12 Pertanda Otak Terserang Penyakit Parkinson

Gambar: desimd.com
Kemunculan penyakit Parkinson yang menyerang bagian otak kecil, atau juga kerap dikenal dengan istilah Substantia Nigra ini, memang datang secara tak terduga. Di mana bagi penderita yang mengalami penyakit tersebut memang tidak menduga, bahwa produksi Dopamin di dalam otak yang membantu untuk mengkoordinasi atau mengatur pergerakan otot-otot di tubuh mereka menjadi berkurang. 

Sehingga kondisi sel-sel saraf di otak mengalami kerusakan, dan terjadilah ketidakseimbangan saraf otak dalam menjalankan fungsi otot pada tubuh. Oleh sebab itu, bukan hanya penyakit Alzheimer dan Dimensia saja yang menjadikan otak mengalami gangguan. Akan tetapi timbulnya Parkinson juga sangat memengaruhi kesehatan otak manusia. 

Parkinson merusak kesehatan organ otak memang dipicu oleh beberapa faktor yang perlu untuk diketahui. Di antarannya karena faktor keberadaan racun yang mengendap dalam tubuh, faktor genetik, efek samping dalam jangka panjang dari obat-obatan tertentu, maupun dikarenakan oleh lingkungan yang tidak sehat. Yang semuanya itu akan memicu adanya tanda-tanda dan gejala bahwa tubuh sedang mengalami penyakit yang cukup serius, dan harus segera ditanggulangi.

Lantas, Apa saja yang menjadi tanda-tanda bahwa organ otak di tubuh sedang terserang Parkinson…? Berikut ulasannya :

1. Sebagian Tubuh Terasa Lemah dan Lebih Kaku
Memang pada dasarnya terjadinya gejala awal dari Parkinson cukup sulit untuk diidentifikasi. Namun secara umum, kondisi bagian tubuh tertentu akan terasa lebih lemah dan kaku. Sehingga ketika sel saraf otak menggerakkan otot-otot di tubuh, akan mengalami sedikit hambatan dan terasa lebih berat. Oleh sebab itu, keadaan yang semacam ini bisa menjadi tanda akan timbulnya penyakit Parkinson yang mengganggu kesehatan tubuh.

2. Terjadinya Tremor atau Gemetaran Pada Organ Tubuh Tertentu
Ketika keadaan salah satu tangan telah terjadi tremor atau gemetar, maka hal tersebut memang menjadi indikasi umum yang menunjukkan bahwa timbulnya Parkinson menyerang kesehatan sel saraf otak. Bahkan bisa juga terjadinya gemetar ini dialami oleh bagian tubuh lainnya, seperti bibir, dagu, dan jari tangan.  

3. Tubuh Terasa Sulit Untuk Berjalan atau Melakukan Gerakan
Di saat tubuh sedang melakukan gerakan atau berjalan, tiba-tiba saja keadaan kaki terasa sulit digerakkan. Bahkan ketika tubuh mengayunkan tangan saat berjalan terasa lebih kaku, maka bisa jadi hal demikian merupakan salah satu tanda dari adanya penyakit Parkinson. Dan mungkin saja keadaan tersebut tidak terasa bagi penderitanya. Maka ada baiknya bila gejala tersebut diperiksakan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

4. Indera Penciuman Menjadi Lemah
Fungsi indera penciuman akan melemah seiring dengan asupan Dopamine yang berkurang. Sehingga hal tersebut dapat menjadikan organ hidung mengalami kehilangan fungsi, dan saraf pun tidak sampai menghantarkan isyarat bau yang diterima oleh indera penciuman. Melemahnya fungsi indera penciuman ini, juga menjadi salah satu indikasi akan timbulnya penyakit Parkinson. Semisal, banyak orang yang mengatakan bahwa terdapat bau harum di sekeliling mereka, namun bagi penderita Parkinson tidak mampu mencium bau harum tersebut. 

5. Lambatnya Gerakan Tangan Saat Menulis
Sebagai tanda keberadaan penyakit Parkinson, salah satunya yakni lambatnya tangan saat digunakan untuk menulis. Persoalan semacam ini juga kerap dikenal dengan sebutan Bradykinesia. Yakni hilangnya gerakan spontan terutama pada bagian tangan yang tidak seperti biasanya. 

6. Kesulitan Untuk Tidur
Kesulitan tidur memang tidak hanya diderita oleh penderita insomnia saja. Akan tetapi tidak sedikit pasien yang terkena Parkinson, juga kerap sekali mengalami rasa sulit untuk tidur. Yang mana permasalahan ini kerap dipicu oleh sindrom kaki gelisah, yang berupa rasa kesemutan di bagian kaki saat hendak tidur. Atau bahkan mereka kerap kali mengalami berhenti saat bernapas ketika tidur di tengah-tengah malam.

Picture: drjockers.com
7. Terjadinya Sembelit
Sebagai tanda awal terjadinya Parkinson, hal yang paling umum dirasakan oleh pasien yakni mengalami sembelit dan susah sekali BAK ( buang air kecil ). Yang mana hal tersebut dikarenakan oleh pengaruh dari sistem saraf otonom yang mulai mengalami gangguan. Di mana saraf yang satu ini, memang memiliki kinerja yang cukup penting dalam mengatur aktivitas otot halus, termasuk di bagian organ kandung kemih dan perut. Dengan adanya itulah kedua organ tersebut menjadi kurang sensitif, serta membuat proses pencernaan menjadi lebih lambat.

8. Terjadi Perubahan Pada Ekspresi Wajah
Jika asupan Dopamin pada otak kurang terpenuhi, maka juga akan mengakibatkan raut wajah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Yang mana otot-otot wajah menjadi lebih kaku, serta menampilkan ekspresi wajah yang tampak lebih serius dan muram. Oleh karena itu, perubahan ekspresi wajah semacam ini bisa menjadi pertanda awal akan munculnya penyakit Parkinson.

9. Tidak Mampu Bertahan Lama Saat Berdiri
Kurang asupan Dopamin juga sangat mempengaruhi keseimbangan pada tubuh. Yang mana otot-otot di seluruh tubuh menjadi kaku, dan kurang mampu untuk dikendalikan secara maksimal. Dengan adanya hal tersebut, maka penderita Parkinson akan mengalami kurang keseimbangan saat berdiri. Sehingga mereka pun tidak lagi mampu bertahan lama untuk berdiri. Bahkan pola berjalannya pun akan lebih lambat dari biasanya.

10. Sering kali Merasa Pusing Di Kepala
Kurangnya keseimbangan di tubuh yang dialami oleh penderita Parkinson, juga bisa menyebabkan kepala sering sakit atau pusing ketika berdiri, bahkan hingga terjadi pingsan secara tiba-tiba. Sehingga masalah tersebut juga menjadi tanda dari penyakit Parkinson.

11. Tubuh Berkeringat Secara Berlebih
Indikasi ini juga kerap dikenal dengan sebutan Hiperhidrosis. Di mana ketika sistem saraf otonom mengalami gangguan, juga dapat menjadikan tidak teraturnya tubuh saat mengatur kelenjar keringat, dan kondisi kulit pun mengalami perubahan. Sehingga tubuh seketika itu akan mengeluarkan keringat secara berlebih. Oleh karena itulah, terjadinya persoalan ini juga kerap menimpa pasien yang kekurangan asupan Dopamin pada tubuh mereka.

12. Perubahan Suara, Suasana Hati, Dan Kepribadian
Keberadaan Parkinson, juga dapat diindikasikan dengan adanya perubahan suara yang cenderung lebih lembut dan monoton. Namun tak terlepas dari situ saja, rasa cemas dan depresi juga bisa menjadi tanda awal seseorang menderita penyakit Parkinson. Sehingga hal tersebut juga perlu diperhatikan, serta segera mendapatkan penanganan secara medis.
Artikel Terkait