Ternyata 5 Hal ''Sepele'' Ini Bikin Rambut Cepat Beruban

image: wisehomeremedies.com
Terkait pada gaya hidup yang modern saat ini, Banyak orang yang lalai akan menjaga diri dari pola hidup yang sehat.  Sehingga mengakibatkan kesehatan tubuh seseorang semakin menurun. Setiap manusia pasti memiliki ciri atau tanda-tanda penuaan yang berbeda-beda, yang tentunya akan meninggalkan masa mudanya. 

Ada beberapa hal yang akan terjadi saat usia kita  beranjak tua, seperti munculnya kulit keriput, daya ingat melemah, dan munculnya uban di rambut. Namun di sisi lain, Ada hal yang perlu kita waspadai bahwa uban juga dapat muncul lebih cepat sebelum waktunya.

Sering kali kita melihat ada sebagian orang yang berusia muda, tapi uban di kepalanya sudah mulai muncul, Bahkan juga bisa tumbuh lebih banyak. Hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa seseorang mengalami penuaan dini.  Nah, agar kita bisa terhindar dari permasalahan yang bisa mengganggu penampilan ini, maka sudah seharusnya memperhatikan akan kebiasaan yang dapat menyebabkan rambut cepat beruban.

Berikut beberapa kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan rambut kita cepat beruban :

1. Memakai Pewarna Rambut
Kenapa pewarna rambut bisa menyebabkan munculnya uban di usia muda?.
Hal ini dikarenakan pewarna rambut cenderung mengandung zat kimia, yang justru akan membahayakan kesehatan kulit kepala kita. Selain itu juga dapat mengganggu pigmen rambut, yang dapat menjadi pemicu timbulnya uban saat usia masih muda.

2. Merokok
Sebuah penelitian menunjukkan, Bahwa orang yang aktif merokok akan mengalami timbulnya uban 4 kali lebih cepat, dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Hal demikian dapat terjadi karena efek dari rokok akan menghambat aliran darah, yang berfungsi sebagai penyalur zat zat yang dibutuhkan oleh rambut.

3. Pola Makan Tidak Teratur
Banyak sekali risiko jika kita memiliki pola makan yang tidak teratur. Selain bisa mengganggu kesehatan lambung, Efek dari pola makan tidak teratur juga menjadi salah satu pemicu munculnya uban pada rambut. Di saat kita telat makan, maka nutrisi yang akan dibutuhkan oleh tubuh kita berkurang. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan rambut dari makanan juga sangat sedikit. Pada akhirnya, nutrisi rambut tidak bisa terjaga dengan baik, hingga mengakibatkan rambut menjadi lebih cepat beruban.

4. Stres
Stres atau terlalu banyak pikiran sangatlah mengganggu kesehatan tubuh kita, Termasuk kesehatan jiwa kita. Bahkan stres bisa menyebabkan produksi melanin pada rambut menurun atau berkurang. Sementara melanin sendiri berfungsi sebagai pigmen untuk menjaga warna rambut kita. 

Oleh karena itu jika seseorang mengalami stres, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti istirahat yang cukup, refreshing  untuk menyegarkan pikiran, maupun berolahraga agar rasa penat dalam pikiran bisa terkurangi. 

5. Tidak Bisa Mengatur Waktu Dengan Baik
Mengatur waktu adalah kebiasaan yang tidak kalah penting dalam hidup kita. Dengan begitu kita harus menentukan kapan untuk beristirahat, bekerja atau beraktivitas. Sementara jika kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik, maka dapat berisiko semakin menurunnya kesehatan tubuh kita. Pada akhirnya akan menyebabkan penuaan dini, layaknya timbulnya uban di usia muda.

Baca Juga : 6 Makanan Ini Ampuh Cegah Uban Di Usia Muda 

                    : Cara Cepat Singkirkan Uban Dengan Daun Rambutan

                   : Stop... Cabut Uban, Ini Bahayanya

Artikel Terkait