Jangan Panik, Lakukan Ini Jika Anda Cegukan

Gambar: theodysseyonline.com
Di dalam kehidupan sehari-hari, bagi semua kalangan memang tidak bisa terlepas dari yang namanya cegukan. Kondisi semacam ini secara umum memang disebabkan oleh terjadinya kontraksi pada bagian membran otot, yang memisahkan perut dan rongga dada. Yang pada akhirnya menghasilkan bunyi “hik” secara berulang-ulang. 

Meski cegukan menjadi permasalahan sepele, akan tetapi hal itu cukup mengganggu alat pernapasan di tubuh, yakni menjadi sedikit terhambat. Tak hanya orang dewasa, cegukan juga kerap menimpa anak-anak atau pada bayi yang masih belia ini. Pastinya bagi setiap orang tua akan merasa resah dan takut bila sampai kondisi cegukan yang dialami mengganggu kesehatan anak.

Dan perlu anda tahu, bahwa jika cegukan dialami orang dewasa, biasanya memang disebabkan oleh kurangnya asupan mineral dalam tubuh. Namun berbagai macam faktor, cegukan ini terjadi bisa juga dikarenakan  oleh ragam minuman panas, minuman beralkohol, minuman dingin yang dikonsumsi secara berlebih, terjadinya perut kembung, tingkat stres tinggi, rasa takut berlebihan, melahap makanan terlalu cepat, terjadinya masalah kesehatan tubuh seperti gangguan sistem saraf, pernapasan, pencernaan, serta efek samping dari jenis obat-obatan tertentu.

Akan tetapi, untuk menghentikan cegukan ini anda tak usah khawatir. Karena ada cara alami untuk mengatasi cegukan dengan mudah. Apalagi jika Si kecil di rumah mengalami kondisi yang semacam ini, Maka bagi setiap orang tua bisa langsung menerapkan cara ini.

Berikut serangkaian cara untuk mengatasi cegukan secara alami :

1. Mengonsumsi Selai Kacang
Untuk mengatasi cegukan tanpa ribet, anda bisa mengonsumsi selai kacang sebanyak satu sendok. Alhasil, keberadaan cegukan bisa segera dituntaskan secara alami dengan waktu yang cukup singkat. Cara tersebut juga dapat diterapkan pada si kecil di rumah apabila mengalami cegukan secara tiba-tiba.

Hal demikian karena kandungan protein yang tergolong sempurna pada jenis selai yang satu ini, dapat menghentikan cegukan dengan mudah. Selain itu, selai kacang juga memiliki efek lengket yang mampu mengubah irama pernapasan di tubuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya bila anda berniat untuk mencoba menjadikan selai kacang ini sebagai obat cegukan.

2. Gunakan Minyak Kayu Putih
Kegunaan dari minyak kayu putih ini memang cukup membantu untuk menyehatkan tubuh. Apalagi dalam mengatasi cegukan yang anda alami. Maka cukuplah anda mengoleskan minyak ajaib ini pada bagian leher hingga sampai perut, guna untuk menyuplai serta menormalkan kinerja organ dalam tubuh. Dengan adanya hal tersebut, secara tidak langsung keberadaan cegukan pun juga akan segera mereda, serta dapat ditanggulangi secara alami.

3. Menggunakan Bubuk Kapulaga
Tahukah anda, bahwa kapulaga juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk menghentikan cegukan secara sempurna. Selain itu, kapulaga juga dapat menanggulangi keberadaan otot-otot yang tegang di dalam tubuh anda.

Maka gunakanlah satu sendok kapulaga yang sudah diracik menjadi bubuk, untuk dijadikan seduhan seperti teh. Minumlah secara perlahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi cegukan, sehingga dapat segera mereda.

4. Kombinasi Yoghurt Dan Garam
Yoghurt memang cukup dikenal sebagai minuman enak yang mampu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Namun anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi cegukan. Yakni padukan yoghurt dengan sedikit garam kemudian mengonsumsinya. Dengan begitu, cegukan yang anda alami pun bisa segera dihentikan secara aman dan mudah.

5. Menahan Napas Selama Beberapa detik
Selain menggunakan aneka ramuan alami, ada juga teknik yang tidak kalah ampuh untuk meredakan cegukan dengan segera. Yakni dengan menahan napas kurang lebih 10 detik, kemudian bernapaslah seperti biasanya, dan lakukan cara ini berulang kali. Selain itu, anda juga bisa bernapas di kantong kertas untuk mendapatkan hasil sempurna dalam menghentikan cegukan yang tak kunjung mereda.

6. Gunakan Jeruk Nipis
Dengan cara mengunyah jeruk nipis atau menjadikannya seduhan, maka cegukan juga bisa ditanggulangi dengan mudah dan aman. Sehingga tidak ada salahnya jika cara tersebut bisa anda terapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Agar nantinya timbulnya cegukan tidak lagi menghambat rutinitas anda.

Hal demikian karena kandungan Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis ini, memang mampu untuk menjadi obat cegukan, serta membantu meningkatkan daya imunitas tubuh anda.
Picture: kikn.com
7. Mengusap Dagu Dengan Air Es
Teknik lain yang bisa anda gunakan untuk menangani cegukan, yakni usapkanlah air es pada bagian dagu secara perlahan. Dengan begitu, dalam kurun waktu yang tidak lama cegukan dapat diredakan secara efektif.

8. Manfaatkan Gula Pasir Yang Ada Di dapur
Gula juga bisa menjadi penolong bagi setiap orang yang mengalami cegukan. Dan untuk menerapkan cara ini, anda bisa terlebih dahulu mendongakkan leher sedikit ke belakang. Kemudian konsumsilah satu sendok teh gula pasir, dibarengi dengan minum setengah gelas air putih. 

9. Menggunakan Teknik Pijat
Terlebih dahulu anda meletakkan jari-jari tangan pada langit-langit. Kemudian memijatnya secara perlahan untuk menghentikan cegukan yang terjadi secara berulang kali. Bahkan anda bisa menerapkan cara tersebut untuk menuntaskan cegukan yang terjadi pada anak-anak.

10. Minum Seduhan Teh Chamomile
Teh Chamomile memang mampu memberikan sifat penenang. Pada bahan alami ini cukup membantu dalam meredakan kontraksi membran otot atau diafragma, yang menjadi penyebab cegukan. 

Caranya, Tuangkan satu sendok teh Chamomile ke dalam satu cangkir air panas. Kemudian mendiamkannya sejenak, dan minumlah secara perlahan. Dengan begitu, keberadaan cegukan akan mampu dihentikan secara alami dan efektif.

11. Mengonsumsi Jahe
Jahe memang termasuk bahan alami yang sangat baik untuk menyingkirkan cegukan dengan aman. Bahkan anda bisa mengunyahnya secara langsung dari potongan jahe yang sudah dikupas dan dibersihkan. Atau anda juga bisa membuat jahe ini sebagai minuman hangat yang menyehatkan bagi tubuh. 

Nah... Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda bisa minum banyak air putih  ketika cegukan sedang menimpa. Sementara cara ini memang cukup populer diterapkan oleh sebagian besar orang.
Artikel Terkait