13 Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang yang Jarang Diketahui

Picture : h3daily.com
Buah pisang, Memang jenis buah lezat ini sangat membantu untuk menunjang segala kebutuhan tubuh manusia. Dan siapa yang tak kenal dengan buah yang sudah termasyhur  di hampir seluruh penjuru dunia ini..?. Pisang atau kerap dikenal dengan nama ilmiah ‘’sambiguasi’’ sangatlah diperkaya dengan adanya vitamin dan mineral yang cukup kompleks. Oleh karena itu tidak sedikit kalangan di berbagai wilayah yang memanfaatkan daging buahnya sebagai santapan sehat, dan ramuan tradisional untuk mengatasi ragam penyakit yang menyerang tubuh. 

Kandungan yang terdapat pada pisang di antaranya : zat besi, vitamin A, C, B6, magnesium, zat besi, mangan, kalium, tinggi serat alami, riboflavin, niacin, protein, dan folat, Yang tentunya semuanya itu bisa diolah menjadi obat alami bagi tubuh. Selain rasanya yang enak, buah pisang juga merupakan sumber energi penting yang sangat menunjang kesehatan tubuh. Layaknya memberi efek mengenyangkan, yang dikarenakan terdapat serat alami yang begitu tinggi. Maka buah ini memang cukup membantu bagi kebanyakan orang yang menjalankan program diet sehat. 

Untuk lebih detailnya, inilah ragam manfaat penting buah pisang bagi kesehatan tubuh.

1. Mengurangi risiko stroke
Berdasarkan apa yang telah tertulis dalam ‘’New England Journal of Medicine’’, menunjukkan bahwa mengonsumsi buah pisang secara teratur ketika menjalani diet, maka juga akan mampu mengurangi risiko tubuh mengalami stroke hingga sampai 40 persen.
Selain itu, pada buah pisang ini juga menjadi obat alami untuk menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi. Yang mana darah tinggi pada ujung-ujungnya akan mengarah pada penyakit stroke, dan bisa memperparah kondisi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, konsumsilah buah pisang ini secara rutin dan teratur jika anda berkeinginan untuk terhindar dari penyakit yang cukup membahayakan tubuh ini, yakni tekanan darah tinggi dan stroke.

2. Menguatkan tulang anda
Dalam jangka pendek atau pun pajang, kondisi tubuh kerap sekali mengalami osteoporosis atau kerapuhan pada tulang. Dan tentunya anda sudah mengetahui bukan..?, bahwa di dalam buah pisang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sehingga dari kandungan tersebut, anda pun bisa memanfaatkan buah yang enak ini untuk menguatkan kondisi tulang pada tubuh. Alhasil, kondisi tubuh yang kehilangan kalsium, mampu disuplai kembali dan menjadikan tulang-tulang pada tubuh tetap kuat.

3. Melancarkan sirkulasi darah pada tubuh
Banyak sekali dampak bahaya yang akan ditimbulkan jika peredaran darah dalam tubuh tidak lancar. Yang salah satunya seperti tekanan darah menjadi naik secara tak terduga. Oleh karena itu, mengonsumsi buah pisang yang diperkaya kandungan kalium di dalamnya, Maka dari situ mampu menyuplai kelancaran proses penyebaran oksigen di tubuh. Sehingga dapat meningkatkan peredaran darah dalam tubuh. Selain itu kalium yang terkandung di dalam buah pisang juga menjadi stimulasi akan lancarnya denyut jantung di tubuh, yang pada akhirnya mampu menurunkan risiko seseorang terkena stroke dan tekanan darah tinggi.

Setidaknya anda bisa mengonsumsi buah pisang ini secara rutin, di kala kondisi tubuh sedang memiliki pertanda bahwa peredaran darah dalam tubuh tidak lancar. Hal demikian bertujuan agar persoalan tersebut bisa segera ditanggulangi secara tepat dan alami.

4. Melancarkan sistem pencernaan pada usus
Pada kenyataannya mengonsumsi pisang memang akan memiliki peran penting bagi tubuh. Terlebih lagi dapat membantu sistem pencernaan pada organ usus, yakni berperan sebagai probiotik yang merangsang pertumbuhan ‘’bakteri baik’’ di organ usus. Sehingga dari situ akan membantu enzim pencernaan dalam menyerap setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah pisang ini sangat berguna sekali bagi kelancaran sistem pencernaan di tubuh.

5. Menyehatkan jantung anda
Pada buah pisang juga terdapat banyak kandungan elektrolit kalium di dalamnya. Sehingga jika anda berkenan untuk mengonsumsi buah enak ini secara rutin dan teratur, maka khasiatnya pun juga cukup baik untuk kesehatan jantung pada tubuh. Hal demikian karena jika tubuh mendapat asupan kalium yang terdapat pada pisang ini, maka secara tidak langsung fungsi jantung akan meningkat. Sehingga dari situ dapat menghindarkan tubuh dari terjadinya risiko detak jantung tidak teratur, yang hanya akan menjadikan penyakit jantung menyerang tubuh. 

Oleh karena itu, setiap asupan kalium yang masuk pada tubuh, dapat menjadikan fungsi jantung lebih baik dan sehat.
Picture: pngimg.com
6. Menjadi obat sembelit
Mengonsumsi pisang juga mampu menjadi bahan alami sebagai obat sembelit. Karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya juga akan mampu menormalkan motilitas pada organ usus Anda. Selain itu, mengonsumsi buah ini juga akan melancarkan proses buang air besar di kala terjadi pengerasan feses, yang merupakan salah satu gejala awal dari sembelit. Oleh sebab itu, makanlah buah pisang ini secara rutin agar proses pencernaan di tubuh menjadi lancar, dan terhindar dari sembelit yang menyerang kesehatan tubuh.

7. Menjadi obat pereda rasa nyeri ketika haid
Rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan seseorang yang sedang mengalami PMS atau haid, memang cukup mengganggu bukan…?. Nah, untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, anda bisa mengonsumsi buah pisang ini sebagai bahan alaminya. Terlebih lagi jika terjadinya rasa sakit di saat haid ini berlangsung secara terus menerus, maka hal demikian dapat ditanggulangi dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin.

8. Mengobati anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam buah pisang juga dapat digunakan untuk mengatasi anemia. Bagi penderita yang kekurangan sel darah merah di tubuh, pastinya akan membutuhkan asupan kembali untuk menyuplai tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Sehingga konsumsilah buah pisang ini secara rutin dan teratur, yakni 2 buah dalam sehari. Maka efek yang ditimbulkan pun cukup luar biasa. Dimana sel darah merah mampu diproduksi kembali, dan timbulnya penyakit anemia ini dapat diatasi secara alami.

9. Menjadi sumber energi penting bagi tubuh
Buah pisang juga diperkaya dengan kandungan karbohidrat alami, yang memiliki peran penting sebagai sumber energi bagi tubuh, serta menguatkan sistem kekebalan pada tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi pisang secara rutin juga cukup baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, stamina tubuh pun juga bisa dibentuk dengan asupan dari buah pisang ini, Dengan begitu kondisi tubuh tetap bugar di saat menjalankan rutinitas sehari-hari.

10. Menjadi obat sakit maag
Zat penangkal asam lambung yang tersimpan pada buah pisang, memang cukup manjur untuk mengatasi sakit maag.  Di mana dengan adanya kandungan tersebut, maka akan mampu melapisi permukaan lambung di tubuh. Sehingga menjadikan rasa sakit saat maag menjadi lebih ringan. Oleh sebab itu, konsumsilah buah enak ini secara rutin ketika anda mengalami sakit maag. Sehingga penyakit tersebut bisa diatasi secara alami dan efektif.
Picture: uaeladies.com
11. Menyehatkan mata
Perlu anda ketahui bahwasannya kandungan vitamin A yang terdapat pada buah pisang, memang sangat baik sekali untuk kesehatan mata anda. Dimana senyawa alami ini, mampu menguatkan membran yang mengelilingi mata. Nah, Dengan adanya asupan vitamin A juga cukup membantu untuk mengurangi risiko mata mengalami kebutaan. Jadi, konsumsilah buah pisang ini untuk mengimbangi asupan pada organ mata dari berbagai permasalahan yang ada.

12. Baik untuk kesehatan otak
Selain sebagai makanan pencuci mulut, buah pisang juga mampu untuk menyehatkan kondisi organ otak pada tubuh. Yang mana tingginya tingkat kandungan ‘’tryptophan’’ yang akan diubah menjadi serotonin, Akan mampu mengembalikan suasana hati serta neurotransmitter pada otak. Sehingga terjadinya depresi akibat pikiran yang tidak stabil, dapat dipulihkan dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari. 

13. Melawan sel kanker dalam tubuh
Berdasarkan hasil penelitian yang terdapat di Jepang, menunjukkan bahwa buah pisang yang sudah masak dengan adanya bintik-bintik hitam yang terdapat pada bagian kulitnya, mengandung senyawa TNF (Tumor necrosis factor). Yang mana merupakan jenis sitokin yang diklaim mampu untuk meningkatkan produksi sel darah putih di tubuh. Sehingga dengan hal itu, Akan meningkatkan produksi darah putih untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga membantu memerangi perkembangan sel kanker yang menggerogoti kesehatan tubuh.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari buah pisang yang cukup membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin, maka akan bisa membantu memenuhi nutrisi harian Anda.
Artikel Terkait