Trik Agar Cumi-cumi Empuk Dan Tidak Amis Saat Digoreng

Picture: aegeaneating.com
Kegiatan memasak cumi-cumi tidaklah menjadi suatu hal yang jarang dilakukan bagi para ibu rumah tangga. Selain dikenal akan rasanya yang cukup nikmat dan kenyal, daging cumi-cumi memang menjadi makanan pilihan yang membantu menyehatkan tubuh, karena diperkaya dengan kandungan protein di dalamnya. Namun tahukah anda, bahwa tidak jarang orang yang merasa kesulitan untuk memasak jenis seafood yang satu ini.

Yang mana ketika cumi-cumi ini dimasak atau digoreng, hasilnya tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan. Yakni daging cumi-cumi menjadi alot dan keras ketika dikonsumsi. Hal demikian memang cukup meresahkan bagi sebagian besar orang, terutama bagi ibu rumah tangga yang sedang menjadikan seafood sebagai menu hidangan keluarga.

Sehingga menerapkan sebuah cara memasak cumi-cumi yang tepat sangatlah diperlukan. Di sini anda janganlah khawatir, bahwa ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat cumi-cumi empuk, nikmat, dan tidak amis saat dimasak atau digoreng. Alhasil, anda bersama keluarga bisa menikmati hidangan cumi-cumi tersebut dengan rasa yang nikmat, dan tidak sampai alot saat dikonsumsi.

Berikut cara menggoreng cumi-cumi agar lebih terasa empuk dan tidak amis : 

# Cara Menghilangkan cumi-cumi dari bau amis :

Untuk menghindarkan daging cumi-cumi dari bau amis yang ditimbulkan saat dimasak, maka anda bisa terlebih dahulu membersihkan seafood ini dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Cukup bersihkan selaput-selaputnya dengan air tersebut, hingga bau amis pada daging cumi-cumi dapat dihilangkan. Setelah itu bilas dengan air biasa, Barulah anda bisa memasak atau menggorengnya.

# Cara menggorengnya :

1. Menggoreng Cumi-cumi Dengan Jumlah Minyak Yang Banyak
Teknik ini dikenal dengan sebutan Deep Fry. Ini artinya ketika anda hendak menggoreng daging cumi-cumi agar tidak alot, sebaiknya menggunakan minyak dengan jumlah banyak. Yang mana di saat cumi-cumi siap untuk dimasukkan ke dalam wajan penggorengan, maka dagingnya pun dapat terendam secara keseluruhan.

2. Tepat Dalam mengatur Suhu Minyak Goreng
Ingatlah, jika daging cumi-cumi digoreng dengan suhu panas yang kurang maksimal, maka akan menjadikan daging cumi-cumi tersebut tidak bisa matang secara sempurna. Dan hal ini bisa menyebabkan daging cumi-cumi menjadi alot saat dikonsumsi. Oleh sebab itulah anda bisa memperhatikan suhu panas  dari minyak goreng itu sendiri.

Usahakan suhu panas minyak mencapai 180 derajat saat menggoreng daging cumi-cumi. Hal demikian bisa anda lihat dari keberadaan minyak yang mulai berasap saat dipanaskan dalam wajan penggorengan.

3. Perhatikan Waktu Penggorengannya
Untuk menggoreng cumi-cumi memang dibutuhkan waktu yang tepat. Dan hendaknya anda bisa menggoreng daging seafood ini selama kurang lebih 1 hingga 2 menit saja. Karena jika sampai daging cumi-cumi digoreng dengan waktu yang terlalu lama, maka malah mengakibatkan daging cumi-cumi menjadi alot.
Artikel Terkait