Ternyata, 10 Makanan Ini Biang Keladi Munculnya Keriput

image: whitezebra.com
Keriput pada umumnya terjadi karena faktor penuaan atau bertambahnya usia seseorang. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar saja, tetapi ternyata ada juga keriput yang tidak normal atau bukan disebabkan oleh kondisi penuaan. Keriput dapat muncul karena Anda kurang memperhatikan dalam mengonsumsi makanan. Kenapa bisa demikian?, Karena makanan sendiri memiliki peran penting dalam masalah kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit Anda.

Dengan begitu, Anda harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi di setiap harinya. Berikut ini ada sederet makanan yang mungkin salah satu atau beberapa telah menjadi makanan favorit Anda. Nah, Agar anda bisa menjaga kulit dari keriput, sebaiknya Anda kurangi mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini agar wajah tetap sehat, serta terlihat cantik dan menawan.

1. Gula
Makanan satu ini mungkin setiap hari kita konsumsi. Semisal ketika minum teh atau minuman dalam bentuk apapun sebagian besar mengandung gula. Perlu Anda ketahui bahwa gula adalah musuh terbesar kulit, karena gula dapat menimbulkan keriput serta kulit kendur dengan cepat. Dalam bentuk makanan apapun yang mengandung gula, maka dapat merusak kolagen kulit serta menghilangkan elastisitasnya.

2. Garam
Garam ternyata juga menjadi musuh kecantikan kulit dan kesehatan tubuh. Garam juga salah satu bahan penyedap rasa untuk masakan, hampir setiap hari kita mengonsumsi garam. Garam dapat mengikat air dan membuat wajah terlihat bengkak serta dapat membuat elastisitas kulit berkurang.

3. Gorengan
Gorengan memang enak dan gurih, tetapi makanan satu ini juga merupakan makanan yang tidak baik jika dikonsumsi setiap hari. Gorengan mengandung lemak jahat yang dapat membuat kondisi kulit buruk, dan dapat mengganggu kesehatan Anda seperti masalah tenggorokan, kolesterol, lemak tubuh, dan lain-lain. Jika Anda telah mengonsumsi makanan gorengan, sebaiknya segeralah meminum air putih yang banyak.

4. Kopi
Kopi tidak hanya dapat menimbulkan noda pada gigi, tetapi juga dehidrasi. Dehidrasi tersebutlah yang dapat menyebabkan kulit Anda kering keriput dan nampak tua. Kerutan di sekitar mata juga akan terlihat jika tubuh Anda tidak terhidrasi. Kopi juga dapat menimbulkan risiko penyakit tertentu jika berlebihan. Lebih baik konsumsilah teh hijau karena memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh, dan mengandung kafein yang rendah.

5. Makanan yang Diawetkan
Makanan yang sudah diawetkan dari pabrik juga dapat menimbulkan keriput pada wajah Anda dan kulit mengendur. Karena gizi pada makanan yang diawetkan sudah banyak terbuang ketika proses pengawetan, serta adanya kandungan zat kimia pengawet pada makanan tersebut. Makanan yang sudah diawetkan juga dapat mengganggu proses pencernaan dalam tubuh Anda.

6. Alkohol
Sudah pasti alkohol dapat memperburuk kulit Anda, apalagi jika mengonsumsinya terlalu berlebih. Demi kecantikan wajah Anda, sebaiknya jauhilah minuman tersebut. Tidak hanya itu, alkohol juga dapat merusak organ tubuh Anda, serta dapat menghilangkan kesadaran atau mabuk.

7. Permen
Pastinya Anda tidak asing dengan makanan satu ini, Yaitu permen yang memiliki ciri khas manis dan pastinya mengandung gula. Gula tersebutlah yang dapat membuat kerutan pada wajah Anda, kehilangan kolagen dengan cepat, sehingga berkurangnya elastisitas pada kulit.

8. Soft Drink
Minuman bersoda juga tak baik untuk kesehatan tubuh kita, termasuk untuk kecantikan tubuh. Meskipun rasanya enak, sebaiknya kurangi minuman jenis ini. Selain buruk untuk kulit, minuman bersoda juga dapat menyebabkan obesitas. Jika Anda sudah obesitas, maka penyakit akan mudah menyerang tubuh Anda.

9. Daging Merah
Telah dilakukan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa, Mengonsumsi daging lebih dari sekali dalam seminggu dapat menimbulkan kerutan pada kulit wajah Anda. Daging memiliki tingkat senyawa protein yang tinggi, senyawa tersebut dapat mengeras pada dinding pembuluh darah, hal inilah yang membuat keriput pada wajah. Meskipun daging memiliki vitamin B12 dan merupakan sumber yang bermanfaat bagi kesehatan sel-sel darah merah dan otak Anda, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi secara berlebih.

10. Karbohidrat
Makanan yang berkarbohidrat seperti roti dan pasta mempunyai indeks glikemik tinggi. Makanan inilah yang dapat memecah kolagen serta membuat kulit kering dan lentur. Kurangilah mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi jika Anda ingin terlihat tetap muda dan terhindar dari keriput.

Itulah beberapa makanan yang dapat menimbulkan keriput pada kulit anda, sehingga anda dapat memperhatikan gaya hidup yang sehat agar kulit tetap terlihat sehat dan cantik.
Artikel Terkait