16 Manfaat Dan Khasiat Buah Tomat yang Mengejutkan

Picture: urbanseedling.com
Siapa yang tak tahu dengan nama buah yang satu ini, yakni buah Tomat. Meskipun tomat ini tergolong buah-buahan, tapi banyak orang yang mengelompokkan buah tomat ke keluarga sayuran. Maka tak heran jika banyak orang yang menyebut buah tomat ini sebagai sayuran. Buah tomat termasuk buah yang mengandung banyak vitamin yang cukup kompleks di dalamnya. Dan senyawa lain dalam buah tomat juga memiliki kandungan yang dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

 Buah tomat memiliki ciri fisik yang khusus dan gampang diingat, Mulai dari bentuk buahnya yang bulat dan berwarna merah terang, serta rasanya pun juga asam manis dan segar. Tomat bisa didapat dengan harga yang terbilang cukup ekonomis, lebih-lebih jika kita langsung membelinya ke petani tomat, pasti lebih murah lagi. Buah tomat memiliki ragam kandungan dan senyawa yang aktif untuk menjaga stamina tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan badan kita. Selain itu, tomat juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah kita. 

Perlu anda tahu, Tomat mengandung banyak vitamin, mineral, dan zat-zat penting yang dibutuhkan dalam tubuh manusia. Kandungan buah tomat yang membantu memelihara kesehatan tubuh antara lain Karbohidrat, Protein, Vitamin A, B1, B2, B3, K, C, fosfor, kalsium, zat besi, kalium, natrium, serat, dan mineral. Karena banyaknya kandungan dalam buah tomat, maka tidak heran jika buah tomat ini, banyak dijuluki dengan buah yang ampuh untuk membasmi kanker dalam tubuh. 

Berikut manfaat dan khasiat buah tomat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan Anda :

1. Untuk mencegah kanker
kandungan Likopen di dalam tomat tidaklah sedikit. Buah tomat adalah buah yang terkenal ampuh untuk memerangi sel kanker jahat. Para pakar ilmuwan biologi pernah melakukan uji coba pada kandungan Likopen dalam buah ini. Dan dalam satu butir tomat terdapat 30 % Likopen yang mampu untuk mengatasi risiko kanker dalam tubuh. Jadi kesimpulannya buah tomat ini sangat cocok untuk dikonsumsi seseorang yang menderita penyakit kanker.

2. Meningkatkan penglihatan mata
Meningkatkan penglihatan mata dapat menjadi anugerah terindah dalam hidup kita. Karena mata merupakan bagian organ vital tubuh yang difungsikan untuk menikmati pemandangan yang diciptakan oleh Tuhan semesta alam. Merawat kesehatan mata adalah hal yang paling penting untuk kita lakukan. Selain mempunyai fungsi agar terhindar dari penyakit mata, hal tersebut juga dapat membuat penglihatan mata akan selalu tetap dalam tingkat normal. 

Untuk itu kita harus rajin mengonsumsi tomat, baik secara langsung atau bisa juga dalam bentuk jus tomat. Buah tomat akan selalu menjaga kesehatan mata kita, dan membuat penglihatan kita menjadi tajam dan cerah.

3. Menambah kapasitas ASI pada ibu menyusui
Buah tomat memiliki banyak kandungan yang bisa meningkatkan Likopen ASI bagi ibu ibu yang sedang menyusui. Selain mengonsumsi obat-obatan atau jamu alternatif untuk meningkatkan produksi ASI, Buah tomat juga bisa dijadikan jalan alternatif untuk membantu produksi ASI, lebih maksimal jika buah tomat ini dimasak lebih dahulu.

4. Menurunkan berat badan
Tomat termasuk salah satu tanaman yang mengandung serat dan mineral yang sangat banyak. Sehingga dapat menjadikan buah ini sebagai menu makanan untuk program diet sehari hari.
Picture: modernfarmer.com

5. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan buah tomat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan khasiat buah tomat ini. Dalam buah tomat terdapat kandungan serat, kalium, dan vitamin C, yang mampu untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan kalium dan natrium pada buah tomat ini akan membantu kita mengurangi risiko terjadinya gangguan jantung kardiovaskular.

6. Mencegah hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi sangat berbahaya bagi tubuh kita, karena penyakit ini dapat mengakibatkan risiko terjadinya ‘’kematian’’ sebagian tubuh, atau biasa disebut stroke. Solusi alternatif untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah mengonsumsi buah tomat untuk sajian camilan sehari hari. Bisa juga disajikan dalam bentuk selai untuk dimakan dengan roti, dan bisa juga dalam bentuk jus.

7. Mengurangi rasa sakit
Seseorang yang sering melakukan aktivitas dengan pekerjaan fisik atau sering bekerja keras, akan sering merasakan apa itu sakit punggung atau nyeri punggung. Kandungan bioflavonoid dan karotenoid pada buah tomat tidaklah sedikit. Kandungan inilah yang akan memerangi rasa sakit yang terjadi akibat nyeri kram atau yang lainnya. Karena dua senyawa tersebut dalam buah tomat mengandung anti-inflamasi yang tinggi.

8. Mencegah komedo
Komedo terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat atau bisa juga karena wajah terlalu banyak memproduksi minyak. Buah tomat selain untuk dikonsumsi, juga bisa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Caranya cukup gampang, ambil 1 buah tomat segar dan bilas hingga bersih, setelah itu belah buah tomat menjadi dua bagian. Setelah dibelah, buah tomat langsung bisa ditaruh pada kulit wajah yang mengandung komedo, terutama di daerah sekitar hidung. Lakukan secara rutin dan lihat hasilnya setelah satu Minggu kemudian.

9. Mencegah jerawat
Banyak orang yang penampilannya terganggu akibat tumbuhnya banyak jerawat di wajahnya. Salah satu pemicu tumbuhnya jerawat pada wajah adalah seringnya tidur tanpa mencuci muka terlebih dahulu, dan jarang memperhatikan kesehatan kulit wajah. Buah tomat adalah salah satu solusi yang tepat untuk mencegah timbulnya jerawat. Caranya ambil satu tomat segar, bilas hingga bersih setelah itu irislah tomat menjadi dua. Selanjutnya buah tomat langsung bisa diaplikasikan pada kulit wajah, yang terutama di daerah yang terdapat jerawat.

10. Mengatasi rambut rontok
Buah tomat mengandung banyak vitamin A, yang mempunyai fungsi untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan membantu mengkilapkan rambut. Selain itu buah tomat juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, dengan cara dikonsumsi secara langsung atau bisa juga disajikan dalam bentuk jus.

11. Sebagai tabir surya alami
Terkena sengatan sinar matahari secara langsung dapat mengakibatkan terbakarnya kulit. Nah, kandungan Lycopene pada buah tomat sangat bagus untuk mengatasi hal tersebut, dan membuat kulit akan terjaga dari sinar matahari secara langsung. Dengan begitu, manfaat buah tomat ini juga dapat dijadikan sebagai tabir surya alami. Caranya sangat mudah, ambil 2 buah tomat, haluskan buah tersebut dan oleskan pada kulit wajah sebelum keluar rumah. Selanjutnya biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

12. Mencegah kulit berminyak
Kulit wajah yang memproduksi minyak terlalu banyak akan menjadi salah satu pemicu terjadinya jerawat. Hal tersebut harus kita hindari, yakni dengan buah tomat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Tomat juga dapat anda manfaatkan untuk masker alami, yakni sebagai pencegah kulit berminyak.
Picture: inhabitat.com
13. Membantu pembentukan otot
Pembentukan otot pada tubuh manusia memanglah sangat penting. Pada buah tomat ini mengandung senyawa yang mempunyai fungsi untuk menjaga pembentukan sel otot, serta membantu pertumbuhan otot. Maka dari itulah, mengonsumsi buah tomat secara langsung akan membuat otot kita menjadi sehat dan kuat.

14. Menjaga kesehatan gigi dan tulang
Buah tomat mengandung banyak kalsium dan kalium untuk menjaga kesehatan tulang dan menjaga kesehatan gigi kita. Cara mengonsumsi buah tomat untuk memperkuat tulang dan gigi adalah, Dengan cara dibikin jus dan bisa juga ditambahkan sedikit susu tanpa harus dikasih gula. Dengan begitu jus tomat bisa anda konsumsi secara rutin.

15. Mencerahkan kulit anda
Untuk memiliki kulit yang cerah alami, sebenarnya bisa memanfaatkan bahan alami layaknya Tomat. Hal tersebut karena buah tomat mengandung senyawa alami, yakni Vitamin C, yang membantu anda untuk mencerahkan kondisi kulit. Cara menerapkannya yaitu, potonglah buah tomat menjadi beberapa bagian, lalu oleskan pada kulit wajah anda secara merata. Selanjutnya diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih. 


16. Memenuhi Vitamin harian tubuh
Ragam khasiat di dalam buah tomat ini sangatlah penting bagi tubuh kita. Selain untuk kecantikan, buah tomat ternyata juga penting untuk kebutuhan nutrisi tubuh kita. Hal ini karena Tomat adalah salah satu buah yang dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin yang cukup kompleks bagi tubuh. Untuk itu, semakin kita rajin mengonsumsi tomat maka akan membuat tubuh kita menjadi sehat.
Artikel Terkait