8 Tanda Organ Hati Mengalami Kerusakan

image: healthtap.com
Penyakit Sirosis hati atau juga dikenal dengan organ hati yang mengalami kerusakan, kerap kali menyerang kesehatan tubuh secara mendadak. Jika pada tubuh mengalami  kerusakan organ penting ini, memang bisa saja muncul dengan gejala yang tidak bisa dilihat secara gamblang. Karena bisa saja gangguan kondisi yang semacam ini, kerap sekali mirip dengan gejala penyakit lainnya. 

Namun ketika gangguan hati ini merusak kesehatan tubuh, maka dampak bahayanya pun juga tak bisa diremehkan. Dan tahukah anda, ketika organ hati pada tubuh sedang mengalami kerusakan kemudian dibiarkan begitu saja, Maka dampaknya  pun akan menjalar pada berbagai gangguan tubuh lainnya. Seperti menimbulkan gagal hati, termasuk Aplastic Anemia dan Ascites.

Oleh karena itu, perlunya mengetahui pertanda akan gejala organ hati bermasalah ini memang sangatlah penting. Agar di kala kondisi tubuh tertimpa permasalahan tersebut, bisa langsung melakukan penanganan dengan bantuan medis.

Dan berikut 8 pertanda bahwa organ hati sedang mengalami kerusakan, atau Sirosis hati :

1. Warna Mata Mengalami Perubahan
Terjadinya perubahan warna mata ini biasanya dianggap hal yang sepele. Namun tahukah anda, bahwa kondisi yang semacam ini bisa juga menjadi pertanda fungsi organ hati bermasalah. Terlebih lagi bila perubahan warna mata yang timbul di pagi hari, Maka bisa saja hal itu merupakan indikasi penyakit kuning, atau hepatitis yang tentu membutuhkan penanganan yang tepat.

2. Nyeri Di Bagian Perut
Permasalahan nyeri di bagian perut memang biasa menjadi gejala penyakit ringan. Namun di sisi lain, bisa saja hal demikian menjadi pertanda penyakit serius. Yakni organ hati mengalami kerusakan fungsi, seperti terjadinya pembengkakan hati. Karena organ hati itu sendiri memang terletak di bagian kanan atas perut, yang tentunya akan menjadikan perut bermasalah jika sampai hati mengalami pembengkakan. 

3. Perubahan Warna Urin Yang Gelap
Yang mana kondisi perubahan warna urin bisa juga menjadi indikasi timbulnya kerusakan pada organ hati. Karena jika sampai organ hati pada tubuh mengalami kerusakan fungsi, akibatnya terjadi peningkatan produksi garam di empedu, dan tubuh pun menjadi kekurangan enzim untuk memecahkan zat garam tersebut. 

Sehingga hal itu menimbulkan akumulasi pigmen empedu di dalam tubuh. Pada akhirnya timbullah warna urin yang dikeluarkan menjadi gelap. Bilamana kondisi semacam ini terjadi pada tubuh, maka segera melakukan pemeriksaan secara medis agar bisa mendapat penanggulangan secara efektif.

4. Kaki Mengalami Pembengkakan
Selain kondisi ini menjadi gejala gangguan pada organ paru-paru, kondisi kaki yang mengalami pembengkakan juga menjadi indikasi bahwa organ hati sedang mengalami masalah. Hal demikian karena jika hati sudah mengalami gangguan fungsi, maka organ hati tidak mampu lagi untuk menguras racun di dalam tubuh. Maka terjadilah penumpukan racun yang dapat menghalangi aliran darah dalam tubuh. Sehingga hal tersebut menjadikan bagian kaki mengalami pembengkakan secara mendadak.

5. Nafsu Makan Menjadi Hilang
Jika akumulasi racun menumpuk dan organ hati tak mampu menyaring racun, maka akan dapat mempengaruhi nafsu makan pada seseorang. Oleh sebab itulah kehilangan nafsu makan juga menjadi salah satu indikasi bahwa organ hati sedang bermasalah.

6. Mual dan Muntah
Selain menimbulkan kehilangan nafsu makan, kelebihan racun yang tak dapat dikendalikan oleh hati juga mampu merusak sistem metabolisme tubuh. Hingga pada akhirnya sistem pencernaan mengalami gangguan yang cukup signifikan. Di antaranya sering merasa mual dan muntah yang tiada henti.

7. Bau Pada Mulut
Ketika racun tak bisa dibersihkan oleh organ hati dan merusak kesehatan pencernaan, Maka efek yang ditimbulkan yakni bau mulut yang tidak sedap. Dengan adanya kondisi semacam ini, maka bisa menjadi indikasi organ hati bermasalah yang perlu diperhatikan.

8. Sering Mimisan
Jika tubuh sering mengalami mimisan yang terus-menerus atau berulang kali, Maka hal ini juga bisa menjadi gejala kerusakan pada organ hati yang cukup serius. Sehingga harus secepatnya meminta bantuan medis, Agar segera mendapat penanganan secara intensif.

Baca Juga : Makanan Ini Mampu Bersihkan Hati Dari Racun Tubuh
 
Artikel Terkait