5 Cara Agar Minyak Tak Mudah Meletup Saat Menggoreng Ikan

Gambar: vemale.com
Tak heran, rutinitas goreng-menggoreng ikan di dapur rumah, tentunya sudah menjadi agenda harian yang tak dapat dilewatkan. Terlebih lagi nutrisi pada ikan yang sangat menyehatkan untuk tubuh kita, menjadikan setiap orang gemar mengonsumsi ikan ini. 

Akan tetapi bagi para ibu rumah tangga, pastinya menyadari bahwa minyak goreng kerap kali meletup saat digunakan untuk menggoreng ikan. Apalagi letupan dari minyak goreng ini, terkadang tanpa sengaja mengenai kulit serta sangat menyakitkan. Bahkan tak sedikit orang yang kerap kali mengalami luka pada kulit, yang disebabkan oleh letupan minyak saat menggoreng ikan.


Namun anda tak usah bingung, Karena ada cara yang cukup sederhana agar minyak goreng tidak sampai meletup serta mengenai kulit kita. Sementara tips ini bisa kita terapkan dengan mudah, terutama bagi para ibu yang aktif pada rutinitas di dapur masak. Lantas bagaimana caranya ..?


Nah, Berikut ini tips mudah yang bisa diterapkan saat menggoreng ikan, sehingga minyak goreng tak sampai meletup dan mengenai kulit kita.

1. Perhatikan banyaknya minyak goreng yang dituangkan
Memperhatikan jumlah minyak goreng yang dituangkan pada wajan penggorengan juga sangat mempengaruhi. Jadi, di saat anda hendak menggunakan minyak untuk menggoreng ikan, usahakan dalam menuangkan minyak tidak lebih dari sepertiga ukuran wajan penggorengan tersebut. 

Hal demikian karena jika minyak goreng yang dituangkan terlalu berlebihan, akibatnya minyak akan naik ke permukaan, dan menjadikan minyak mudah pula menguap. Dan pada akhirnya memicu timbulnya letupan ketika digunakan untuk menggoreng ikan. Oleh karena itu, tuangkan minyak yang secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan.

2. Jagalah suhu panas pada minyak goreng
Agar minyak goreng tidak sampai meletup, hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga suhu panas minyak goreng itu sendiri. Dan ternyata dengan menggunakan suhu panas yang tinggi, maka akan dapat menghindarkan dari timbulnya letupan minyak di saat menggoreng ikan. 

Semisal menggunakan titik didih Sunflower oil atau Vegetable oil, maka akan mampu membantu melancarkan proses penggorengan ikan, serta tidak sampai terjadi letupan. Jadi sebelum ikan digoreng, tunggulah dahulu hingga suhu panas minyak goreng benar-benar siap untuk digunakan.

3. Ukurlah jumlah ikan yang akan digoreng
Dalam satu kali proses anda menggoreng ikan dalam wajan penggorengan, maka ukurlah jumlah ikan yang akan digoreng. Jika jumlah ikan yang digoreng terlalu banyak, maka hal demikian juga akan menjadikan suhu minyak goreng menurun atau tidak stabil. Selain itu, proses penggorengannya pun juga akan semakin lama, dan kemungkinan besar akan menimbulkan letupan di saat menggoreng ikan.

Oleh karena itu, seimbangkanlah jumlah ikan yang akan digoreng dalam satu kali proses penggorengan. Dengan begitu akan mampu mempercepat proses penggorengan, dan terhindar dari letupan minyak goreng tersebut.

4. Melapisi ( membungkus ) ikan dengan daun pisang
Agar dapat terhindar dari terjadinya letupan saat menggoreng ikan, anda bisa terlebih dahulu melapisi ikan atau membungkusnya dengan menggunakan daun pisang. Dan cara ini bisa anda terapkan dengan mudah agar terhindar dari letupan minyak, karena panas pada minyak goreng akan mudah terserap pada daun pisang tersebut.

5. Campurkan minyak goreng dengan jeruk nipis
Cara ampuh lainnya untuk menanggulangi terjadinya letupan di saat menggoreng ikan, cobalah untuk meneteskan jeruk nipis secukupnya sebelum digunakan untuk menggoreng ikan. Dengan menggunakan cara tersebut, juga dikenal cukup ampuh untuk mencegah terjadinya minyak goreng meletup ke permukaan, dan tidak sampai melukai kulit anda.
Baca Juga :  Trik Jitu Jernihkan Minyak Goreng Bekas Pakai


Artikel Terkait