10 Makanan Tinggi Antioksidan Penangkal Kanker

Gambar: metro.ca
Seperti yang diketahui bahwa penyakit kanker itu merupakan gangguan kesehatan yang cukup berbahaya. Sehingga harus dilakukan pencegahan jika Anda ingin terhindar dari penyakit ini. Seperti pepatah mengatakan, mencegah lebih baik dari mengobati. Ini memang benar adanya, bisa dibayangkan jika kita melakukan pencegahan mungkin biaya yang dibutuhkan itu tidak sebesar biaya pengobatan. Maka dari itu, lakukan pencegahan sedini mungkin supaya Anda bisa memiliki umur panjang dan sehat, tanpa terserang penyakit kanker. Jenis penyakit kronis ini beragam, mulai dari kanker kelenjar, kanker otak, kanker hati, kanker darah, kanker serviks, kanker payudara, dan masih banyak yang lainnya.

Penerapan gaya hidup sehat menjadi langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya serangan kanker. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan juga bisa membantu Anda dalam mencegah penyakit kanker. Zat antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh, sehingga sel-sel bibit kanker bisa dimusnahkan secara alami. Di sekitar kita terdapat berbagai jenis sayuran dan buah yang mengandung antioksidan tinggi, serta mampu mencegah kanker dengan baik. Untuk lebih jelasnya, ketahuilah berikut beberapa makanan berantioksidan tinggi yang mampu mencegah penyakit kanker :

1. Buah Bit
Mungkin sebagian orang belum mengetahui jika buah bit itu mampu mencegah tumbuhnya penyakit kanker. Buah bit ini mengandung senyawa phytonutrisi, atau biasa disebut dengan betalains yang bermanfaat bagi tubuh. Dari senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, serta mampu mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Dari ketiga sifat tersebut, penyakit kanker bisa tercegah dengan baik.

2. Tomat
Tomat menjadi bahan alami yang mampu mencegah penyakit kanker dan bisa digunakan secara mudah. Kandungan Lycopene di dalam tomat menjadi zat anti kanker yang mampu bekerja aktif dalam mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Proses pencegahan dengan tomat ini juga bisa dilakukan secara mudah, mulai dari konsumsi buah tomat segar hingga konsumsi tomat dalam bentuk jus. Pengonsumsiannya juga dianjurkan setiap hari, sehingga tubuh bisa tetap sehat dan terhindar dari kanker.

3. Kubis
Sayur kubis ternyata juga efektif dalam mencegah penyakit kanker. Di dalam sayuran kubis mengandung vitamin K, C, dan juga betakaroten yang mampu mencegah kanker dengan baik. Selain itu, Kubis juga mengandung kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Senyawa sulforaphane di dalam kubis juga dinilai sangat efektif dalam mencegah tumbuhnya bibit kanker di dalam tubuh.

4. Brokoli
Sayur brokoli ternyata mengandung vitamin C yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk. Tak hanya itu, sayur brokoli juga mengandung kalsium yang bermanfaat bagi tulang. Selain itu kandungan phytonutrient sulforaphane di dalam brokoli juga mampu bekerja aktif dalam mencegah berbagai jenis penyakit kanker.

5. Paprika merah
Paprika merah ini merupakan sayuran yang mengandung beta karoten, vitamin C, dan juga vitamin A yang mampu menjaga sistem imun, serta mencegah tumbuhnya bibit kanker di dalam tubuh. Pengonsumsiannya bisa dicampur menjadi sajian masakan sehari-hari.


6. Bawang putih
Selain sebagai bumbu penyedap utama pada masakan, bawang putih juga berperan aktif dalam melindungi kesehatan tubuh, Hal ini karena pada bawang putih kaya akan antioksidan di dalamnya. Dengan begitu, bawang putih bisa membantu untuk melindungi organ tubuh dari tumor dan sel kanker.

7. Sayur Bayam
Sayur bayam kaya akan kandungan zat alami yakni karotenoid, yang mana sangat membantu dalam menunjang kesehatan tubuh kita. Oleh karena itulah sayur bayam ini sangat membantu tubuh dalam melawan atau mencegah sel kanker yang menyerang tubuh manusia.

8. Buah Berry
Banyak jenisnya dari buah berry yang mengandung antioksidan tinggi, layaknya strawberry, blueberry maupun buah ceri.  Yang mana dari kategori buah berry tersebut banyak mengandung senyawa alami, yaitu anthocyanin. Sementara Anthocyanin ini merupakan zat alami yang bermanfaat memperlambat proses penuaan dini, serta mampu melindungi tubuh kita dari serangan kanker dan juga penyakit jantung.

9. Cokelat
Perlu anda tahu, cokelat termasuk salah satu bahan alami yang tinggi akan kandungan antioksidan. Sehingga juga bermanfaat dalam membantu mencegah sel kanker dalam tubuh. Jenis cokelat yang mengandung antioksidan tinggi yakni yang warnanya lebih gelap.

10. Jamur
Kandungan antioksidan yang tinggi juga terdapat pada jamur. Dengan begitu, jamur juga sangat membantu tubuh kita dalam meningkatkan kekebalan. Maka dengan tubuh yang kebal akan bisa menangkal sel kanker yang menyerang tubuh kita. Sementara hasil penelitian dari Pennsylvania State University, menemukan bahwa jamur yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi yakni jamur Crimini dan Jamur Portobello.

Nah.. maka dari itu, Konsumsilah beberapa jenis makanan di atas jika Anda ingin terhindar dari penyakit kanker. Mencegah lebih baik dari mengobati, oleh karena itu lakukan pencegahan sejak dini supaya tubuh tetap sehat dan bugar.
Artikel Terkait