13 Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak yang Mengejutkan


Picture : cushfood.com
Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan ini yang berbuah warna hijau. Bentuk buahnya mirip landak, mempunyai bau yang khas, daging buahnya berwarna putih, dan mempunyai rasa yang asam manis serta segar. Kebanyakan buah sirsak ini juga disajikan dalam berbagai jenis penyajian, ada yang dibuat selai, perasa makanan, dan perasa minuman. Selain itu buah sirsak juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Banyak orang bilang tumbuhan sirsak ini juga dinamakan tumbuhan super, karena sangat banyak manfaatnya dari tumbuhan tersebut. Selain dari buahnya, kulit buah, daun, serta akarnya juga mempunyai manfaat yang ampuh untuk kesehatan tubuh kita. 

Ada banyak ilmuwan berpendapat tentang buah sirsak. Yakni buah sirsak adalah tanaman herbal yang ampuh untuk membunuh sel kanker dalam tubuh kita, dan khasiat ini juga disembunyikan oleh pabrik obat sehingga jarang ada orang yang tahu akan pentingnya manfaat buah ini. Nama dari buah sirsak ini berasal dari Negara Belanda, bahasa latinnya “ZUURZAK” yang mempunyai arti kantong asam. Salah satu keunggulan buah sirsak ini adalah menyembuhkan penyakit kanker. 

Dari dulu hingga sekarang hampir 85% masyarakat yang terkena kanker pasti akan melakukan terapi kemo (Chemotherapy). Selain itu hampir semuanya pabrik di Asia mengolah daun sirsak ini sebagai obat-obatan anti kanker, karena mempunyai kekuatan 10.000 kali lipat lebih ampuh dari pada dengan terapi kemo.

Namun tak kalah penting dengan buahnya, Daun sirsak ini juga mempunyai kandungan yang sangat banyak dan juga penting dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kandungan yang ada pada daun sirsak antara lain:

1. Serat
Daun sirsak ini memiliki kandungan serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan makanan, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu serat juga menjaga berat badan anda agar tetap terkontrol.

2. Acetogenin
Senyawa acetogenin ini memiliki kekuatan hingga 10.000 kali lebih besar untuk mengobati kanker, di bandingkan dengan pengobatan kanker lainnya. Dan keunggulan dari senyawa ini adalah bersifat selektif atau memperbaik pertumbuhan sel sel pada tubuh.

3. Alkaloid
Senyawa alkaloid pada daun sirsak mempunyai sifat fisiologis yang baik, dan juga ampuh untuk memperbaiki sel sel yang rusak.

4. Flavonoid
flavonoid ini memiliki fungsi yang khusus, yaitu antivirus dan anti mikroba. Sehingga dengan senyawa ini khasiat dari daun sirsak bisa membuat tubuh kita menjadi kebal terhadap penyakit, virus, dan bakteri.

5. Tannin
Selain itu dalam daun sirsak ini juga terdapat zat tannin. Tannin adalah kandungan zat yang bersifat seperti Flavonoid, dan juga zat ini dimiliki oleh daun teh. Adanya zat tannin pada daun ini ditandai dengan rasa kesat di lidah, dan sedikit pahit.

6. Glikosida
Senyawa glikosida ini adalah gabungan dari kandungan karbon dan non karbon, atau bisa disebut seperti karbohidrat. Senyawa glikosida ini mempunyai fungsi untuk melancarkan pencernaan makanan.

Nah, sementara keadaan daun sirsak saat ini mulai langka dan juga banyak dicari orang. Karena di dalam daun ini memiliki kandungan bahan aktif yaitu Acetogenins, yang fungsinya bisa untuk membunuh sel kanker lebih hebat dari pada obat kanker lainnya. Oleh karena itu tak ada salahnya jika tumbuhan ini disebut dengan tumbuhan super. 

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dan khasiat yang dihasilkan dari daun sirsak tersebut:

Picture: mbatu.com
1. Menyembuhkan Diabetes
Perlu Anda tahu, Pada daun sirsak terkandung senyawa alami yang mempunyai banyak khasiat, salah satunya yaitu dapat membasmi diabetes, atau menetralkan kadar gula darah. Banyak penderita yang tidak tahu kalau daun ini mempunyai banyak khasiat. Daun sirsak tersebut selain bisa dikonsumsi secara langsung, daun sirsak ini juga bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit diabetes.

2. Mengobati asam urat
Selain menyembuhkan diabetes, manfaat dari daun sirsak ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penderita asam urat. Bahkan kebanyakan pabrik pabrik obat di Asia menggunakan ekstrak dari kandungan daun sirsak ini untuk bahan pembuatan obat-obatan alternatif.

3. Mengobati sakit punggung
Sakit punggung adalah salah satu penyakit yang bisa disebabkan karena terlalu banyak bekerja keras. Bukan hanya itu, selain bekerja keras, Duduk seharian di depan komputer juga bisa membuat punggung kita menjadi sakit. Oleh karena itu untuk melokalisir gangguan tersebut kita harus menjaga pola hidup kita, dan salah satunya kita bisa memanfaatkan air hasil rebusan daun sirsak ini untuk mengobati sakit punggung secara alami.

4. Mengatasi Rematik
Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit seperti ngilu. Karena  organ yang pertama akan diserang adalah sendi, otot, dan tulang yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan. Penyakit rematik ini tergolong penyakit berbahaya, karena setiap orang yang terserang penyakit rematik pasti akan terganggu aktivitasnya, karena merasakan sakit nyeri yang hebat.

5. Mengobati bisul
Mengatasi bisul yang kerap sekali mengganggu kesehatan kulit, ternyata bisa dengan memanfaatkan bahan alami, yakni menggunakan daun sirsak. Cara menerapkannya yaitu, siapkan daun sirsak 5 sampai 10 helai, kemudian tumbuklah hingga halus. Selanjutnya oleskanlah pada bagian kulit yang terdapat bisul, dan biarkan sampai mengering. Dengan begitu, bisul pada kulit akan cepat mengering, dan kulit akan sehat kembali seperti sedia kala.

6. Mengobati Eksim
Eksim adalah sejenis penyakit kulit yang sering dialami oleh orang yang mempunyai kelainan pada kulit. Terutama pada orang yang selalu membiarkan kulitnya lembab dalam waktu yang cukup lama. Salah satu pengobatan alami untuk mengatasi sakit Eksim, Yakni dengan mengonsumsi air dari daun sirsak yang telah direbus. Lakukan konsumsi air rebusan tersebut setiap hari secara rutin.

7. Membasmi Kanker
Banyak sekali gejala kanker yang timbul di sekeliling kita. Kanker termasuk salah satu golongan penyakit yang berbahaya karena bisa merusak bagian organ di dalam tubuh kita. Untuk mengatasi penyebaran sel kanker dalam tubuh, kita harus rutin mengonsumsi ramuan ramuan herbal daun sirsak ini. Karena di dalam daun sirsak ini terdapat senyawa Acetogenins, yang fungsinya bisa memperlambat proses penyebaran sel kanker.

Picture: danednie.com
 8. Melancarkan pencernaan
Hidup sehat sangatlah penting, salah satu kuncinya kita bisa hidup sehat adalah dengan berolahraga. Karena dengan banyak olahraga kita bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. dan membuat proses pencernaan dalam tubuh kita semakin lancar. Selain itu juga ada cara alami untuk melancarkan proses pencernaan makanan, salah satunya dengan memanfaatkan daun sirsak. Karena di dalam daun sirsak ini terdapat kandungan alami, yang mempunyai fungsi  untuk melancarkan proses pencernaan makanan, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

9. Memperbaiki Sel sel yang rusak
Salah satu kandungan yang sangat penting ini juga terdapat di dalam daun sirsak. Karena terdapat zat aktif di dalam daun ini, dan khasiatnya juga sangat besar bagi kesehatan kita. Yaitu bisa memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh kita. Cara untuk mengonsumsi ramuan ini adalah dengan cara direbus daunnya, dan minumlah air hasil rebusan daun sirsak tersebut.

10. Membuat tubuh menjadi kebal terhadap serangan virus
Virus adalah jenis bakteri yang berbahaya di lingkungan sekitar kita. Virus ini bersifat tidak kasat mata, dan Virus ini kebanyakan masuk tubuh kita dengan melalui mulut atau pada saat kita makan, serta juga bisa melalui udara saat kita bernafas. Kita tidak bisa merasakan proses masuknya virus ini ke tubuh kita, tapi kita bisa merasakan risiko dari serangan virus tersebut. Nah.. salah satu cara untuk mengatasi hal yang sering terjadi tersebut, Yaitu dengan ramuan herbal yang mana kita bisa meminum air dari hasil rebusan daun sirsak tersebut.

11. Menurunkan demam
Adanya zat tannin dalam daun sirsak ini juga sangat penting, karena zat tannin ini bisa menetralkan kondisi tubuh kita yang menurun, Selain itu zat tannin juga terdapat pada daun teh.

12. Mencegah komedo
Banyak sesuatu yang menjadi wajah kita tidak enak dipandang salah satunya adalah komedo. Manfaat dari daun sirsak ini juga bisa untuk mengatasi hal tersebut. Caranya ambil daun sirsak beberapa helai atau secukupnya, dan tumbuk hingga halus. Setelah ditumbuk halus kita bisa langsung oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo. Dengan begitu komedo pada wajah anda akan cepat teratasi secara alami.

13. Mengatasi rambut ketombe
Selain untuk kesehatan tubuh, daun sirsak ini juga mempunyai kemampuan yang ampuh untuk membersihkan ketombe di rambut. Caranya sangat mudah, ambil 10 helai daun sirsak lalu rebus sekitar 10 menit. Dan air dari hasil rebusan tadi bisa digunakan untuk keramas pada rambut Anda.

Maka dari itu tak heran jika tanaman ini disebut juga dengan tanaman super. Karena ada banyak manfaat dan khasiat dari taman itu. Selain itu juga banyak obat-obatan alternatif yang menggunakan bahan dasar dari daun sirsak.
Artikel Terkait