Tips Agar Kue Lemper Tidak Cepat Basi

Gambar: kuliner.bacainfo.com
Tentunya kita sudah mengenal jenis jajanan nusantara yang satu ini. Sebut saja lemper, yang merupakan makanan khas berbahan dasar ketan dan dikukus daun pisang, serta aromanya yang sedap dan enak ketika dikonsumsi. Bahkan terdapatnya isi lemper yang berupa daging ayam juga akan menambah rasa lemper ini semakin menggoda.

Di sisi lain, Tak sedikit yang didapat untuk kesehatan tubuh akan manfaat yang terdapat pada jajanan khas ini. Dilihat dari segi isinya yang cukup padat, mengonsumsi lemper menjadikan tubuh akan cepat kenyang, serta ditambah kandungan Polifenol yang dibawa oleh daun pisang. Yang mana kandungan daun pisang akan menyerap ke dalam kue lemper, dan membuat khasiatnya semakin kompleks.

Sayangnya, lemper ini juga tidak bisa bertahan lama dan mudah sekali basi. Karena lemper itu sendiri memang terbuat dari bahan basah. Namun anda janganlah khawatir, ada beberapa langkah yang patut anda jadikan cara agar jajanan enak ini bisa bertahan lama. Sehingga untuk mengolah makanan ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan secara seksama.
Berikut cara yang bisa anda terapkan agar kue lemper tidak cepat basi :

1. Perhatikan Saat Memasak Beras Ketan dan Santan
Saat membuat lemper agar bisa bertahan lama dan tidak mudah basi, Terlebih dahulu memperhatikan saat memasak beras ketan sebagai bahan dasar pembuatannya. Masaklah beras ketan tersebut dengan menggunakan teknik setengah tanak dengan cara mengukusnya.
Kemudian anda bisa melanjutkan dengan memasak air santan sampai mendidih. 

Setelah kedua langkah tersebut anda terapkan, barulah anda mencampurkan beras ketan dan santan yang sudah diolah tadi menjadi satu. Aduklah kedua bahan secara perlahan, dan diamkan sampai kondisi santan mampu diserap oleh beras ketan secara keseluruhan. 

Setelah kedua bahan tersebut dipadukan, maka kukuslah selama kurang lebih 30 menit hingga sampai tanak dan nantinya siap dibungkus daun pisang.

2. Olah Isian Ayam Dengan Tepat
Biasanya di dalam kue lemper terdapat isian ayam, yang menjadi selingan di dalam lemper agar bertambah nikmat rasanya. Dan usahakan isian ayam yang akan ditaburkan tersebut benar-benar kering agar bisa lebih bertahan lama saat disimpan nantinya. Hal demikian karena ketika isian ayam ini dibuat kering, maka secara tidak langsung akan dapat menyerap kandungan santan yang tercampur pada beras ketan. Langkah selanjutnya, Barulah anda bisa membungkusnya menggunakan daun pisang, lalu masukkan ke dalam kulkas untuk menyimpannya.

Dengan menerapkan cara di atas, biasanya kondisi lemper akan bisa bertahan lebih lama kurang lebih 2 sampai 3 hari. Namun bila anda berkenan untuk menyajikannya, maka anda bisa mengukus atau memanggangnya agar jajanan ini dapat dinikmati dengan rasa yang lebih sempurna.
Artikel Terkait