atau pengganti asi ibu. Caranya cukup mudah, sediakan buah pir 1 biji dan kupas dengan bersih, setelah itu panaskan buah pir dengan cara dimasak. Selanjutnya lembutkan buah pir hingga menjadi bubur, dan bisa disuapkan ke anak sebagai pengganti asi ibu.

7. Meningkatkan imunitas
Pada buah Pir, terdapat banyak kandungan yang bersifat antioksidan. Antioksidan sudah dikenal masyarakat dari zaman dahulu, karena senyawa antioksidan ini mempunyai fungsi yang baik untuk tubuh. Yaitu untuk menjaga dan mengunci sistem kekebalan tubuh, agar penyakit atau bakteri yang ada di sekeliling kita tidak dapat masuk ke tubuh. Sehingga badan kita terasa lebih kebal dari godaan penyakit.

8. Pencegahan stroke
Sebagian orang mungkin belum mengetahui manfaat buah pir ini untuk mencegah terjadinya penyakit stroke. Pada tahun 2011, American Heart Association menerbitkan artikel yang isinya tentang buah pir. Sementara yang lebih mengejutkan lagi adalah, Buah pir ini mampu menurunkan risiko stroke hingga 52 %, serta mengurangi risiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung.

9. Mengontrol tekanan darah
Dalam satu buah pir yang berukuran sedang, di dalamnya terdapat sekitar 200 ml kalium. Kalium adalah senyawa yang mana mempunyai fungsi untuk mengontrol detak jantung, sehingga jantung tetap pada kondisi normal. Selain itu buah pir juga bisa membantu menjaga tekanan darah, hal ini dikarenakan dalam buah pir mengandung unsur senyawa Glutathione dan Antioksidan.

10. Melancarkan pencernaan
Dalam buah pir terdapat kandungan 5 gram serat. Serat sangat penting dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena kandungan ini mempunyai fungsi untuk melancarkan pencernaan makanan, sehingga buah pir dapat membantu meringankan sembelit dan membuat BAB lebih lancar serta sehat.

11. Membantu mempercepat penyembuhan luka
Buah pir ini tentunya mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C memang sangat penting, bahkan kandungan ini juga dibutuhkan untuk kebutuhan harian kita. Maka dari itu mengonsumsi buah pir sangatlah penting untuk mencukupi nutrisi. Selain untuk menjaga imunitas, kandungan vitamin C ini juga dapat mempercepat menyembuhkan kita dari luka. Karena senyawa dalam buah pir tersebut dapat membantu proses pemulihan luka pada tubuh.

12. Mengurangi Peradangan
Buah pir juga memiliki kandungan Antioksidan dan Flavonoid, efek dari adanya dua kandungan tersebut akan berkhasiat untuk anti-inflamasi. Sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari peradangan pada tubuh. Maka, Seseorang yang terkena penyakit peradangan, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah segar tersebut.

13. Anti inflamasi
Selain mengandung vitamin dan senyawa yang banyak, Ternyata buah pir juga mengandung senyawa anti-inflamasi. Anti inflamasi berperan untuk merespon cidera atau jaringan sel kulit yang terkena infeksi. Selain obat-obatan alternatif, buah pir ini juga mengandung senyawa anti inflamasi, sehingga baik dikonsumsi pada anak kecil yang rentan terhadap luka luka kecil akibat jalan merangkak.
Picture: luckysun.info
14. Memberi nutrisi pada rambut, dan kesehatan kulit kepala
Rambut yang sehat pasti juga dibutuhkan perawatan yang khusus. Selain perawatan khusus ke salon, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rambut. Dikarenakan dalam buah pir terdapat kandungan Sorbitol atau Glusitol, yakni merupakan senyawa paling baik yang dibutuhkan oleh akar rambut. Sehingga dapat memberi nutrisi rambut dengan maksimal, Selain itu manfaat senyawa Sorbitol juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

15. Baik untuk perawatan bibir
Perawatan bibir juga sangat penting diperhatikan. Kebanyakan seseorang yang jarang atau yang malas merawat bibirnya, akan mengakibatkan bibir kering atau pecah pecah. Sementara, dalam buah pir ini terdapat senyawa Asam Laktat, yang bisa membantu mengatasi bibir pecah pecah, dan juga sifat dari Asam Laktat dapat menjaga kesehatan bibir kita secara alami.

16. Mencegah kanker
Kandungan Hydroxycinnamic pada buah pir sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain menyehatkan tubuh, kandungan Hydroxycinnamic juga dikenal sangat ampuh untuk mengatasi kanker jahat yang bisa merajalela di dalam tubuh kita. Dengan begitu buah pir juga dapat digunakan sebagai penangkal kanker jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.
Artikel Terkait