9 Manfaat Dan Khasiat Buah Salak yang Harus Anda Tahu

Picture: parade.com
Buah salak sangat sering sekali terdengar di telinga kita bahkan tidak asing lagi. Hampir semua usia di kalangan orang mengenal buah salak, mulai dari anak kecil hingga sampai orang dewasa. Buah ini memiliki bentuk yang unik dan berkulit seperti sisik ular. Sementara di negara luar Indonesia seperti negara Eropa, buah ini diberi nama Snake Fruit. Buah salak juga terdapat di berbagai wilayah di Indonesia seperti di pulau Jawa dan sekitarnya. 

Buah salak tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Banyak orang yang belum mengetahui manfaat buah salak, sehingga buah salak sangat cenderung kurang favorit seperti halnya buah apel, anggur, pisang, dan jeruk.  Buah tersebut memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Karena dalam buah salak ini terdapat banyak kandungan Vitamin yang baik untuk kebutuhan keseharian tubuh kita. Di bawah ini adalah kandungan yang terdapat dalam buah salak.

a. Energi
Buah salak memiliki kandungan yang berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga sel dalam tubuh tetap aktif, dan menghasilkan energi bagi tubuh manusia.

b. Protein
Terdapat 8 gram protein per satu buah salak,  sehingga dapat membantu pembentukan enzim dan membantu proses reaksi biologis.

c. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa yang terdapat di dalam tubuh, dan mempunyai fungsi utama untuk membantu menambah pasokan energi di dalam tubuh. Di dalam buah salak juga terdapat banyak karbohidrat sehingga dapat membantu menambah kalori dalam tubuh.

d. Lemak
Ada beberapa unsur kandungan lemak dalam buah salak. Sehingga buah ini juga mampu untuk membantu proses penyusunan membran sel.

e. Kalsium
Kalsium dalam buah salak tidaklah sedikit, Setiap satu buah salak memiliki sekitar 35 gr kalsium. Kalsium memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk membantu kesehatan gigi, dan membantu mempercepat proses pengembangan sel sel tulang pada tubuh manusia. Maka dari itu buah ini sangat cocok di konsumsi bagi seseorang yang lebih tua.

f. Fosfor
Fosfor pada buah salak memiliki peranan yang sangat penting. Ada banyak sekali manfaat senyawa fosfor pada buah salak, salah satunya adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga baik di konsumsi oleh anak usia dini, sehingga bisa membantu perkembangan otak anak tersebut.

Buah salak juga dapat dikonsumsi secara langsung, dan juga bisa disajikan dalam bentuk jus. Untuk lebih detailnya berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah salak bagi kesehatan :
Picture: innovationthroughquality.com
1. Untuk mengobati mata katarak
Tidak sedikit orang yang menderita penyakit mata, terutama bagi seseorang yang sering bermain gadget dan bermain ponsel di posisi yang tidak tepat. Akhirnya menimbulkan penyakit katarak pada mata. Salah satu cara untuk mengatasi katarak pada mata adalah dengan mengonsumsi buah salak setiap hari. Karena buah salak memiliki senyawa yang aktif, dan bisa membantu proses penyembuhan mata dari penyakit tersebut.

2. Baik untuk otak
Otak manusia memiliki peran sangat penting untuk mengendalikan tubuh kita. Jika otak kita tidak sehat atau terlalu kebanyakan pikiran, maka akan menimbulkan rasa ngilu di kepala bahkan juga bisa membuat kesadaran kita menurun. Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus sering mengonsumsi buah salak sejak dini. Selain untuk camilan sehari-hari, buah ini juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan otak kita.

3. Menyehatkan perut
Banyak seseorang yang mengalami masalah pada perut, terutama pada anak kecil yang tidak bisa menjaga pola makan sehat dengan sendirinya. Salah satu pemicu menurunnya kesehatan perut adalah pola makan yang kurang sehat, yang bisa mengakibatkan penyakit perut seperti maag, diare, dan kembung. Buah salak memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan pada perut. Untuk itu kita harus rajin mengonsumsi buah salak ini secara rutin.

4. Menambah stamina tubuh
Dalam buah salak terdapat kandungan kalsium yang cukup banyak. Sementara kalsium itu sendiri adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk membantu menambah  stamina. Maka dari itu, kita harus rajin mengonsumsi buah salak untuk menambah stamina pada tubuh kita.

5. Menambah kekebalan tubuh
Dalam 1 biji buah salak terdapat sedikitnya 8 gram Vitamin C, yang bisa membantu kita menambah kekebalan sistem imun pada tubuh. Sistem imun pada tubuh manusia mempunyai fungsi tersendiri, yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai macam virus, dan bakteri yang bisa menyerang kesehatan kita setiap saat.
Picture: Flickr.com/Fozing
6. Baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil
Ibu ibu yang sedang hamil harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan Karbohidrat tinggi. Selain untuk kesehatan ibu, vitamin C dari buah salak ini  juga dapat membantu menyehatkan bayi di dalam kandungan, sehingga bayi lahir dengan keadaan sehat.

7. Untuk program diet
Diet adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang terlalu berlebih. Selain untuk mengubah penampilan, diet juga memiliki manfaat agar timbunan lemak yang berlebih bisa dikendalikan. Banyak orang-orang yang memulai program diet saat badan mereka mulai terlihat gemuk. Namun, Sebagian orang melaksanakan program diet dengan cara mengonsumsi obat-obatan diet yang berbahan kimia, sehingga dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi tubuh. 

Cara alami untuk melakukan program diet adalah dengan mengonsumsi buah salak secara langsung. Karena buah salak mengandung banyak serat, yang mampu menjadikan tubuh kita lebih terasa kenyang dengan waktu yang lama.

8. Memperkuat tulang
Buah salak mengandung banyak kalsium dan kalium, dan mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, Layaknya nutrisi yang terdapat pada buah naga. Jika kita sering memakan buah salak di usia yang masih muda, kita akan mempunyai gigi yang sehat dan tulang yang kuat sampai di kala kita tua nanti. 

9. Membantu mengatasi asam lambung
Kandungan senyawa alami dalam buah salak, sangat membantu Anda dalam mengatasi masalah asam lambung yang berlebih. Tak hanya itu, buah salak juga membantu anda dalam mengatasi rasa mual, sehingga membuat perut anda bisa terasa nyaman kembali. Oleh sebab itulah buah salak juga cukup membantu dalam mengatasi masalah di dalam lambung Anda.
Artikel Terkait