5 Manfaat Kulit Rambutan Yang Terlupakan

image: womenfitness.net
Memang cukup terasa kesegaran buah rambutan untuk dinikmati sebagai santapan ringan saat bersantai. Tak luput juga manfaat yang terkandung di dalamnya, akan membantu tubuh untuk menanggulangi berbagai macam penyakit. Namun tahukah anda, ketika kebanyakan orang yang mengonsumsi buah rambutan ini, Mereka cenderung untuk membuang kulitnya dan membiarkannya begitu saja. 

Padahal jika ditengok mengenai kandungan yang terdapat pada kulit rambutan ini, Ternyata memiliki manfaat yang tak kalah hebat dari daging buahnya. Sehingga sayang jika kulit buah rambutan dibiarkan, tanpa memperhatikan sedikit pun akan khasiat luar biasa yang terkandung di dalamnya.

Bahkan, dengan cukup menggunakan bahan dasar dari kulit buah rambutan, dapat diolah menjadi bahan alami untuk mengatasi ragam penyakit yang membahayakan tubuh. Hal ini karena beragam Senyawa Organik yang cukup kuat terdapat pada kulit rambutan. Maka tak heran banyak orang yang menyajikannya sebagai ekstrak maupun obat, yang berguna untuk menyehatkan tubuh. 

Lantas, Apa saja manfaat yang tersimpan di dalam kulit buah rambutan ini..?

1. Sebagai Obat Disentri Alami
Terjadinya disentri kerap dikarenakan oleh infeksi pada organ usus, yang menyebabkan diare dibarengi dengan adanya darah atau lendir. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan kulit rambutan sebagai obat alaminya.

Cara yang Pertama : Anda bisa mengambil kulit rambutan secukupnya saja, kemudian mencucinya sampai bersih. Setelah itu potong kulit rambutan menjadi ukuran kecil-kecil dan rebuslah dengan 3 gelas air, lalu biarkan sampai kondisi air tersisa setengahnya. Kemudian diamkan air sampai dingin dan tuangkan ke dalam gelas. Minumlah air rebusan kulit rambutan ini 2 kali sehari, hingga sampai disentri dapat disembuhkan secara alami.

Cara yang Kedua : Sediakan saja 10 buah rambutan, Kupas dan cuci bersih kulitnya lalu keringkan terlebih dahulu. Setelah itu, potonglah kulit rambutan menjadi ukuran kecil-kecil, barulah anda bisa merebusnya dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah air berkurang menjadi seperempat bagian, anda bisa  menyaring dan menuangkan ke dalam gelas. Kemudian tunggu hingga kondisi air rebusan dingin, dan minumlah 3 kali sehari secara teratur.

2. Mengatasi Demam
Memang demam ini seringkali menimpa bagi kebanyakan orang. Namun untuk menanggulanginya, anda bisa menggunakan kulit rambutan sebagai obat tradisional untuk menurunkan demam.

Cara Penggunaannya : Cukup sediakan saja 15 gram kulit rambutan yang sudah dikeringkan, Kemudian rebuslah dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah itu, diamkan air rebusan selama beberapa menit sampai dingin. Kemudian saring dan tuangkan ke dalam gelas, Lalu minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari.

3. Mencegah Radikal Bebas
Kandungan Asam Galat yang terdapat pada kulit rambutan, memang cukup efektif dalam mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dan sudah sepatutnya kita menjaga tubuh agar terhindar dari radikal berbahaya ini. Oleh karena itu, anda bisa membuat ramuan khusus yang terbuat dari bahan dasar kulit rambutan ini sebagai penangkal radikal bebas.

4. Menangkal Sel Kanker Dalam Tubuh
Salah satu manfaat dari kulit rambutan dapat dijadikan sebagai ramuan alami untuk mencegah penyakit kanker yang membahayakan tubuh. Karena senyawa organik di dalamnya yang berupa Flavonoid, akan berperan sebagai antioksidan kuat untuk melawan sel-sel kanker yang berkembang di dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yang terdapat di University of Chiang Mai, di Thailand, menunjukkan bahwa di dalam buah, biji, maupun kulit rambutan memiliki antioksidan yang cukup kuat berupa Flavonoid. Dan beberapa jenis Flavonoid memang dapat membantu tubuh sebagai Anti-kanker dan Anti-inflamasi.

Hasil temuan tersebut juga diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh Universiti Kebangsaan Malaysia, menunjukkan bahwa pada kulit, biji, maupun buah rambutan memang cukup efektif dalam melawan berbagai jenis penyakit kanker. Maka dari itulah kulit dari buah musiman ini memiliki khasiat luar biasa untuk menunjang kesehatan tubuh.

5. Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh
Selain menanggulangi terjadinya timbunan sel kanker dalam tubuh, kandungan Flavonoid pada kulit rambutan juga dikenal manjur untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Di mana tingkat kolesterol yang tinggi, memang akan memicu berbagai permasalahan pada tubuh. Dengan begitu, membuat ramuan alami yang terbuat dari kulit rambutan akan membantu mengatasi kolesterol berlebih dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Buah Rambutan Bagi Kesehatan
Artikel Terkait