7 Cara Mengatasi Kram Pada Kaki Yang Terjadi Secara Tiba-tiba

Gambar: livestrong.com
Kaki kram merupakan salah satu masalah yang biasanya dialami oleh orang yang menjalankan aktivitas sehari-hari, baik aktivitas yang berat maupun ringan. Kram ini selalu datang dengan tiba-tiba, entah orang tersebut sedang olahraga lari, berenang, atau gerakan tubuh lainnya. Tidak hanya itu, kram tidak pandang umur entah itu terjadi pada orang yang berusia muda maupun sudah lanjut usia.

Gejala tersebut muncul karena kekurangan oksigen ke otot, atau biasa disebut sebagai kelainan pada bagian otot. Pastinya sangat bahaya apabila hal ini tidak segera diatasi, terlebih lagi bila Anda sedang berenang, akan sangat membahayakan bagi  Anda. Sehingga Anda harus mengantisipasinya, agar tidak terjadi gangguan pada otot yang berkelanjutan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?, Berikut ada 7 tips mudah dalam mengatasi kram pada kaki yang terjadi secara tiba-tiba.

1. Pijatan Lembut
Ketika kaki Anda tiba-tiba kram, segeralah pijat bagian kram tersebut dengan lembut tetapi sedikit cepat. Ketika kram terjadi, pastinya otot Anda akan kaku dan sakit bila digerakkan. Langkah tersebut membantu Anda untuk menstabilkan peredaran darah pada bagian otot yang kram.

Jika peredaran darah Anda sudah normal kembali, perlahan-lahan kram pada kaki Anda akan hilang. Apabila memungkinkan, kompreslah kaki Anda menggunakan air hangat. Karena air hangat lebih efektif untuk menstabilkan peredaran darah, dan lebih cepat membantu memulihkan otot kaki Anda.

2. Peregangan Otot
Langkah kedua jika kram datang secara tiba-tiba, segeralah melakukan peregangan pada otot Anda seperti meluruskan kaki. Ketika Anda menggerakkan kaki memang terasa sakit, tetapi itu hanya sementara saja. 

Tidak perlu panik, apabila Anda panik malah tidak akan menghilangkan kram tersebut. Pastikan otot-otot pada kaki Anda memiliki pasokan oksigen dan tariklah nafas secara perlahan. Dengan begitu, perlahan-lahan kram pada kaki Anda akan menghilang.

3. Minum Air Putih
Tidak hanya karena kekurangan asupan oksigen, otot juga dapat dehidrasi. Bila kaki Anda kram, minumlah beberapa gelas air putih hingga tubuh Anda benar-benar telah terhidrasi. Selain untuk menghilangkan kram, air putih juga dapat menambah energi Anda. Rasa lelah akan sedikit hilang dengan Anda meminum air putih.

4. Melakukan Pemanasan
Banyak orang telah mengatakan bahwa, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kaki kram terjadi juga karena Anda tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Misalnya sudah lama tidak olahraga, tiba-tiba Anda berolahraga, maka hal tersebut sangat rentan terkena gejala kram.

Sebelum melakukan olahraga berat, lebih baik Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu kurang lebih selama 3 sampai 5 menit saja. Sembari Anda melakukan pemanasan hiruplah oksigen secara perlahan, hal tersebut dilakukan untuk memberi pasokan oksigen pada bagian otot-otot Anda.

5. Jangan Banyak Makan Sebelum Olahraga
Ternyata kekenyangan juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kram. Sebelum Anda melakukan olahraga, makanlah secukupnya saja. Lagi pula bila Anda kekenyangan, maka olahraga juga tidak akan nyaman. Apabila selesai makan, diamkan diri Anda terlebih dahulu agar makanan tercerna dengan baik. Barulah setelah itu anda bisa menjalankan aktivitas olahraga.

6. Konsumsi Makanan Bergizi
Apabila Anda tidak ingin terkena kram, lebih baik banyaklah mengonsumsi makanan yang bergizi, terutama seperti makanan yang banyak memiliki magnesium, kalsium, dan potasium. Anda bisa mendapatkannya pada buah pisang, Yakni dengan memakan 4 buah pisang saja dalam sehari sudah dapat memenuhi kebutuhan potasium pada tubuh Anda.

7. Menekuk Kaki
Menekuk kaki ini dilakukan apabila kram terjadi pada paha Anda. Bagian paha dapat terkena kram biasanya karena posisi duduk Anda salah. Kram pada paha ini ada dua bagian, yaitu kram otot pada bagian depan dan belakang.

Menekuk kaki ini hanya digunakan untuk kram pada paha bagian depan saja. Tujuannya untuk meluruskan otot-otot paha pada bagian depan. Untuk langkahnya, berdirilah dan tekuk salah satu kaki Anda yang kram sehingga betis bagian belakang menyentuh paha bagian belakang. Diamkan beberapa saat hingga kram hilang. Untuk kram pada paha bagian belakang lakukan sebaliknya, Yaitu duduklah dan luruskan kaki Anda hingga kram mereda. 

Selain kram terjadi pada bagian kaki, Gangguan kram juga bisa terjadi pada perut Anda. Nah untuk mengatasi kram pada bagian perut, Anda bisa melakukan salah satu cara, yakni dengan berbaring. Berbaring memang bisa menjadi langkah untuk menyembuhkan kram pada bagian perut. Pada umumnya kram perut ini terjadi pada wanita yang sedang datang bulan, atau yang sedang dalam kondisi kelelahan.

Bila kram perut terjadi, baringkan tubuh dan sedikit pijat perut Anda secara perlahan. Jika Anda tidak dapat menahan rasa sakit ketika dipijat, Anda juga dapat mengompres perut dengan air hangat.
Artikel Terkait