Cara Ampuh Mengusir Semut Dengan Bahan Dapur

image: antinvasion.net
Melihat semut yang berkeliaran terus menerus di dalam rumah, tentu hal tersebut kerap membuat risih dan tidak nyaman dipandang mata bukan…?. Apalagi saat tersedia berbagai makanan dan minuman manis yang telah siap saji di meja makan. Maka tidak lama kemudian semut-semut berkerumunan serta berdatangan untuk mendekati makanan tersebut, hingga pada akhirnya membuat rasa jengkel anda semakin bertambah.

Dan pasti anda pernah berpikir untuk mengusir semua semut dengan segala macam cara, agar mereka tak lagi mengitari ruangan dan mengganggu suasana di rumah. Terlebih lagi mengganggu hidangan di meja makan Anda.

Bagi kebanyakan orang, biasanya menggunakan bahan kimia berupa semprotan pengusir semut untuk membasmi mereka dalam waktu sekejap. Namun jika sampai bahan kimia tersebut mengenai makanan atau tercampur dengan hidangan yang disajikan, Tentu hal demikian akan membuat makanan tersebut kurang sehat untuk dikonsumsi.

Lantas, bagaimana cara yang mudah untuk mengusir semut-semut di ruangan rumah dengan aman dan sehat…?. Anda bisa menengok serangkaian bumbu atau bahan dapur yang bisa digunakan untuk membasmi semua semut di ruangan anda. 

Nah, Berikut beberapa bumbu dapur yang bisa anda manfaatkan untuk mengusir semut dengan mudah dan aman :

1. Menggunakan Bubuk Cabai Rawit
Cabai memang dikenal sebagai rempah pedas yang cukup manjur untuk mengusir semut-semut yang berkeliaran di rumah anda. Oleh sebab itu, selain menjadi bumbu dapur yang menyehatkan bagi tubuh, anda bisa menggunakan cabai sebagai bubuk pengusir semut yang cukup ampuh. 

Jika anda ingin mengusir semut agar tidak sampai mengusik gula di dapur, Maka cukup letakkan saja bubuk cabai rawit di dekat wadah gula tersebut. Sehingga keberadaan semut-semut tersebut tidak akan berani mendekati gula, maupun makanan manis yang telah dihidangkan.

2. Mengusir Semut Dengan Kayu Manis
Siapa yang tak kenal dengan kayu ajaib ini..?, Memang pada dasarnya kayu manis kerap kali digunakan untuk perawatan sekaligus menyehatkan kulit di tubuh anda. Namun tahukah anda, bahwa dengan menggunakan kayu manis, anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir semut yang berkerumun di dapur maupun di meja makan. Karena bau khas yang ditimbulkan oleh kayu manis memang ditakuti oleh semut. Sehingga mereka tidak segan-segan menjauh bila terdapat bau yang terkandung dari kayu ini.

Cara menggunakannya : Untuk mengusir semut agar tidak mendekati gula, maka anda bisa memasukkan sebatang kayu manis ke dalam wadah gula tersebut. Namun jika anda berniat untuk mengusir semut di ruangan tertentu, Maka anda bisa taburkan serbuk kayu manis di sekelilingnya. Dengan begitu, semut-semut akan menjauh dari meja makan atau ruangan rumah anda.

3. Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih memang menjadi bumbu dapur yang biasa ada di dapur rumah anda. Jadi untuk mengusir semut tanpa ribet, Anda bisa langsung mengupas dan mengiris bawang putih secukupnya. Kemudian letakkanlah pada sudut ruangan di mana anda sering melihat semut berkeliaran. Atau bila perlu, anda juga bisa meletakkan potongan bawang putih di dekat toples gula yang ada di dapur. 

4. Gunakan Lada Menjadi Semprotan Alami
Jika semut-semut sudah menyebar di sekitar ruangan rumah, maka anda bisa meracik semprotan alami. Yakni menggunakan lada sebagai bahan dasarnya. Cukup anda campurkan lada yang sudah dihaluskan dengan air panas secukupnya. Kemudian masukkan ke dalam satu wadah dan semprotkan pada ruangan rumah, meja makan, maupun dapur yang sering dihuni semut.

5. Dengan Menggunakan Cuka
Bau menyengat pada cuka memang sangat tidak disukai oleh semut. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir semut dengan cepat dan mudah. Kombinasikan cuka dan air secukupnya ke dalam satu wadah. Setelah itu semprotkan pada bagian ruangan rumah anda. Dengan begitu semut tidak lagi berkerumun dan mengganggu setiap aktivitas anda sehari-hari.

Dan ingat, selain menggunakan cuka untuk membasmi semut di rumah, anda bisa menggunakan garam sebagai pengganti cuka. Yakni dengan mencampurkan garam dan air, kemudian menyemprotkan pada sudut ruangan maupun dapur yang sering dijadikan sarang semut.
Artikel Terkait