Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sehatkan Ginjal Anda Dengan 5 Makanan Ini

Gambar: Pixabay
Kerusakan fungsi dari organ ginjal kerap sekali memicu munculnya berbagai penyakit pada tubuh. Karena organ penting  ini sebenarnya memiliki cukup banyak kinerja untuk menunjang seluruh ekosistem pada organ tubuh anda. Tentunya telah banyak diketahui bahwa setiap kali tubuh mengonsumsi makanan, maka organ ginjal akan berusaha menyaring kotoran dari makanan tersebut, dan membantu untuk mengeluarkannya dari tubuh. 

Bahkan, racun dan zat berbahaya pun akan difilter oleh ginjal agar tidak sampai menyebar ke seluruh organ tubuh melalui sirkulasi darah. Oleh karena itu, jika sampai organ ini mengalami masalah, maka dampaknya pun juga sangat signifikan. 

Nah, Selain menerapkan gaya hidup sehat, ada beberapa makanan sehat yang menunjang kesehatan organ ginjal. Yang mana ragam makanan ini bisa dengan mudah anda dapatkan, kemudian anda cukup mengonsumsinya secara rutin dan teratur. 

Berikut 5 jenis makanan sehat yang mampu menunjang kesehatan organ ginjal Anda.

1. Sayur Kubis
Mengonsumsi lalapan sehat seperti kubis akan membantu menyehatkan organ ginjal. Karena kubis cukup dikenal dengan ragam kandungan yang terdapat di dalamnya, antara lain vitamin C , kaya akan serat, vitamin k, sumber vitamin B6, serta asam folat. Yang mana semuanya itu menjadi zat alami yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain dipergunakan untuk menyehatkan organ ginjal pada tubuh, mengonsumsi kubis secara teratur juga akan menghindarkan tubuh dari kanker, serta menjaga kesehatan pada jantung anda.

2. Bawang Putih
Bumbu dapur yang cukup kuat akan kandungan antioksidan seperti bawang putih ini, memang sangat menunjang kesehatan ginjal pada tubuh. Karena dengan mengonsumsi bawang putih dalam campuran makanan, mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada setiap organ di tubuh, termasuk organ ginjal. Selain itu fungsi lain dari bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol, serta mencegah pembentukan plak pada gigi.

3. Buah Apel
Kandungan senyawa alami pada apel juga menjadi asupan penting bagi tubuh. Di mana selain menyehatkan fungsi ginjal, Buah yang segar ini juga mampu mengurangi risiko tubuh dari munculnya penyakit kanker, kolesterol tinggi, dan mencegah terjadinya sembelit.

4. Bawang Merah
Bawang merah juga tak kalah dengan bawang putih, yakni diperkaya dengan Flavonoid yang berupa Quercetin. Di mana senyawa alami ini memang berfungsi sebagai antioksidan yang cukup kuat. Selain memberikan stimulasi akan kesehatan ginjal, bahan dapur ini juga mampu untuk melindungi tubuh dari kanker, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu metabolisme pada tubuh. 

5. Paprika Merah
Paprika merah menjadi makanan segar dan diperkaya dengan vitamin C, A, B6, serat, asam folat serta Likopen yang mampu mencegah tubuh dari ragam penyakit. Selain itu, kondisi ginjal juga bisa terjaga dengan baik dan sehat jika anda mengonsumsinya secara teratur, baik dalam bentuk masakan maupun jus. Dengan begitu organ ginjal akan mampu terlindungi dari gangguan yang berdampak buruk bagi tubuh Anda.